3 Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Bakso

manfaat daging sapi untuk kesehatan

Titipku.com – Masakan Indonesia lainnya yang cukup populer di kalangan pecinta kuliner adalah bakso. Istimewanya bakso sebagai makanan berbentuk bulat ini ada pada tekstur yang lembut. Namun ada juga yang sengaja diolah dengan tekstur agak kasar.

Tidak hanya itu, cita rasa gurihnya yang khas bisa membuat siapa saja ketagihan. Apalagi jika disajikan dengan kuah kaldu yang tepat. Akan tetapi pernah tersiar kabar banyak juga ditemui kasus pedagang bakso yang menjual produk berbahan kimia seperti formalin sampai boraks. Ini menjadi kekhawatiran tersendiri di kalangan konsumen. Apakah bakso yang selama ini mereka makan aman untuk dikonsumsi?

bagian daging sapi yang cocok untuk bakso
Instagram via @siswantojoevenus

Nah daripada beli, mending bikin sendiri. Kamu bisa mencoba membuat bakso sapi sebagai alternatif hidangan lain di rumah. Sebelum berkreasi membuat bakso sapi sendiri di rumah, Kenali dulu nih bagian-bagian daging sapi yang cocok untuk bakso.

Topside

Topside merupakan bagian pangkal kaki belakang. Bagian ini mempunyai bentuk ramping, cukup lembut dan mudah matang sehingga bisa diolah dalam waktu yang singkat dengan suuhu rendah.

Tetelan

Bagian tetelan pada daging sapi ini biasanya terdiri dari daging-daging yang melekat pada tulang. Daging yang melekat langsung pada tulang ini mempunyai komposisi serat otot dan tekstur yang cukup kenyal. Cocok untuk bakso urat.

Bagian Kaki Atas (Shank)

Bagian kaki atas sapi biasanya terdiri dari daging yang membalut tulang kering. Bagian atas kaki sapi sangat cocok digunakan sebagai kaldu dalam kuah bakso.

Nah demikian tadi 3 bagian daging sapi yang cocok untuk bakso. Kamu lebih suka bagian daging sapi yang mana? 🙂

Beli Daging Sapi dari Titipku

Untuk kamu yang ingin belanja ke pasar dan membeli daging sapi, bisa titip belanja ke pasar melalui Titipku. 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan