Baiknya Masakan Gosong Dibuang atau Tetap Dikonsumsi?

Titipku.com – Tidak jarang akibat keteledoran saat memasak, makanan yang kita olah menjadi gosong atau terlalu matang. Sebagai contoh, kita memanggang roti sampai gosong atau membuat sate menjadi lebih gelap warna dari biasanya. Sebenarnya, makanan gosong dibuang atau tetap dikonsumsi sih? Yuk simak ulasan selengkapnya yang kami lansir dari doktersehat.com.

Masakan Gosong (Overcooked), Dibuang atau Tetap Dikonsumsi?

Pakar kesehatan dari Food Standards Agency yang ada di Inggris. Kampanye ini bertujuan untuk menyarankan masyarakat agar mengonsumsi makanan yang berada dalam kondisi matang saja berjudul “Go for Gold”. Jelas tidak menyarankan siapa saja untuk mengonsumsi makanan gosog karena bisa meningkatkan resiko kanker.

Tidak jarang akibat keteledoran saat memasak, makanan yang kita olah menjadi gosong atau terlalu matang. Sebagai contoh, kita memanggang roti sampai gosong atau membuat sate menjadi lebih gelap warna dari biasanya. Sebenarnya, makanan gosong dibuang atau tetap dikonsumsi sih?

Dari sebuah penelitian pada tahun 2002, menghasilkan fakta bahwa mengonsumsi makanan yang terlalu matang atau gosong bisa membuat kita mengonsumsi makanan gosong bisa menyebabkan senyawa kimia bernama akrilamida.

Percobaan yang dilakukan oleh FAO dan WHO menyimpulkan hassil percobaan tikus yang terpapar akrilamida dalam waktu yang lama mengalami perubahan gen dan peningkatan risiko kanker dengan signifikan.

“Sebenarnya, agar manusia mengalami peningkatan risiko kanker sebagaimana yang dialami tikus percobaan, konsumsi akrilamida harus diitingkatkan sampai 160 kali lipat.” kata Profesor Spiegelhalter, Cambridge University.

Ia menambahkan bahwa roti bakar yang terlalu matang atau gosog tidak cukup untuk membuat risiko kanker meningkat. Hanya, jika terlalu sering, bisa jadi risiko terkena kanker bisa meningkat.

Nah karena alasan inilah ada baiknya kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau dipanggang yang berisiko mengalami gosong. Akan jauh lebih baik apabila lebih sering mengonsumsi makanan yang dikukus atau direbus yang jauh lebih sehat!

Beli Masakan Sehat Langsung dari Pasar Melalui Titipku!

Buat kamu yang ingin masak, belanjanya melalui Titipku yuk! Kamu bisa pesan sayuran segar, daging segar, hingga buah-buahan langsung dari pasar. Ingat, masaknya jangan sampai gosong yah! 🙂

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan