Batas Maksimal Menyimpan Daging Sapi dan Ayam

atas menyimpan daging kurbanHapus istilah: batas waktu menyimpan daging dalam freezer batas waktu menyimpan daging dalam freezerHapus istilah: batas maksimal menyimpan daging di freezer batas maksimal menyimpan daging di freezerHapus istilah: batas menyimpan daging qurban batas menyimpan daging qurban

Titipku.com – Agar makanan tetap awet dan segar, umumnya masyarakat akan menyimpan makanan yang baru dibeli di dalam lemari pendingin alias freezer. Diklaim dapat memperpanjang umur makanan, beragam jenis makanan seperti daging dan sayuran biasanya disimpan di dalam freezer dalam waktu yang lama.

Padahal, pada dasarnya setiap makanan memiliki masa simpan yang berbeda-beda. Oleh karena itu tidak sembarang menyimpan. Tidak hanya mempengaruhi tampilan, menyimpan makanan dalam cara yang salah dapat mempengaruhi kesegarannya.

Sementara itu, khusus untuk penyimpanan daging sendiri masih banyak yang masih juga yang masih galau untuk konsumsi daging yang terlalu lama disimpan di kulkas. Jadi berapa lama batasan menyimpan daging sapi dan ayam yang baik? Berikut informasi yang diambil dari beberapa sumber.

Lama Penyimpanan Daging

Untuk kasus penyimpanan daging sendiri, ada dua hal yang harus diperhatikan yakni lama penyimapanan daging mentah, lama penyimpanan daging dalam freezer, lama penyimpanan daging matang tanpa kulkas, serta lama penyimpanan daging matang dalam freezer.

Lama penyimpanan daging mentah adalah 3-5 hari, sedangkan batas waktu menyimpan daging dalam freezer 6-12 bulan. Cukup lama ya? Adapun batas waktu penyimpanan daging matang di luar freezer hanya berkisar maksimal 3-5 hari. Sedangkan daging matang dalam freezer yakni 2-6 bulan.

batas waktu penyimpanan daging

Lama Penyimpanan Ayam

Batas waktu penyimpanan daging ayam juga terbagi menjadi empat yang mana batas waktu penyimpanan daging ayam mentah hanya 1-2 hari saja tanpa di freezer. Sedangkan jika di freezer lama penyimpanan daging ayam mentah bisa mencapai 9 bulan.

Lalu untuk batas waktu penyimpanan daging ayam matang atau masak tanpa freezer hanya mencapai 3-4 hari. Sementara itu, batas waktu menyimpan ayam matang dalam freezer bisa mencapai 2 hingga 6 bulan.

Nah demikian tadi informasi yang bisa kamu manfaatkan ketika galau ingin konsumsi daging yang tersimpan cukup lama. Perhatikan penyimpanannya, tidak lupa pula pengemasannya agar bakteri tidak menjangkau makanan.

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan