Bayam Merah Vs Bayam Hijau, Mana Nih yang Lebih Bernutrisi?

Titipku.com – Suka makan bayam nggak? Biasanya kalau masak bayam lebih sering beli bayam merah atau bayam hijau? Ya, selain bayam hijau yang kita jumpai di pasar, bayam juga ada yang berwarna hijau lho. Bagaimana kandungan nutiris bayam merah vs bayam hijau ini? Scroll down!

Bayam memiliki sumber kalsium, vitamin A, vitamin E, serta vitamin C, zat besi, serat juga betakaroten. Nah selain itu, bayam juga mampunyai kandungan zat besi yang tinggi untuk cegah anemia. Jenis bayam sendiri ada dua yakni bayam merah dan bayam hijau. Kira-kira mana nih yang lebih bernutrisi?

bayam merah vs bayam hijau, manfaat bayam merah vs bayam hijau, kandungan nutrisi bayam merah, kandungan nutrisi bayam hijau, bayam merah, bayam merah manfaatnya apa, bayam merah buat bayi, perbedaan bayam merah dan bayam hijau,

Kandungan Nutrisi Bayam Merah dan Bayam Hijau

Vitamin dan mineral dalam bayam baik untuk kesehatan mata dan mencegah kanker. Sayuran ini semakin populer untuk mencegah defisiensi zat besi atau anemia. Keduanya sebenarnya sama-sama mempunyai manfaat baik. Dalam 100 gram bayam hijau mengandung energi sebesar 16 Kkal, protein 0,9 gram, lemak 0,4 gram, karbohidrat 2,9 gram, kalsium 166 mg, serat 0,7 gram, zat besi 3,5 mg, dan 41 mg vitamin C.

Sementara untuk 100 gram bayam merah mengandung energi sebesar 41,2 kkal, 2,2 gram protein, 0,8 gram lemak, 6,3 gram karbohidrat, 250 mg kalsium, serat 2,2 gram, 7 mg zat besi, dan 62 mg vitamin C.

Untuk itu, jika tubuh telah mulai terasa sering sakit kepala, mual, wajah terlihat pucat dan kuku juga terlihat pucat sebaiknya segera konsumsi bayam agar tubuh kembali fit.

Remaja dan ibu hamil yang lebih berisiko terkena anemia, ada saran ssebaiknya rajin konsumsi bayam terutama bayam merah yang mempunyai kandungan vitamin C dan zat besi yang lebih tinggi daripada bayam hijau.

bayam merah vs bayam hijau, manfaat bayam merah vs bayam hijau, kandungan nutrisi bayam merah, kandungan nutrisi bayam hijau, bayam merah, bayam merah manfaatnya apa, bayam merah buat bayi, perbedaan bayam merah dan bayam hijau,
Instagram via @igsb_garden

Selain dapat mencegah anemia, bayam juga dapat menghambat enzim angiotensin converting yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Sementara itu, Zeacanthin dan lutein sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan kalsium dalam bayam juga dapat mencegah pengapuran tulang.

Bayam merah dan bayam hijau ini bisa diolah menjadi sup, tumisan, atau omeleet sayuran yang sehat untuk sarapan praktis agar tubuh tidak cepat lelah saat beraktivitas.

Sudah konsumsi bayam hari ini? Beli bayam dari pasar yuk!

Buat kamu yang ingin masak bayam, yuk beli bayam dari pasar melalui Titipku! 

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa. 🙂

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “Bayam Merah Vs Bayam Hijau, Mana Nih yang Lebih Bernutrisi?”

Tinggalkan Balasan