Gimana Sih Bedanya Ikan Laut dan Ikan Air Tawar?

ikan air tawar dan ikan air laut

Titipku.com – Suka makan ikan? Suka aja atau suka banget? Kalau boleh Ntip tahu nih, jenis ikan apa sih yang lebih sering diolah? Nah kalian pasti merasakan mengolah daging ikan memang gampang-gampang susah, terutama menghilangkan bau amis, duri, juga membersihkan sisik. Hal ini juga sangat perlu dilakukan agar ikan yang akan diolah menjadi semakin nikmat!

Ohya kalian juga pasti tahu kan bahwa ikan mempunyai dua jenis yaitu ikan laut dan ikan air tawar. Ikan gurame, ikan mas, lele, serta nila adalah jenis ikan air tawar. Sementara itu kakap, bawal, tuna, salmon, tongkol, tenggiri dan kerapu adalah jenis ikan laut (ikan asin). Bagaimana sih perbedaan ikan laut dan ikan air tawar? Cekidot.

Rasa

Rasa dari kedua jenis ikan (ikan laut dan ikan air tawar) mempunyai cita rasa khas. Biasanya ikan laut mempunyai rasa yang lebih alami karena habitatnya berada di dalam air asin. Oleh karena itu, kalian hany perlu membutuhkan bubu sederhana untuk menghidangkan ikan laut yang lezat. Berbeda dari ikan laut, untuk pengolahan ikan air tawar kalian perlu membutuhkan berbagai bumbu yang menghasilkan aroma sedap. Karena apabila proses pengolahannya kurang tepat bisa berakibat pada aroma yang kurang sedap seperti bau lumpur. Nah tips jitu untuk atasi jeruk nipis atau lemon sebagai bumbu lumur sebelum masak ikan air tawar ini.

ikan air tawar dan ikan air laut

Duri

Faktor lingkungan tentu berpengaruh pada struktur tulang dari setiap makhluk hidup. Ikan laut telah terbiasa berenang di arus yang sangat kuat sehingga ikan laut mempunyai struktur tulang/duri yang berukuran besar. Nah sebaliknya, jenis ikan air tawar terbiasa di arus yang tidak terlalu kencang. Oleh karena itu tulang/durinya lebih kecil dan halus daripada ikan air laut.

Kandungan Nutrisinya

Sudah tidak mengherankan jika konsumsi daging ikan bisa mencerdaskan otak. Ikan mempiliki kandungan omega 3 yang sangay bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan sel otak. Baik ikan air tawar maupun ikan air laut, dari keduanya sama-sama mempunyai mempunyai kandungan omega 3. Ikan laut mempunyai kandungan omega 3 yang lebih tinggi. Alasannya ikan laut berupaya mempertahankan suhu tubuh dengan kandungan lemak atau minyak tetap cair pada suhu laut dalam yang sangat rendah. Selain itu, kandungan iodin dari ikan laut juga lebih itnggi daripada ikan air tawar.

Demikian perbedaan ikan air laut dan ikan air tawar. Sudah tahu kan bagaimana beda ikan air laut dan ikan air tawar? 🙂 Semoga  bermanfaat.

Yuk Beli Bahan-Bahan Masak dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba masak ikan laut dan ikan air tawar. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂

Kalau kamu di Jogja, kamu bisa pilih pasar sesuai kebutuhan kamu dari Titip ke Pasar by Titipku:

Pasar Beringharjo
Pasar Kranggan
Pasar Demangan
Pasar Sambilegi
Pasar Condongcatur
Pasar Prawirotaman, dll

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Sumber: www.kreasisasa.com

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan