Kamar Mandi Bau Tak Sedap? Buat Pengharummu Sendiri!

Salah satu ruangan di rumah yang wajib dibersihkan adalah kamar mandi. Jika tidak dibersihkan secara berkala, lumut akan tumbuh di dinding atau lantai kamar mandi. Tidak hanya menimbulkan bau yang tidak sedap, tetapi juga membuat lantai menjadi licin. 

Merawat kamar mandi tidak hanya membersihkan secara rutin saja, tetapi juga menambahkan pengharum kamar mandi agar ruangan terasa lebih segar. Kamu bisa membeli pengharum ruangan di luar sana atau bisa membuat sendiri, loh! Selain murah dan mudah, kamu juga bisa menggunakan aroma yang kamu sukai. 

Ini nih bahan yang dibutuhkan untuk membuat pengharum kamar mandi:

 

Baking Soda

Baking soda bisa digunakan untuk mengharumkan kamar mandi. Baking soda dapat menyerap bau tidak sedap. Caranya, letakkan satu mangkok kecil baking soda di dalam kamar mandi. Letakkan di area yang tidak terjangkau oleh tetesan air. Jangan lupa ganti baking soda sebulan sekali.

Kamu juga bisa menambahkannya dengan essential oil agar lebih harum. Campurkan 2 gelas air, 1 sendok cuka,  satu sendok teh baking soda, dan 10 tetes essential oil dengan wangi kesukaanmu. Kamu bisa meletakkan cairan tersebut di mangkok atau memindahkannya ke botol spray untuk dipakai jika diperlukan. 

Lemon

Cara lain untuk membuat kamar mandi menjadi harum adalah dengan menggunakan lemon. Lemon bekerja sangat efektif untuk menetralkan bau tidak sedap. Kamu bisa menggunakan beberapa iris lemon segar dan letakkan di piring. Jauhkan dari jangkauan air agar lemon tidak cepat busuk. Ingatlah untuk segera mengganti irisan lemon dengan yang baru jika lemon sudah kering atau baunya sudah hilang.

Cara lain adalah dengan mencampurkan air perasan lemon yang ditambahkan baking soda. Campurkan juga sedikit air agar larut. 

Essential Oil

Cara terakhir adalah menggunakan essential oil. Selain dapat dicampurkan dengan baking soda, kamu juga bisa menggunakan diffuser. Kalau tidak punya, kamu bisa menggunakan bola-bola kapas (cotton balls) yang ditetesi essential oils. Jangan lupa letakkan di tempat yang jauh dari cipratan air. Ganti bola-bola kapas setiap minggu agar wanginya lebih terjaga.

 

Gampang banget ya membuat pengharum ruangan sendiri. Lebih gampang lagi kalau belanjanya lewat Titipku. Semua bahan untuk membuat pengharum tersedia di Titipku lho! Yuk unduh aplikasinya sekarang.

Tinggalkan Balasan