Buat Sate Kambing yang Empuk dan Tidak Bau

kambing, lamb, goat, sate kambing, daging kambing, daging kambing empuk, daging kambing tidak alot, daging alot, daging empuk, daging kambing tidak bau, daging bau, prengus

kambing, lamb, goat, sate kambing, daging kambing, daging kambing empuk, daging kambing tidak alot, daging alot, daging empuk, daging kambing tidak bau, daging bau, prengus

Idul Adha identik dengan berkurban. Biasanya, warga yang mampu akan menyumbangkan sejumlah rezekinya untuk berkurban daging kambing atau sapi. Hewan-hewan itu akan disembelih dan dagingnya akan dibagikan ke warga sekitar, terutama warga yang membutuhkan. Malamnya mereka akan mengolah daging menjadi sate kambing, sup sapi, atau menu lainnya. Tradisi ini di Indonesia sudah dilakukan secara turun-temurun sehingga Hari Raya Idul Adha ini selalu dinantikan.

Bagi sebagian orang, bisa mendapat jatah daging sudah sangat bersyukur, dan bagi sebagian orang lainnya merasa bingung saat mendapat daging kambing. Daging kambing terkenal memiliki aroma yang prengus dan daging yang cukup alot. Meski demikian, daging ini memiliki cita rasa khas tersendiri yang sangat nikmat disantap, asal metode pengolahannya benar.

Salah satu hidangan daging kambing yang mudah dibuat adalah sate kambing. Melansir dari Selerarasa.com, berikut tips mengolah sate kambing yang empuk dan tidak bau.

 

POTONG DAGING DENGAN TEPAT

Ketika memotong daging untuk sate Anda harus memperhatikan ukurannya dengan tepat. Jangan potong daging dengan ukuran tebal. Apabila potongannya terlalu tebal maka sate nantinya akan keras. Oleh karena itu, sebagai cara membuat sate daging kambing empuk, Anda bisa memotongnya sedang atau tipis agar lebih cepat matang dan teksturnya empuk.

JANGAN MENCUCI DAGING KAMBING

Ketika mengolah bahan masakan, Anda tentu selalu mencucinya terlebih dahulu untuk memastikan makanan higenis dan sehat. Namun, sebaliknya untuk daging kambing, sebaiknya Anda jangan mencuci daging kambing supaya tidak semakin bau prengus. Caranya yaitu cukup membuang kotoran serta darah yang menempel pada daging. Walaupun nampak tidak higenis, namun pada saat dibakar kotoran yang menempel pada daging akan hilang.

BUNGKUS DAGING MENGGUNAKAN DAUN PEPAYA

Cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat daging kambing empuk yaitu dengan membungkus daging menggunakan daun pepaya. Caranya mudah, Anda tinggal siapkan daun pepaya sebanyak 2 lembar. Kemudian, daun pepaya tersebut diremas-remas lalu bungkus daging kambing yang telah Anda potong-potong menggunakan daun pepaya dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Cara ini lebih baik daripada menggunakan nanas, karena nanas akan membuat daging hancur saat dibakar.

MENAMBAHKAN BANYAK BUMBU

Mengolah daging dengan aneka bumbu akan menjadikan sajian daging lezat dan nikmat. Aneka bumbu biasanya digunakan saat mengolah masakan. Begitupun dengan membuat sate kambing, Anda dapat menggunakan bumbu yang banyak untuk mengurangi bau prengus daging kambing. Silakan siapkan bumbu-bumbu seperti daun jeruk, bawang putih, dan ketumbar. Aneka bumbu ini akan memberikan aroma sedap pada sate. Selain itu, air perasan jeruk nipis akan menambah cita rasa sate menjadi lebih segar. Tanpa kecap manis daging kambing akan kurang sedap, oleh karena itu agar rasanya semakin gurih dan sedap Anda bisa menambahkan kecap manis.

BAKAR SATE KAMBING dengan API SEDANG

Anda jangan membakar daging kambing menggunakan api besar sebab akan membuat daging kambing teksturnya a lot, serta matangnya tidak merata. Oleh karena itu, cara membakar sate kambing yang benar yaitu dengan menggunakan api sedang. Selain itu, pastikan panasnya bukan dari api, akan tetapi dari bara arang. Saat sudah matang, Anda bisa langsung menikmati sate kambing. Sate akan lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat karena teksturnya masih empuk. Apabila sudah dingin nantinya daging akan alot dan menjadi berlemak.

 

Itulah tips dalam mengolah daging kambing. Jika Anda membutuhkan rempah atau daun pepaya untuk mengolah daging kambing Idul Adha menjadi sate kambing, beli saja #DariRumah pakai Titipku. Namun, pada 20 Juli ini semua pasar tutup ya, Anda bisa mulai berbelanja tanggal 21 Juli 2021. Yuk download aplikasi Titipku dan mulai belanja aman dari rumah.

 

 

Tinggalkan Balasan