Cara Bijak Berbelanja Produk dengan Promo Diskon

Semenjak awal pandemi tahun lalu, mulai marak bermunculan aplikasi belanja online yang menawarkan promo-promo menarik. Bagi kita sebagai konsumen, tentu promo diskon tersebut sangatlah menarik. Tak jarang, promo-promo seperti flash sale membuat kita kalap membeli, padahal belum tentu kita membutuhkannya.

Sebagai Perencana Keuangan Oneshildt, Budi Raharjo mengatakan bahwa konsumen tidak masalah jika mau memanfaatkan promo yang ada, tetapi harus didasari oleh pertimbangan yang matang. Berikut adalah beberapa tips berbelanja saat ada promo diskon ala Budi Raharjo yang didapat dari Tempo.com.

 

  • Kenali Bagaimana Situasi Keuanganmu

kenali bagaimana situasi keuangan dalam beberapa waktu ke depan. Sebelum mulai berbelanja, pastikan kondisi keuangan untuk beberapa waktu ke depan aman. Takutnya, karena berbelanja kalap kamu sudah tidak memiliki cukup uang ketika hal buruk terjadi (seperti mendapat PHK).

  • Jangan Kalap dalam Berbelanja

Selama WFH banyak pengeluaran yang dikorting, seperti biaya transportasi, makan di luar, dan rekreasi. Akhirnya, kita bisa menyimpan lebih banyak uang. Nah, di titik ini kamu perlu mengatur prioritas agar uang yang sisa itu tidak lari untuk hal yang tidak perlu, misalnya asal berbelanja saat ada promo diskon. Daripada kalap berbelanja, alokasikan kelebihan dana itu untuk menambah cadangan dana darurat.

  • Tunggu Beberapa Hari Sebelum Berbelanja

Promosi atau diskon dapat memicu dorongan untuk belanja dan menciptakan ketakutan akan kehilangan peluang mendapat diskon itu. Di saat itu rasionalitas kita menurun. Ada dorongan dari dalam untuk melakukan transaksi. Hal ini harus diatasi. Budi merekomendasikan agar konsumen menunggu sekira 2 hari sebelum memutuskan. Waktu ini cukup untuk menimbang-nimbang produk mana saja yang semestinya tidak dibeli karena tidak diperlukan. Hasrat untuk membeli produk yang tidak terlalu diperlukan juga pasti akan berkurang seiring bertambahnya waktu.

 

Nah, itulah 3 tips untuk berbelanja bijak saat ada banyak pilihan promo diskon. Intinya, ketahui betul apa kebutuhanmu dan gunakan uangmu untuk membeli produk yang tepat.

Baca Juga: Tips Kaya Muda – Pelajari 5 Level Keuangan Ini

Bicara produk yang tepat, promo di Titipku selalu mengarah pada produk yang memang kamu butuhkan loh! Bagaimana tidak, produk yang dijual di aplikasi tersebut kebanyakan adalah kebutuhan harian, seperti bahan pangan dan kebutuhan perawatan rumah. Jadi misal sekarang pun tidak diperlukan, produk-produk itu bisa disimpan untuk digunakan di kemudian hari.

Bagi kamu yang ingin belanja sekarang, lagi ada promo ASIKDISKON loh di Titipku. Promo yang hanya berlaku di wilayah Jakarta pada 18 – 19 Februari 2021 ini memberikan diskon 50% (maksimal Rp50.000) tanpa minimal nominal belanja! Menarik banget kan? Yuk segera download aplikasi Titipku di sini dan mulai belanja hemat bersama Titipku.

Tinggalkan Balasan