Biar Nggak Kesiangan Lagi: Cara Jitu Bangun Pagi

bangun, bangun pagi, bangun tidur, bangun tidur pagi, wake up, wakeup, tidur, sleep, sleeping, tips bangun pagi, bebas drama, belanja ke pasar

bangun, bangun pagi, bangun tidur, bangun tidur pagi, wake up, wakeup, tidur, sleep, sleeping, tips bangun pagi, bebas drama, belanja ke pasar

Bagi seorang karyawan atau pelajar, bangun pagi adalah sebuah kewajiban. Sekolah biasanya sudah dimulai pukul 7 pagi. Begitupun beberapa pekerja kantoran juga sudah harus berangkat kerja sebelum jam 7 agar tidak terjebak macet atau mendapat tempat di moda transportasi umum. Namun, tidak hanya pekerja dan pelajar saja loh. Seorang ibu rumah tangga juga harus bangun pagi untuk menyiapkan kebutuhan keluarganya seperti sarapan dan belanja ke pasar.

Apa jadinya bila bangun kesiangan dan terlambat belanja ke pasar? Beberapa dampaknya antara lain: (1) pasar sudah tutup, (2) produk sudah tak lagi segar, dan (3) produk sudah tak lengkap karena sudah banyak yang habis terjual.

Supaya Anda tidak mengalami kejadian tidak mengenakkan di atas, yuk simak tips bangun pagi menurut Hellosehat.com

 

  • Cari Alasan Kuat Untuk Bangun Pagi

Coba pikirkan baik-baik, apa motivasi Anda untuk meninggalkan kebiasaan bangun kesiangan dan bangun lebih pagi? Jika kebutuhan bangun pagi Anda adalah ingin belanja lebih pagi, sehingga proses memasak tidak terburu-buru, maka jadikanlah itu alasan utama. Bagi pekerja dan pelajar, maka tujuan utama bangun pagi mereka adalah supaya tidak terlambat.

Untuk mewujudkannya, hal yang terpenting adalah menanamkan dalam pikiran apa alasan yang Anda miliki untuk mengubah kebiasaan tersebut. Setelah itu, Anda bisa memberi tahu kepada orang sekitar (atau paling tidak yang tidur di dekat Anda) tentang kebiasaan baru yang ingin Anda terapkan ini.

Percaya atau tidak, cara ini sama efisiennya dengan alarm untuk membantu Anda bangun pada pagi hari. Ini artinya, jika awalnya Anda masih kesulitan untuk bangun lebih awal, setidaknya orang sekitar akan membantu membangunkan Anda. Lambat-laun Anda akan terbiasa untuk bangun lebih pagi, sehingga cara ini akan bekerja dengan efektif.

  • Mulai Pelan-Pelan

Mungkinkah langsung bisa bangun pukul 5 subuh jika selama ini Anda sudah terbiasa bangun pukul 9? Tak perlu khawatir. Hal tersebut mungkin saja terjadi, apalagi jika Anda menyertainya dengan tekad yang kuat. Namun, jika Anda memang tidak dapat mengubah kebiasaan dengan mudah, jangan langsung melakukan perubahan drastis. Justru, cara agar bisa bangun pagi ini bisa Anda coba secara pelan-pelan. Cobalah untuk selama seminggu, bangun 15-20 menit lebih awal dari jadwal biasanya. Jika tips ini berhasil, selanjutnya coba bangun 1 jam lebih awal untuk seminggu berikutnya. Begitu seterusnya.

  • Tidur Lebih Awal Sebagai Cara Bangun Pagi

Salah satu cara agar Anda bisa bangun lebih awal adalah dengan tidur lebih awal juga. Pasalnya, hampir tidak mungkin untuk bisa bangun pagi jika Anda begadang. Ya, cobalah untuk tidur lebih awal dari biasanya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jam tidur sehingga Anda tak perlu lagi merasa senewen setiap kali alarm berbunyi.

Apabila hari ini Anda tidak begitu lelah dan tetap sulit untuk tidur, Anda bisa membaca beberapa halaman buku, terutama buku-buku dengan pembahasan yang berat. Bagi sebagian orang, hal tersebut efektif untuk membuat mereka tidur lebih cepat. Mendengarkan musik klasik penghantar tidur juga bisa jadi tips efektif bangun lebih awal. Alunan musik yang menenangkan ini bisa membuat Anda tidur lebih cepat, sehingga bangun pagi tidak lagi jadi perkara yang sulit.

Akan tetapi, jika Anda mengalami gangguan tidur seperti insomnia,  cobalah periksakan kondisi tersebut ke dokter.

  • Letakkan Alarm Jauh Dari Tempat Tidur

Sedang enak-enaknya tidur, tetapi terkejut hingga bangun karena suara alarm memang menyebalkan. Oleh sebab itu, tak heran jika Anda langsung memencet tombol tunda (snooze) atau tunda tanpa banyak basa-basi. Tujuannya, tentu saja agar Anda bisa tidur lebih lama, meski cuma beberapa menit. Nah, cara tersebut kurang efektif jika Anda ingin bangun lebih pagi. Bisa-bisa, Anda terlalu nyaman tidur hingga meningkatkan risiko kesiangan.

Untuk membiasakan bangun lebih pagi, cobalah untuk meletakkan alarm jauh dari tempat tidur. Hal yang terpenting, tidak terjangkau oleh tangan Anda. Alhasil, ketika alarm menyala keesokan paginya, Anda akan terbangun dan “terpaksa” harus beranjak dari tempat tidur untuk mematikannya. Jika sudah demikian, Anda biasanya sedikit sulit untuk tidur kembali. Cara ini tentu sangat membantu agar Anda terbiasa, sehingga tidak lagi kesiangan.

  • Buat Suasana Kamar Nyaman

Kamar yang nyaman memungkinkan Anda tidur lebih nyenyak dan bangun tidur dengan semangat. Jika Anda sering gagal untuk bangun pagi, coba cek lagi suasana kamar Anda.

Apakah berantakan? Apakah warna dinding atau nunasa kamar terlalu mencolok? Apa kualitas kasur dan seprai yang digunakan kurang baik? Apakah suhu kamar Anda tidak ideal? Apakah Anda tidur di area yang bising?

Tanpa disadari, berbagai hal tersebut bisa membuat Anda susah tidur. Maka dari itu, supaya Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga bisa bangun pagi setiap hari, pastikan penataan kamar Anda sudah baik.

  • Keluar Dari Kamar Sebagai Cara Bangun Pagi

Saat terbangun dari tidur, sebaiknya segeralah keluar dari kamar Anda. Contohnya, pergi ke kamar mandi, atau pergi mengambil air mineral. Percaya atau tidak, cara ini cukup efektif untuk membantu Anda bangun pagi. Kegiatan ini akan mencegah Anda untuk kembali tidur setelah mematikan alarm. Semakin Anda lama keluar dari kamar, Anda akan semakin siap untuk menghadapi hari. Hal ini tentu saja membantu Anda untuk memulai aktivitas pada pagi hari, alih-alih kembali tidur.

  • Hindari Makan Sebelum Tidur

Cara lain yang bisa Anda praktikkan agar bisa bangun lebih pagi adalah menghindari mengonsumsi makanan berat sebelum pergi tidur. Tahukah Anda bahwa apa yang Anda makan sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur? Ya, ternyata mengonsumsi makanan berat tepat sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh yang seharusnya beristirahat malah sibuk bekerja memproses makanan yang baru Anda makan. Hal tersebut dapat menyebabkan Anda mengalami berbagai gangguan tidur hingga kurang tidur. Oleh sebab itu, jika memang lapar pada malam hari, lebih baik mengonsumsi camilan sehat dan menghindari makan berat.

Selain itu, supaya Anda bisa cepat terlelap dan tidur Anda lebih nyenyak, hindari makanan yang mengandung stimulan seperti kafein. Alih-alih jadi cepat mengantuk, kafein justru membuat Anda terjaga. Akibatnya, tekad untuk bisa bangun lebih awal pun jadi sirna karena Anda semalaman tidak bisa tidur. Tak hanya itu, hindari juga makanan berlemak dan pedas. Kedua jenis makanan ini bisa membuat asam lambung naik selama tidur sehingga membuat perut terasa mulas semalaman. Hal ini tentu akan mengganggu tidur Anda.

*****

Cukup banyak cara untuk membuat Anda bangun pagi. Akan tetapi, agar lebih aman, Anda bisa belanja online saja pakai Titipku. Di Titipku ada fitur pengaturan jam antar, sehingga Anda bisa menyesuaikan jam antar pesanan sesuai jam bangun tidur normal Anda. Dengan belanja secara online juga, banyak waktu persiapan dan waktu jalan ke pasar yang bisa digunakan untuk hal lain. Intinya, belanja pakai Titipku itu dijamin praktis!

Nggak percaya? Download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan