Cara Masak Telur Rebus yang Pas Matangnya

boiled egg, egg, telur, telur rebus, merebus telur,

boiled egg, egg, telur, telur rebus, merebus telur,

Sehat, lezat, dan kaya gizi, itulah sifat utama dari telur. Telur adalah sumber protein utama yang mudah diolah dan hampir selalu hadir di tiap dapur rumah tangga. Biasanya, untuk menu sarapan, para Bunda akan membuat telur rebus atau telur goreng lalu disajikan dengan roti tawar bakar atau salad sayur.

Bicara soal telur rebus, rupanya merebus telur itu cukup rumit loh. Kita perlu betul-betul memperhatikan suhu dan waktu merebus agar telur tidak kematangan atau kurang matang. Jika kurang matang, maka tekstur telur akan tidak menarik untuk dimakan. Sementara jika kematangan, telur akan membuat seret.

Untuk itu, berikut beberapa cara membuat telur rebus menurut Kumparan.com yang benar

  • Masukkan Telur Rebus di Air Mendidih

Cara pertama, pastikan air untuk merebus telur mendidih terlebih dahulu. Usai mendidih, masukkan telur yang sudah dibersihkan. Rebus dengan durasi waktu yang diinginkan. Durasi merebus menentukan tingkat kematangan telur rebus yang dihasilkan. Cara pertama ini akan membuat telur lebih mudah ketika dikupas.

  • Masukkan Telur di Air Dingin

Berbanding terbalik dengan cara pertama, cara kedua dalam merebus telur adalah dengan mencelupkannya di air rebusan yang kondisinya masih dingin. Pertama-tama, telur dibersihkan lalu dicelupkan ke air rebusan yang masih dingin. Selanjutnya, rebus telur dengan api besar hingga air mendidih, lalu tiriskan. Cara kedua ini akan menghasilkan telur rebus yang lembut dengan kuning telur yang masih meleleh. Cara kedua ini disebut juga sebagai teknik membuat telur setengah matang. Tapi pastikan juga durasi merebus ya. Jangan terlalu dini meniriskan telur agar tidak mendapatkan telur yang masih mentah.

Merebus Telur Berdasarkan Waktu

Kita perlu memperhatikan durasi merebus telur, bahkan ketika menggunakan dua cara di atas. waktu merebus telur yang tepat dimulai dari rentang 2-15 menit. Jika ingin mendapatkan tekstur telur rebus untuk celupan roti Anda bisa merebusnya selama 2-3 menit. Sedangkan bila ingin mendapatkan tekstur yang benar-benar matang luar dan dalam, rebuslah hingga 10-15 menit.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat merebus telur. Jika Anda ingin mencobanya langsung tapi tidak ada pasokan telur di rumah, maka Anda bisa beli telur #DariRumah pakai Titipku. Tinggal pilih saja pasar terdekat dari rumah Anda yang tersedia di Titipku, pesan, bayar, lalu tunggu Jatiper mengantarkan pesanan. Praktis, hemat waktu, dan aman tentunya. Download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan