Daftar Pilihan Makanan Berserat Tinggi yang Perlu Diketahui

Titipku – Makanan berserat idealnya dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Banyak yang langsung mengira bahwa serat berasal dari buah atau sayur. Tetapi serat juga terkandung oat, jelli, biji-bijian, rumput laut atau agar-agar.

Pada umumnya, makanan yang berserat dapat melewati usus dengan cepat. Namun serat dibutuhkan tubuh untuk membantu pencernaan tetap berfungsi dengan baik, mencegah konstipasi atau sembelit, dan menurunkan kadar kolesterol. 

Serat juga diyakini dapat menurunkan dan menjaga berat badan. “Sebanyak apapun memakan makanan dengan kandungan serat tinggi, tidak akan membuat gendut.” Begitu, kiranya. Makanan berserat juga bisa membuat kenyang dengan cepat.

Baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa memerlukan serat untuk asupan nutrisi sehari-hari.

Berikut kelompok makanan tinggi serat yang bisa kamu pilih sesuai selera dan kemampuan untuk konsumsi sehari-hari.

Kelompok Sayur

Sayur dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Jenis serat yang satu ini, cenderung bisa mudah didapatkan, mengingat rata-rata keluarga di rumah selalu menyajikan olahan sayur sebagai lauk. Berikut ini adalah sayur yang memiliki kandungan serat tinggi.

  • Brokokoli

Dalam 100 gram brokoli, terdapat sekitar 5,1 gram serat.

  • Bayam

Dalam 100 gram sayuran hijau ini, mengandung sekitar 2,2 gram serat.

  • Wortel

Selain serat, wortel juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Di dalam sebuah wortel ukuran serang, terdapat serat sebanyak 1,7 gram.

Kelompok buah-buah

Pada dasarnya, semua jenis buah memiliki kandungan serat. Namun ada beberapa buah yang mudah dijumpai dan ternyata mengandung serat cukup tinggi, dibandingkan dengan buah yang lain.

  • Alpukat

Buah ini juga menjadi sumber lemak baik, vitamin C, vitamein E, dan magnesium. Dalam secangkir alpukat berukuran 100 gram, mengandung serat 6,7 gram serat.

  • Kelompok buah beri, seperti strawberi dan raspberi.

Kandungan seratnya sangat tinggi, pada 100 gram raspberi mengandung serat sekitar 6,5-8 gram serat.

  • Pir

Buah yang rasanya manis nyaris tanpa asam ini, bisa memiliki kandungan serat sampai 5,5 gram.

  • Apel

Dalam satu buah apel berkuran sedang, terdapat serat sebanyak 4,4 gram.

  • Pisang

Pisang juga menjadi sumber vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Serat pada pisang sekitar 3,1 gram dalam satu buah pisang berukuran sedang.

  • Jeruk

Sudah banyak yang mengetahui jika jeruk mengandung vitamin C, sehingga bisa membantu meningkatkan imun tubuh. Ternyata, kandungan seratnya juga tinggi sekitar 3 gram dalam 100 gram jeruk.

Jenis biji-bijian

  • Kacang merah

Kacang merah mengandung beragam asupan nutrisi, seperti protein, karbohidratm antioksidan, vitamin C, dan Vitam B. Kacang ini dipercaya dapat membantu mengontrol gula darah dan menjaga kesehatan jantung.

Dalam 100 gram kacang merah, kandungan seratnya sekitar 7 gram serat.

  • Almond

Dalam 23 butir kacang almond, ada sekitar 3,5 gram serat. Kacang ini dapat dipakai sebagai pengganti cemilan saat sedang dalam program menurunkan atau menjaga berat badan. Tapi tidak dianjurkan untuk berlebihan dikonsumsi, karena kacang almond juga memiliki kandungan kalori tinggi.

Selain itu, juga mengandung vitamin E sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas dan membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung dan kanker.

Ada banyak pilihan makanan mengandung serat tinggi yang bisa dipilih. Banyak juga yang mudah di jumpai di pasar maupun di toko-toko buah di sekitar timpat tinggal. Ayo belanja di Titipku! Dengan memakai aplikasi ini, Kamu bisa dengan mudah mendapatkan kebutuhan seratmu tanpa perlu ke luar rumah, loh.

Sumber: aladokter.com dan hellosehat.com

Tinggalkan Balasan