Definisi Me Time & Bagaimana Cara Melakukannya

me time, metime, definisi me time, definisi metime, apa itu me time, apa itu metime, pengertian me time, pengertian metime

me time, metime, definisi me time, definisi metime, apa itu me time, apa itu metime, pengertian me time, pengertian metime

Belakangan ini mulai banyak orang yang menyuarakan pentingnya kesehatan mental. Bagaimanapun, kesehatan mental itu sangat penting untuk diperhatikan. Terlebih, jika di masa ini kegiatan semakin padat dan media sosial tak pernah lelah memberi informasi yang membuat kita insecure. Obat terbaik untuk menjaga kesehatan mental selain berdoa adalah me time. Kita sering mendengar kata me time, tapi apakah ada di antara Moms yang tahu definisi me time secara jelas?

 

Definisi Me Time

Berdasarkan Direction Psychology, definisi me time adalah tentang hadir untuk diri sendiri, secara pikiran dan fisik. Kata ini merujuk pada usaha secara sadar untuk mengambil waktu istirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Karena tiap orang itu unik, maka me time juga bisa dihabiskan dengan cara yang bervariasi, tergantung tiap orangnya. Ada yang melakukannya dengan mandi, membaca buku, jalan-jalan, yoga, menipedi, ke salon, dan yang lainnya.

Intinya: Selama Moms melakukan sesuatu yang untuk diri sendiri tanpa terbeban pikiran dari aktivitas yang lain, Moms sudah mempraktikkan definisi me time itu sendiri.

Baca Juga: Hasil Penelitian: Kurang Me Time Bisa Buat Stres

Mengapa Me Time Sangat Penting?

Percaya atau tidak, pikiran dan tubuh (mind and body) seseorang itu terhubung, dan agar keduanya dapat berfungsi baik, keduanya harus tersinkronisasi. Jika pikiran terbeban oleh stres dan tensi yang tinggi, tentu badan akan meresponsnya dalam bentuk rasa cepat lelah maupun kondisi tidak produktif.

Hal ini berlaku sebaliknya, jika kondisi fisik sedang tidak baik (mengalami cedera, sakit punggung, pusing, mata lelah, dan lain sebagainya), hal ini bisa berpengaruh terhadap mood, motivasi, maupun konsentrasi.

Baca Juga: Ide Me Time Asyik di Tengah Kondisi Pandemi

Bagaimana Melakukan Me Time dengan Waktu Singkat?

Setelah memahami definisi me time, ada beberapa di antara kita yang merasa hal itu mudah dilakukan. Namun, bagi semua orang, mereka tidak punya banyak waktu untuk me time. Kadang, waktu yang mereka punya hanya sekitar 5 menit.

Apa yang bisa dilakukan dengan waktu sesingkat itu? Tips berikut ini mungkin bisa membantu.

  • Pernafasan adalah Kunci

Untuk bisa menyeimbangkan pikiran dan tubuh, mengatur pernafasan adalah cara yang paling mudah dan manjur. Lakukan hal ini secara sadar: tarik nafas dalam-dalam untuk meredakan stress. Lakukan dengan sadar yang dimaksud adalah ketika menarik nafas, Moms perlu untuk peka terhadap reaksi tubuh maupun pikiran.

Jika saat menarik nafas dalam-dalam muncul pikiran tentang masalah yang belum bisa terselesaikan, damaikan diri dengan mengatakan tidak apa-apa jika masalah itu belum selesai sekarang. Tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan cepat.

  • Buang Jauh Semua Gawai untuk Sementara Waktu

Gawai seperti HP dan laptop adalah alat yang paling mudah menyita me time. Untuk itu, ketika Anda butuh waktu untuk sendiri, pastikan Anda mematikan semua gawai dan simpan di lokasi yang agak jauh dari Anda. Tujuannya, agar Anda tidak kepikiran dan terganggu dengan notifikasi yang ada.

Baca Juga: Nggak Sempat Me Time Bisa Buat Depresi?! Simak Faktanya

*****

Jika Moms butuh waktu lebih untuk me time, Titipku bisa membantu! Titipkan saja urusan belanja Moms ke Titipku. Dengan demikian Moms punya cukup banyak waktu untuk me time karena tidak perlu belanja langsung.

Ayo download Titipku di Google Playstore atau Apple Appstore dan selamat menikmati me time ala Moms!

Tinggalkan Balasan