Delli Butik Menyediakan Pakaian Sesuai Tren

Titipku – Delli Butik didirikan oleh Bu Delli dan Pak Ega pada tahun 2013. Istilah Delli diambil dari nama sang pemilik dan disesuaikan dengan jenis produk yang dijual berupa pakaian wanita. Pada awal berdiri, Bu Delli berjualan pakaian di rumah dan aktif mempromosikannya di Facebook. Motivasi beliau buka usaha adalah untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan positif tanpa mengganggu kewajiban mengurus suami dan kedua anaknya yang masih duduk di bangku SD dan TK. Sedangkan pemilihan pakaian sebagai produk yang dijual berawal dari hobi belanja pakaian untuk keluarga.

Pada 2017, Delli Butik pindah lokasi ke Pasar Langkaplancar, Kota Banjar. Pemilihan lokasi tersebut karena jarak dari tempat tinggal sangat dekat yaitu sama-sama berada di Kampung Bojongsari, Kelurahan Bojongkantong, Kota Banjar. Saat itu, Bu Delli sewa 1 buah toko. Kemudian pada 2018, beliau membeli 1 buah toko yang terletak tepat di belakang toko yang sedang disewa sehingga kedua toko tersebut akhirnya digabung.

Produk dan Suppliers

Saat ini, Delli Butik menjual pakaian wanita dan pria untuk dewasa dan anak-anak. Selain itu, Delli Butik menjual peralatan sholat, tas wanita dan aksesoris (kalung dan jam). Produk utama Delli Butik adalah gamis yaitu pakaian muslimah khususnya untuk dewasa.

Untuk saat ini, Delli Butik hanya menjual produk dan belum produksi secara mandiri. Semua produk dibeli dari Pasar Tanah Abang, Pasar Senen, Pasar Cikurubuk Tasik dan toko grosir di Ciamis. Bu Delli dan Pak Ega belanja setiap 2 bulan agar produk sering ganti sehingga konsumen tidak bosan. Alasan berbelanja di pasar-pasar tersebut karena harga murah dan pakaian up to date.

Operasional dan Strategi Pemasaran

Delli Butik buka setiap hari kecuali Jumat dari pukul 09.00 sampai 20.00 WIB. Ketika menjelang Idul Fitri, Delli Butik buka sampai tengah malam karena jumlah pembeli meningkat tajam dan banyak sesama penjual di pasar yang berbelanja baju setelah toko mereka tutup.

Saat ini, Bu Delli hanya berjualan secara offline karena waktu lebih banyak dimanfaatkan untuk melayani pembeli dan menjaga anak bungsunya yang ikut bermain ke toko.

Suka Duka

Suka yang dirasakan selama menjalankan usaha adalah ketika produk terjual, bekerja sambil mengurus anak serta waktu flexible. Sedangkan duka yang dialami adalah pernah suatu hari banyak pakaian dan tas dimakan tikus sehingga sebagian produk dijual di bawah harga beli dan sisanya diberikan kepada orang lain.

Kendala dalam menjalankan usaha adalah pangsa pasar kurang cocok dengan jenis produk yang dijual. Delli Butik menjual pakaian, tas dan aksesoris berkualitas sehingga mempengaruhi harga. Sebagian besar warga Kota Banjar yang berbelanja ke pasar ataupun online mencari produk dengan harga yang murah. Jika mereka ingin mencari pakaian berkualitas, mereka akan pergi ke pusat pertokoan atau mall di Tasik.

Bu Delli dan Pak Ega berharap Delli Butik lebih dikenal warga Kota Banjar, Ciamis dan Wanareja sebagai toko yang menyediakan pakaian kekinian dan berkualitas. Mereka tidak perlu jauh mencari pakaian dan aksesorisnya sampai kota besar karena semua produk yang dijual di Delli Butik berasal dari Pasar Tanah Abang dan Senen serta diperbarui setiap 2 bulan.

Larisi UMKM Ini via Aplikasi Titipku!

Jutaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selalu berharap usahanya bisa terus berkembang. Yuk larisi usaha mereka dengan membelinya melalui Aplikasi Titipku!

Artikel ini ditulis oleh : Ita Dwi Kustikasari
Direview oleh : Susi Setya

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan