Deretan Makanan Khas Jawa Barat yang Lagi Booming, Mulai dari Cimol Sampai Bakso Aci

Saat ini makanan olahan yang berasa dari beberapa kota di Jawa Barat seperti Bandung, Garut, dan lain-lain lagi booming di kalangan pecinta kuliner.

Makanan yang berasal dari Sunda ini memang banyak yang terbuat dari aci atau tepung kanji. Tapi jangan salah, olahan makanan ini justru bisa menjadi banyak varian dengan rasa yang nendang.

Nah mau tau apa aja sih varian makanan tersebut? Berikut deretan makanan khas Jawa Barat yang lagi on trend banget:

1. Cimol
Cimol, Via Instagaram Dhiahoddie

Melansir Tribunnews.com cimol adalah singkatan dari aci digemol, berbahasa Sunda yang memiliki arti bahan tepung kanji (aci) yang dan dibentuk bulat dan digoreng.

Cara menikmati cimol biasanya menggunakan bumbu kacang, atau bumbu sambal kering dicampur penyedap rasa.

Cimol lebih enak dinikmati ketika masih panas dan kamu harus menggoyang lidahmu untuk menikmati cimol karena lapisan luar memang kering sedangkan bagian dalam cimol sangat kenyal ketika dikunyah di dalam mulut.

Cimol dijual dengan harga Rp 2.000 – Rp 5.000 saja.

2. Cilor
                    Cilor, Via Instagram Djihan_17

Cilor alias aci pakai telor, jajanan ini berbahan dasar tepung kanji (aci) lalu dibentuk bulat kecil sekira ukuran dua centimeter yang dicelup ke dalam telor lalu digoreng.

Cara menikmati cilor menggunakan saus merah atau kecap, kamu harus menikmati cilor selagi panas supaya rasa gurih telor bersatu dengan kenyalnya aci di dalam lidah.

Melansir Tribunnews.com cilor dijual dengan cara aci yang dicampur telor ditusuk seperti bakso, biasanya satu tusukan berisi tiga cilor yang dijual dengan harga Rp 2.000 per tusuknya.

3. Cilok
                  Cilok, Via Instagram cilok_cepot

Dikutip melalui Tribunnews.com cilok merupakan jajanan yang masih berbahan dasar aci, yang memiliki arti aci dicolok bentuknya bulat dan dimasak dengan cara direbus/dikukus.

Saat ini cilok tidak hanya berisi aci saja tetapi di kombinasi isi daging, sosis dan keju di dalamnya. Cilok disajikan dengan cara ditusuk menggunakan tusuk sate.

Cara menikmati cilok yaitu dilengkapi dengan saus bumbu kacang maupun kecap, saus dan sambal.

Kamu bisa mendapatkan banyak cilok dengan harga Rp 5.000 saja.

4. Cireng
                                        www.freepik.com

Cireng alias aci digoreng, walaupun bahan dan cara pembuatannya sama dengan cimol tetapi cireng jelas berbeda, cireng berbentuk lempeng/pipih dan memiliki ukuran yang tebal.

Cireng dinikmati selagi panas dan dicocol dengan saus. Melansir Tribunnews.com saat ini cireng memiliki banyak varian yang bernama cireng isi seperti cireng isi daging, ayam, sosis, keju, dan kornet.

Cireng polos biasanya dijual dengan harga Rp 1.000, berbeda dengan cireng isi dijual dengan harga Rp 1.500 – Rp 3.000.

5. Basreng
      bakso goreng, via instagram jogjaculinary

Dikutip dari Tribunnews.com basreng alias bakso digoreng, berbahan dasar bakso ikan jajanan ini dipotong dengan bentuk memanjang seperti kentang yang kemudian digoreng.

Kamu bisa request kepada penjualnya mau digoreng kering atau setengah matang.

Jika digoreng kering bakso akan terasa keras seperti kerupuk dan jika setengah matang kamu bisa mengunyahnya dan sensasi kenyal akan terasa di lidah.

Bumbu basreng menggunakan sambal kering dan penyedap rasa, rasa pedas atau pun asin bisa diatur sesuai selera.

Basreng dijual dengan harga Rp 5.000 – Rp 7.000.

6. Basmut
    bakso imut, Via Instagram Kulinerkotajakarta

Ada yang baru di dunia jajanan kuliner Bandung, namanya adalah Basmut alias bakso imut, basmut adalah gabungan dari beragam jajanan yang berada di satu tempat.

Kenapa disebut bakso imut? Karena basmut menyediakan jajanan yang bentuknya imut saja seperti cilok, otak-otak mini, tahu bulat mini dan basreng mini.

Jadi kalau kamu ingin menikmati setiap jajanan langsung saja cari gerobak basmut, disana kamu bisa mendapatkan jajanan yang lengkap.

Melansir Tribunnews.com basmut dinikmati dengan bumbu sambal kering pedas dicampur penyedap rasa, dan biasanya menggunakan tusuk sate untuk mengambil basmut dari dalam plastik.

Kamu bisa mendapatkan banyak macam jenis basmut hanya Rp 10.000 saja.

7. Cuanki
Cuanki, Via Instagram duniakulinerbdg

Dilansir melalui Okezone.com cuanki adalah hidangan khas Bandung sejenis bakso lengkap dengan tahu dan mie. Biasanya, cuanki ini dijual oleh pedagang keliling.

Kata cuanki sendiri merupakan singkatan dari “Cari Uang Jalan Kaki”, jadi memang benar jika kamu melihat seorang pedagang yang menggunakan sesuatu, itulah saat yang tepat untuk memesan cuanki.

Karena bentuk penyajiannya yang cenderung sangat cepat atau bisa dikatakan instan, membuat cuanki digemari oleh berbagai kalangan anak sekolah hingga orang yang sudah bekerja.

Kisaran harga cuanki pun bervariasi tergantung apa yang ingin kamu masukkan ke dalam mangkuk pesanan seperti cuanki-nya saja atau lengkap beserta tahu dan mienya. Biasanya harga cuanki lengkap berkisar sekitar Rp 10 ribu per porsi.

8. Seblak
          Seblak, Via Instagram Seblakandir

Melalui Kulineranyuk12.blogspot.com Seblak adalah makanan Indonesia, umumnya adalah makanan khas dari Sunda, Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu.

Seblak adalah makanan khas Bandung, Jawa Barat. Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek.

Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan.

9. Bakso Aci
     Bakso Aci, Via Instagram Baksoclubid

Memang penampilannya cenderung mirip dengan panganan yang sama-sama terbuat dari aci yaitu cimol, tetapi kamu bakal menemukan sensasi yang berbeda dibanding bakso lainnya ketika menyantap bakso aci.

Kuliner ini pas banget dinikmati ketika cuaca sedang hujan, makannya kenapa bakso aci ini sangat ramai dicari orang di Bandung yang hawanya memang cenderung dingin.

Dilansir melalui Brilio.com dalam satu porsi biasanya kamu akan mendapatkan beberapa buah bakso aci, cuanki, ceker ayam dan sukro cikur (kencur). Tapi kalau buat kamu yang mau mencicipi topping lain, kamu bisa menambah dengan daging tetelan sapi dan cuanki tahu.

Deretan makanan khas Sunda di atas kamu bisa temuin di aplikasi Titipku juga lo. Tinggal buka ponsel mu, kamu bisa pesen beberapa varian makanan olahan tepung kanji yang lagi hits banget.

Download aja ya di Google Playstore. Selamat menikmati kuliner!

Cara mencari produk UMKM pada Aplikasi Titipku :

1. Kamu download Aplikasi Titipku di Google Playstore
2. Dari tampilan awal kamu bisa langsung mencari berbagai macam kategori produk
3. Kategori awal akan disuguhkan jenis produk seperti souvenir & kerajinan, makanan & minuman, bahkan ada juga produk sembako
4. pada bagian bawah terdapat juga pelaku UMKM yang telah terverifikasi, yang artinya sudah terpercaya sebagai mitra Titipku

Selamat mencoba dan pastikan gunakan produk UMKM anak negeri ya!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “Deretan Makanan Khas Jawa Barat yang Lagi Booming, Mulai dari Cimol Sampai Bakso Aci”

Tinggalkan Balasan