Digitalisasi UMKM, Kolaborasi Kemudahan dari Pemanfaatan Teknologi

peluang usaha 2019, peluang usaha adalah, peluang usaha rumahan, peluang usaha online, peluang usaha ternak, peluang usaha makanan, peluang usaha modal kecil, peluang usaha di rumah, peluang usaha sampingan, peluang usaha anak muda, peluang usaha agen, peluang usaha ada jika, peluang usaha anak sma, peluang usaha abad 21, peluang usaha baru modal kecil, peluang usaha bisnis, peluang usaha baru modal kecil untung besar, peluang usaha bisnis online, peluang usaha bagi pemula, peluang usaha homemade, peluang usaha internet, peluang usaha industri kreatif,

Titipku.com – Pertumbuhan baik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berpeluang besar untuk berkembang pesat. Pernyataan ini diaminkan oleh Associate Director UKM Center Universitas Indonesia, Dewi Meisari Haryanti.

Berbelanja jadi begitu mudah dengan kecanggihan teknologi saat ini. Sekali sentuh, layar di smartphone akan langsung menampilkan banyak hal yang kita cari. Digitalisasi UMKM ini juga berimbas pada hilangnya penghalang yaitu jarak dan waktu antara pelaku bisnis UMKM dan pembeli. Pembeli tidak perlu bersusah payah mencari barang ke pasar atau toko yang mungkin di antah berantah di waktu sibuknya.  Cukup sekali klik pada layar hp, barang yang dicari bisa diantar ke depan rumah.

Digitalisasi UMKM ini juga menjadi penerang bagi pelaku bisnis UMKM.  Keyakinan akan potensi besar untuk majunya usaha mereka bukan sekedar isapan jempol belaka. Buah manis yang akan mereka petik juga akan setimpal dengan maksimalnya pemanfaatan media sosial dan berbagai aplikasi yang ada saat ini. Berbagai wadah dan perantara ini mengkatalisasi naik kelasnya UMKM Indonesia.

Salah satu itu jenis perantara untuk UMKM menjangkau para pembeli yaitu bekerja sama dengan jasa titip membeli barang. Jasa titip untuk membeli barang mungkin baru tren saat ini. Popularitasnya meningkat seiring perkembangan sosial media dan aplikasi jual beli. Bedanya, barang yang bisa dibeli di aplikasi ini jenisnya bisa beragam. Mulai dari sayuran, buah, oleh-oleh, makanan, kerajinan, dan pakaian bisa dipesan dengan mudah. Barang tersebut dibeli langsung dari UMKM atau pasar tradisional yang dapat dilakukan secara terjadwal maupun berlangganan.

Bayangkan jika ada seorang ibu hendak memasak masakan untuk acara penting di keluarganya. Sayangnya ia tidak sempat ke pasar karena sebelumnya ia harus mengurus rumah agar rapi dan bersih. Kemudian ia baru sadar ia butuh beberapa bumbu utama untuk menu masakannya. Ia tak kan gundah gulana jika ia memakai jasa titip membeli bumbu itu di pasar terdekat. Jelas, hadirnya kolaborasi antara UMKM dengan jasa titip sangat membantu ibu tersebut dalam menyelamatkan menu penting untuk acara keluarganya.

Begitupun saat berkunjung ke suatu kota misalnya dan tak sempat waktu untuk membeli oleh-oleh. Para pembeli memiliki kebutuhan yang mendesak tapi terhalang yang suatu hal. Namun sekarang tidak perlu khawatir. Ada Titipku yang mewadahi UMKM, penjelajah, serta pembeli yang turut andil membantu memajukan perekonomian Indonesia.

Pelaku bisnis UMKM ini juga sangat diuntungkan. Mereka difasilitasi dengan baik untuk bertemu pembeli di pasar online. Pangsa pasar juga seolah tak berbatas dan semakin bervariasi. Namun banyak pelaku bisnis UMKM yang rerata sudah berusia lanjut adalah kurangnya pengetahuan akan dunia online ini. Apakah mereka dipaksa untuk menjadi smartphone-able? Tidak. Bukan menjadi masalah, karena Titipku membantu digitalisasi UMKM melalui Penjelajah untuk memajukan perekonomian Indonesia.

Kolaborasi dari ketiga sektor: UMKM, Penjelajah, dan Pembeli adalah roda apik yang bisa dimulai dari sebuah kecanggihan teknologi. Saatnya cerdas untuk ikut andil dalam meramaikan pasar online melalui Titipku!

Ayo Menjelajah!

Kami sudah menjelajah UMKM Indonesia seperti Edo Craft Jogja, misalnya. Kamu juga bisa posting usaha UMKM manapun agar tulang punggung perekonomian Indonesia semakin maju!

Titipku membantu Digitalisasi UMKM melalui Penjelajah untuk memajukan Perekonomian Indonesia. #AyoMenjelajah

Jelajah UMKM, Download Aplikasi Titipku!!

play.google.com/store/apps/details?id=com.titipku.alpha

 

Penulis: Arsy Sulastri
Edited by : Susi Setya

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan