Fakta Menarik Beras Diabetes dan Beras Cokelat

Kios Beras Ko Akin

Menelusuri Pasar Mandiri di Kelapa Gading memang tak ada habisnya. Selain kita bisa menemukan segala kebutuhan, terkadang kita juga menemukan banyak hal baru di sana. Salah satu hal baru ditemukan saat kita mampir ke Toko Beras Ko Akin.  Kios Ko Akin menjual aneka beras yang sering kita temui, seperti beras putih, beras merah, dan beras ketan. Uniknya, di kios ini juga menjual beras cokelat dan beras diabetes.

Tahu kah kamu akan dua jenis beras ini? Yuk simak info tentang beras cokelat dan beras diabetes, siapa tahu kamu tertarik untuk membelinya.

 

Beras Diabetes

Beras Diabetes

Beras Diabetes merujuk pada jenis beras organik dengan tingkat glikemik yang rendah. Tingkat glikemik biasanya diukur dengan indeks glikemik, yakni pengukuran terhadap peningkatan glukosa dalam darah yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Informasi terkait indeks glikemik tidak hanya berguna bagi penderita diabetes, namun juga membantu kalian yang sedang menyusun menu makanan rendah kalori.

Dilansir dari mbriofood.com, kelompok makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi cenderung mengandung serat yang rendah namun sarat kandungan gula dan pati. Kelompok makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi antara lain: roti, donat, kentang tumbuk instan, dll. Makanan-makanan ini biasanya memiliki indeks glikemik sebesar 70 atau lebih.

Sementara itu, makanan dengan indeks glikemik rendah biasanya memiliki nilai kurang dari 55. Makanan ini biasanya tinggi serat, cenderung lebih lama dicerna dan diserap sehingga gula darah tidak mudah naik, serta cenderung memberikan pasokan energi yang lebih stabil.

Itulah mengapa beras dengan indeks glikemik rendah ini disebut sebagai beras diabetes. Karakter beras yang tidak mudah menaikkan kadar gula saat dikonsumsi sangat cocok bagi para penderita diabetes.

Beras Cokelat

beras cokelat

Beras cokelat atau brown rice merupakan salah satu ragam pangan Indonesia yang berkhasiat bagi kesehatan. Dilansir dari Kompas.com, Beras ini memiliki warna kecokelatan dengan tekstur yang lebih keras saat sudah dimasak dan dikonsumsi sebagai nasi.

Beras cokelat memiliki segudang manfaat bagi tubuh, yaitu: (1) membantu menurunkan berat badan karena kandungan serat beras cokelat yang tinggi, (2) bisa dikonsumsi penderita alergi gluten karena beras cokelat tidak mengandung gluten, (3) baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kadar glikemiknya rendah seperti beras diabetes, (4) dapat menjaga kesehatan organ jantung karena kandungan lignan dan magnesium, dan (5) memberi nutrisi pada tubuh karena kandungan nutrisi beras cokelat lebih banyak daripada beras putih.

 

Nah itu dia fakta seputar beras diabetes dan beras cokelat. Bagi kamu yang ingin menghadirkan menu makanan sehat di rumah, bisa banget nih pakai dua jenis beras ini. Memang harganya lebih tinggi dibandingkan beras biasa, tetapi manfaatnya bagi kesehatan kita sangatlah tinggi, loh!

Bagi kamu yang mau langsung belanja di Kios Beras Ko Akin, bisa langsung klik di sini! Untuk belanja, kamu harus sudah download dan buat akun di Titipku ya. Kamu bisa download aplikasi Titipku di sini.

Butuh pasokan aneka beras? Beli di Titipku dijamin tuntas!

Tinggalkan Balasan