Hindari Kebiasaan Ini Ketika Mencuci Masker Kain

masker kain, menghias masker kain, mencuci masker kain

Masker menjadi barang yang wajib dimiliki bagi setiap orang demi mengurangi persebaran virus corona. Setiap hari, masyarakat dituntut untuk mengenakan masker ke manapun mereka pergi sehingga stok masker di rumah tidak boleh sampai kosong. Masker kain adalah salah satu jenis masker yang penggunaannya paling ramah lingkungan karena bisa dipakai berulang kali dan tidak menambah jumlah sampah medis. Namun, tahukah kamu kalau cara pencucian masker kain juga tidak boleh sembarangan, lho. Berikut ini adalah kebiasaan yang sebaiknya dihindari saat mencuci masker kain.

 

Tidak Mencuci dengan Teratur

Meskipun berbeda dengan masker medis yang dipakai oleh para tenaga kesehatan, penggunaan masker kain juga tetap hanya satu kali pakai. Kalau sudah dipakai seharian, gantilah masker kain untuk dipakai esok hari dan cucilah masker kain yang sudah dipakai. Masker kain yang sudah mengenai permukaan kulit juga akan tertempel keringat. Belum lagi kalau kamu senang memakai make up. Riasan wajahmu juga pasti akan menempel pada masker kain. Memakainya berhari-hari sama saja menimbun kotoran pada masker kain. Kamu tidak mau, kan, kalau sampai timbul “maskne” (mask acne) di wajahmu karena malas mencuci masker

 

Menggunakan Pemutih

Meskipun pemutih bagus untuk membersihkan noda membandel pada kain, tetapi penggunaannya tidak disarankan untuk mencuci masker kain. Ini karena kandungan aktif hipoklorit di dalamnya konsentrasinya mencapai 5,25%. Dilansir dari berbagai laman, cairan pemutih pakaian memang bisa digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan cairan disinfektan. Akan tetapi, beberapa peneliti menganggap cairan pemutih terlalu keras digunakan jika untuk pencucian masker kain. Khawatirnya, cairan tersebut akan meninggalkan residu kimiawi yang kurang baik saat dihirup. Jadi, sebaiknya mencuci masker kain hanya menggunakan deterjen saja.

 

Mencucinya Berbarengan dengan Milik Orang Lain

Kamu mungkin berpikir akan lebih efektif jika mencuci banyak masker dalam satu waktu. Namun, sebaiknya pisahlah cucian masker milik masing-masing pribadi. Ini mencegah penularan kotoran dari pemilik masker yang lain dengan masker milikmu sendiri. Cucilah masker kain menggunakan air panas karena cara ini paling efektif membunuh kuman, termasuk virus corona.

 

 

Mempunyai masker kain lebih dari satu memang sangat dianjurkan, tetapi akan lebih baik jika kita juga dapat merawat masker tersebut dengan rutin mencucinya. Kalau punya masker banyak, tapi yang dipake masker itu-itu aja artinya kamu mempertaruhkan kesehatanmu sendiri. Yuk, rutin mencuci masker dengan benar agar kita juga memutus rantai persebaran virus Covid-19.

Apakah kamu senang mengoleksi masker kain? Untuk menambah koleksi masker kainmu, di Aplikasi Titipku ada berbagai pegiat UMKM yang menjual beragam jenis masker kain dengan motif dan warna. Kamu bisa memadu-padankannya dengan pakaianmu sehingga tetap terlihat modis walau muka tertutup masker. Download Titipku sekarang dan segera pesan masker kain favoritmu!

Tinggalkan Balasan