Ikuti Pola Diet Atlet Bulutangkis Republik Indonesia

atlet bulutangkis, badminton, bulutangkis, diet, menu diet

atlet bulutangkis, badminton, bulutangkis, diet, menu diet

INDONESIA!! Prok prok prok prok prok!! INDONESIA!! Prok prok prok prok prok!! Yah itulah yel-yel yang sering terdengar saat kita melihat pertandingan bulutangkis. Dan sebuah kebanggaan juga bahwa tim ganda putri Indonesia berhasil membawa medali emas di ajang Olimpiade Jepang 2020.

Anda kira-kira pengen tahu nggak sih rahasia para atlet bulutangkis ini dalam menjaga kondisi tubuhnya? Selain olahraga, tentunya kita ingin tahu bagaimana mereka melakukan diet sehingga berat badannya tetap terjaga tetapi tetap bisa melakukan aktivitas latihan dan pertandingan yang menguras tenaga.

Melansir dari idntimes.com, berikut menu diet yang dijalankan oleh atlet bulutangkis putra Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Ginting:

 

Sarapan

Jonatan dan Ginting rutin sarapan di pagi hari untuk mengisi asupan energi sebelum latihan. Mereka biasa sarapan pukul 07.00 WIB. Sereal atau roti dan buah potong merupakan menu favorit tunggal putra andalan Indonesia ini. Menu makanan yang tidak terlalu berat ini dipilih agar dapat latihan dengan baik.

Makan siang

Asupan nutrisi yang lengkap jadi menu makan siang Jonatan dan Ginting. Komposisi menu makanan itu sudah diatur oleh ahli gizi di Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Menu itu terdiri dari karbohidrat, protein, lemak dan serat. Menurut Ginting, menu yang disajikan itu sama seperti menu makanan pada umumnya, tapi dengan porsi yang lebih besar mengingat kebutuhan kalori yang lebih banyak sebagai seorang atlet. Makanan ini juga tidak mengandung penyedap tambahan.

Secara khusus, Jonatan mengungkapkan ia mengonsumsi karbohidrat berupa nasi sebanyak 200 gr. Nasi itu merupakan gabungan dari 150 gram nasi merah dan 50 gram nasi putih.

Makan malam

Di malam hari, Jonatan dan Ginting akan mengurangi asupan nasi. Makanan itu diganti dengan makanan yang lebih bernutrisi seperti salad dan smoothie bowl. Dua menu makanan ini merupakan kombinasi sayur dan buah-buahan yang kaya serat dan mikronutrien.

 

Itulah menu diet para atlet bulutangkis kebanggaan Indonesia. Yang perlu diperhatikan dalam menjalani diet atlet adalah kebutuhan kalori harian yang berbeda. Kita harus memberi porsi makan lebih sedikit dari para atlet, mengingat kebutuhan energi yang dibutuhkan juga berbeda.

Nah, bagi Anda yang mau mengikuti pola diet ini, langsung pasok beras merah, sayur, dan buah di rumah. Belanjanya pakai Titipku aja biar praktis dan aman. Tinggal pesan dari rumah, bayar, lalu tunggu Jatiper mengantarkan pesanan. Mau? Download aplikasi Titipku di sini.

Tinggalkan Balasan