10 Jenis Sambal di Indonesia Ini Bikin Nagih, Kamu Suka Nomor Berapa Nih?

sambal matah bali, sambal tomat, jenis sambal di Indonesia, macam-macam di Indonesia

Titipku – Kuliner Indonesia itu terkenal beragam. Dari mulai jenis nasi, jenis daging, sampai jenis sambal di Indonesia. Jenis-jenis sambal di Indonesia sendiri ditilik dari yang manis, gurih, sampai pedas. Kalau kamu pecinta sambal, makan tanpa ketidakhadiran sambal pasti akan terasa kurang afdol. Tapi sambal apa saja sih yang sering ada di mejamu? Berikut ini ada 10 jenis sambal di Indonesia yang khas nusantara banget.

Sambal Matah – Bali

sambal matah bali, sambal tomat, jenis sambal di Indonesia, macam-macam di Indonesia
Instagram via @yoanitasavit

 

Sambal Matah dari Bali ini terkenal dengan tampilannya yang eksotis dari pulau Dewata. Uniknya adalah penyajannya. Sambal matah ini disajikan semi mentah dan tidak digerus. Layanya salad leat yang pedas. Bahan-bahannya ada bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan daun jeruk purut.semuanya diiris halus dan perasan jeruk nipis dicampur menjadi satu. Tambahi jga tiga batang serai.

Sambal Ijo – Padang

 

sambal matah bali, sambal tomat, jenis sambal di Indonesia, macam-macam di Indonesia
Instagram via @stevanitan.blessed

Sambal Ijo ini kamu juga tidak asing lagi kan? Apalagi saat kamu suka memakan nasi padang. Pasti yang namanya sambal ijo tidak akan terlewatkan.

Sambal Bawang Gurih

 

sambal matah bali, sambal tomat, jenis sambal di Indonesia, macam-macam di Indonesia
Instagram via @agustinartisandy

Kalau sambal bawang ini sih ada dimana-mana sepertinya. Caranya sangat mudah. Kamu juga bisa bikin sambal bawang sendiri di rumah. Bawang yang digunakan adalah bawang putih.

Sambal Hitam Belimbing Wuluh

 

sambal matah bali, sambal tomat, jenis sambal di Indonesia, macam-macam di Indonesia
Instagram via @zonmakansedap

Sambal yang berwarna hitam yang terbuat dari belimbing wuluh, bahan utamanya adalah ditambah dengan sedapnya aikan teri dan juga kecap manis.

Sambal Tomat

 

sambal matah bali, sambal tomat, jenis sambal di Indonesia, macam-macam di Indonesia
Instagram via @seto_beri

Sambal ini kemungkinan menjadi sambal yang sering di meja makan. Agar timat terasa lebih sedap adalah diulek dan jangan bikin sambalmu jad encer.

Sambal Pecel

 

sambal matah bali, sambal tomat, jenis sambal di Indonesia, macam-macam di Indonesia
Instagram via @berbagiresep

Memang masih menjadi rahasia dari mana asal mula sambal pecel ini. Beberapa daerah yang punya pecel juga menjajakan sambalnya. Misalnya Sambal Pecel Kediri dan Madiun.

Sambal Terasi Petai dan Teri Medan

 

sambal matah bali, sambal tomat, jenis sambal di Indonesia, macam-macam di Indonesia
Instagram via @c_asin

Sambal hasil campuran teri Medan ini dilengkapi dengan petai. Ditambah dengan gula merah yang membuat sambal menjadi pedas legitu. Liatnya aja bikin ngiler ya!

Baca Juga Nih:

1. Resep Pempek Palembang Ala Rumahan

2. Jenis Sambal di Indonesia Ini Bikin Nagih

 

Sambal Terasi Ijo

 

sambal matah bali, sambal tomat, jenis sambal di Indonesia, macam-macam di Indonesia
Instagram via @ibumeme

Sambal terasi dengan cabai hijau besar maupun kecil adalah perpaduan sambal nikmat yang dihidangkan degan nasi dan ayam goreng penyet.

Sambal Mangga

 

sambal matah bali, sambal tomat, jenis sambal di Indonesia, macam-macam di Indonesia
Instagram via @meihua70

Rasa asam dari mangga tua agak kuning namun masih keras ini tidak ketinggalan masuk ke dalam list rekomendasi sambal di Indonesia. Cara bikinnya juga gampang kok. Cuma mencampurkan magga yang diiris tipis dnegan bumbu cabai, gula merah, serta terasi. Tambahkan pula jeruk nipis.

Sambal Kecap Ikan Bakar

sambal matah bali, sambal tomat, jenis sambal di Indonesia, macam-macam di Indonesia
Instagram via @yunirahmadaniramli

Kurang lengkap juga jika makan ikan bakar tanpa sambal dong! Sambal Kecap Ikan Bakar ini juga gampang. Tinggal memasukkkan bahan-bahan yang telah dipotong seperti cabai rawit merah dan hijau. Bawang merah dan jeruk limau serta tomat. Lalu tambahkan kecap.

Nah demikian ini sambal rekomendasi dari Titipku yang telah dilansir dari brilio.net. Tentu, 10 macam sambal khas Indonesia ini hanya sebagian saja dari banyaknya sambal yang ada. Ragam sambal ini adalah kekayaan khazanah budaya Indonesia di bidang kuliner lho!

Pesan Bahan-Bahan Sambal di Titipku Aja

Yuk bikin sambal sendiri, bahan-bahannya bisa pesan melalui Titipku! Tunggu apalagi? Pesan sekarang ya! 🙂

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “10 Jenis Sambal di Indonesia Ini Bikin Nagih, Kamu Suka Nomor Berapa Nih?”

Tinggalkan Balasan