Kecap Inggris: Satu Rahasia Dibalik Sedapnya Saus Steak

Titipku – Kecap dikenal sebagai bumbu pemanis makanan. Saat makanan terasa terlalu asin atau terlalu pedas, kecap juga digunakan sebagai penetral. Tak sedikit pula yang gemar memakan kecap sebagai makanan pendamping. Meski hanya berupa nasi kecap, banyak masyarakat Indonesia yang menyukainya. Memang, kecap sudah melekat dalam kebutuhan makan sehari-hari masyarakat negeri ini.

Kecap manis berbahan dasar kedelai yang diolah sedemikian rupa, sehingga selain manis, kecap dari kedelai hitam juga memiliki rasa yang khas. Entah itu sebagai penambah rasa pada nasi, nasing goreng, mie kuah, mie goreng, bakso, siomay, sate dan masih banyak lagi.

kecap inggris, saus steak kecap inggris, resep saus steak kecap inggris,
Sumber: medium.com

Sebagai bumbu makanan yang beragam, ternyata kecap tidak hanya berasal dari kedelai saja, lho. Fungsinya pun bahkan tidak hanya sebagai pemanis. Kecap asin? Tentu kamu-kamu pasti sudah sering mendengarnya. Atau kecap ikan yang tak hanya menambah rasa asin, tetapi juga menambah aroma ikan pada makanan.

Lalu… apa kamu pernah mendengar kecap inggris?

Meski namanya memakai kata “inggris”, kecap ini sudah biasa digunakan dalam banyak makanan di Indonesia lho. Saus yang digunakan untuk menyiram steak adalah olahan makanan yang bahan utamanya menggunakan kecap ini.

Kenapa bisa dinamakan kecap inggris? Karena kecap inggris merupakan peninggalan Inggris pada zaman kolonial yang populer pada tahun 1830-an. Lea& Perrins merupakan perusahaan kecap inggris terbesar yang mengeskpor kecap inggris ke berbagai negara.

Kecap inggris juga dikenal dengan sebutan worcester sauce. Kecap ini terbuat dari campuran beberapa bahan seperti cuka, molase, gula jagung, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, cengkeh, bawang bombay, bawang merah, bawang putih, dan air.

Tekstur dari kecap ini sedikit kental dan bewarna hitam pekat. Biasanya, kecap inggris bisa ditemui dalam bentuk botol kaca atau botol atom berukuran sedang.

Rasa yang menonjol dari kecap ini adalah sedikit asin dengan cita rasa yang sedep serta aroma yang khas dan harum. Mengingat ada beberapa jenis lada yang menjadi bahan dasar pembuatannya. Tak heran, juga bisa menambah cita rasa yang khas pada makanan.

Kecap inggris merupakan salah satu jenis bahan makanan yang awet, karena mengandung banyak natrium yang bisa mencegah berbagai bakteri, jamur, dan kuman yang berkembang di dalamnya. Botol kecap inggris yang belum dibuka, bisa bertahan sampai 3 tahun lamanya.

Kecap inggris juga digunakan sebagai bumbu rendaman daging atau bumbu masakan chinese food seperti bistik, saus ayam goreng mentega, dan saus lada hitam.

Itu lah kenapa, bagi kamu yang ingin membuat steak atau ayam goreng mentega sendiri, membutuhkan kecap inggris. Jika tidak, maka rasanya akan ada yang kurang. Kecap inggris inilah yang menjadi salah satu rahasia saus-saus steak dan saus lada hitam di restoran atau warung makan, bisa terasa enak.

Kecap inggris sering dijual di supermarket-supermarket besar. Melihat antusiasme masyarakat dengan makanan chinese dan makanan dengan saus yang beraroma rempah, tidak menutup kemungkinan kecap inggris dapat ditemui di toko kelontong atau pasar tradisional. Apalagi sekarang juga banyak produk kecap inggris dengan merk lokal. Tak melulu impor dari negara asalnya.

Pasti tak sedikit pula yang antusias untuk membuat sendiri makanan beraroma dan bercita rasa rempah di rumah, seperti bistik atau sapi lada hitam misalnya.

Kalau kamu tidak mau bingung ingin membeli kecap inggris dimana, bisa banget belanja melalui aplikasi ini. Ada jatiper yang siap membantumu. Aneka kebutuhan dapur dan kebutuhan sehari-harimu, bisa titip beli melalui jatiper ini. Bisa juga titip beli di pasar dengan harga yang dikenal sangat terjangkau.

Ayo belanja di Titipku!

#PakaiProdukLokal

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan