Kenapa Mebel dari Kayu Jati Mahal? Ini Alasannya

Titipku – Kayu jati sangat terkenal di dunia per-mebel-an atau furniture. Dari mulai meja, kursi, lemari, rak, kusen pintu, rangka jendela, pintu dan sebagainya, banyak berasal dari kayu jati. Bahkan bukan hal yang mengejutkan lagi jika harga mebel bermaterial kayu jati, mahal harganya.

Apa sih, yang membuat kayu jati berharga mahal?

Tapi memang, pohon jati merupakan jenis pohon penghasil kayu jati yang berkualitas tinggi. Karakter kayu jati, tentu sangat keras. Pohonnya tumbuh menjulang dengan daun yang lebar, bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan.

Tinggi pohon bisa mencapai lebih dari 50 meter. Kualitas terbaik kayu ini dapat didapatkan pada usia ideal diatas 40 tahun. Dikarenakan, kecepatan tumbuh kayu jati sebetulnya relative lambat. Tapi hal itu membuat densitas kayu menjadi lebih baik dan kualitasnya menjadi diatas rata-rata.

 

  • Kekuatan kayu dan keawetan kayu

 

Kayu jati terbukti memiliki karakter yang sangat kuat dan tahan terhadap pengaruh cuaca seperti hujan, panas, hingga sengatan matahari. Maka dari itu, kayu jati tidak mudah berubah bentuk hanya karena perubahan cuaca. Walaupun ditempatkan di tempat yang lembab, kekuatan kayu jati tidak luntur tanpa perlu proses pengawetan.

Dikarenakan kelebihannya adalah awet, sebagian besar produsen mebel atau pemakai kayu jati tidak melapisinya dengan bahan finishing. Lapisan minyak atau lilin alami yang dimiliki, sudah menjadi bahan pengawet.

Kayu jati juga memiliki daya tahan yang kuat terhadap jamur maupun busuk akibat udara yang lembab.  Kandungan minyak pada kayu jati, juga membuat kekuatan kayu jati lebaih baik dari kayu jenis lain.

Bahkan, kayu jati tidak mudah lapuk, bagian ini yang tidak dimiliki oleh kayu jenis yang lain. Kayu ini tidak disukai oleh rayap maupun serangga perusak kayu lainnya. Makin menambah alasan, kenapa kayu jati sangat awet.

Baca juga: Dedikasi Tinggi Budi Santosa Untuk Mebel Kayu

 

  • Keindahan kayu

 

Selain kuat, kayu jati punya nilai dekoratif yang tinggi. Meski keras, kayu jati juga mempunyai sisi kehalusan pada tekstur dan keindahan pada warna kayunya. Dengan dua faktor ini, kayu jati memiliki sangat menonjol dari segi estetika dan digolongkan sebagai kayu mewah.

Kayu jati rata-rata berwarna cokelat dan emas gelap pada kayu terasnya. Bagian kayu gubal (tengah) berwarna krem atau putih kecokelatan. 

Pada beberapa kayu jati, terdapat warna kemerahan pada saat baru dibelah. Kemudian setelaj beberapa lama dan diletakkan di tempat terbuka atau di bawah sinar matahari langsung, warna akan berubah menjadi cokelat muda.

Jika dirawat dengan baik, aneka furniture dari kayu jati tidak akan pudar keindahan. Bahkan malah semakin natik, seiring dengan pertambahan umurnya.

 

  • Proses Pengerjaan, Mudah

 

Satu lagi, meski keras, kayu jati juga tergolong sebagai jenis kayu yang mudah diolah. Kayu jati mudah dipotong saat pengerjaan. Kenapa bisa demikian? Kayu jadi memiliki susunan serat kayu yang kecil, sehingga mudah untuk dipotong.

Hal inilah yang membuat kayu jati disukai para pengrajin dan membuat harga kayu kian menanjak. Setelah diampelas, kayu ini biasanya akan memiliki tampilan yang semakin cantik. Licin dan halus.

Secara garis besar, tingkat kekuatan dan membuat kayu menjadi awet adalah faktor yang membuat harga perabot berbahan kayu jati menjadi mahal. Tapi, bukan berarti tidak dirawat. Agar tetap awet dan menarik, kayu jati perlu dirawat dengan baik.

Kualitas yang sudah terkenal nyata, tidak perlu ragu jika ingin membeli furniture bermaterial kayu jati. Hanya tinggal memilih desain yang sesuai dengan selera.

 Baca Juga: 7 Kerajinan Kayu Unik Indonesia Yang Inspiratif

Meski tergolong produk “besar”, bisa juga lho titip beli furnitur berbahan kayu jati. Desain bisa request kepada produsennya. Tak sedikit orang yang terampil membuat furniture, sehingga keterampilan itu menjadi lapangan pekerjaan untuk dirinya.

Meski tak sebesar toko-toko mebel kebanyakan. Kualitasnya tak kalah baik. Lebih “enak” juga jika membeli di tempat pembuatnya langsung bukan? Karena bisa memesan dekorasi sesuai keinginan dan kebutuhan. 

#dirumahaja

Beli lemari atau meja melalui aplikasi Titipku, bisa loh! Terdapat UMKM-UMKM di bidang mebel dan furnitur yang siap menerima orderanmu. Ayo belanja di Titipku!

Rewrite: tentangkayu.com dan biopolish.com

 

Tinggalkan Balasan