Kenapa Packaging Yang Menarik Itu Penting? Berikut Alasannya

Titipku – Wirausaha diminati untuk menyokong finansial maupun menyalurkan hobi. Tak heran jika saat ini keberadaan UMKM banyak. Para anak muda juga sudah berani untuk membuka usaha, meskipun kecil-kecilan. Entah itu menjual makanan, pakaian, sepatu, aksesoris dan masih banyak lagi. Bahkan banyak produk unik penuh inovasi yang bisa menjadi nilai lebih.

Selain produk, desain kemasan atau packaging juga menjadi bagian penting untuk kesuksesan “berjualan”. Dalam hal pemasaran, kemasan memiliki peranan penting.

Lalu apa saja alasannya, kenapa kemasan itu penting?

Menarik Minat Konsumen

Utamanya, packaging berfungsi untuk melindungi produk dan sumber informasi, khususnya untuk produk makanan. Tak kalah penting, kemasan menjadi hal pertama yang dilihat konsumen. Dengan begitu pada kemasan, harus ada daya tarik.

Jika kemasan tidak menarik, maka produk hanya akan jadi pajangan saja. Dilirik iya, tapi… tidak dibeli atau bahkan tidak dihampiri sama sekali. Makanya, desain dan skema warna harus diperhatikan detail agar hasilnya menarik dan bisa meningkatkan daya saing produk.

Representasi Brand

Nah, dalam ini packaging dapat menampilkan identitas produk. Mulai dari warna, font tulisan dan logo. Desain packaging produk yang baik, bisa merepresentasikan produk sesuai dengan karakternya. Tak lupa dipadukan dengan tampilan yang menarik. Dengan begitu, konsumen akan paham dan hafal bahwa kemasan tersebut merupakan milik Kalian.

Pembeda dengan Produk Lain

Penggunaan warna pada kemasan dapat membantu konsumen untuk membedakan produk milikmu dengan produk kompetitor. Tak harus warna yang mencolok. Meski sederhana, warna-warna pucat atau pastel pun bisa membuat produk milikmu terlihat berbeda dan lebih menarik dari produk lainnya.

Meningkatkan Branding

Desain kemasan dan identitas brand yang semakin seimbang, dapat membuat fungsi packaging semakin efektif. Jadi, jangan sampai timpang. Banyak pengusaha yang cenderung memaksimalkan branding daripada desain packaging yang menarik, atau sebaliknya. Hasilnya, tidak akan memaksimalkan kepuasan konsumen.

Buat kami yang masih kesulitan menentukan packaging yang baik dan menarik untuk produk bisnismu, tidak perlu khawatir mencari bantuan. Titipku punya solusinya, lho!  Klik di sini.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan