Khasiat Jamu Tradisional Kunir Asem (Kunyit Asam) dari Bahan Alami

Titipku – Jamu Kunyit Asam adalah jamu yang berbahan dasar kunyit, dan asam jawa yang konon berkhasiat untuk menyegarkan tubuh atau dapat membuat tubuh menjadi dingin

Jamu kunyit asam atau orang Jawa bilang kunir asem menjadi jamu tradisional paling populer di kalangan wanita. Hal itu karena khasiat utamanya yang mampu meredakan nyeri hadi atau datang bulan.

Nah selain itu ternyata jamu kunyit asam masih ada banyak khasiatnya lho. Dilansir melalui Hellosehat.com beriku 4 khasiat ampuh jamu kunyit asam:

jual jamu kunyit asam jogja, jual jamu kunyit asem jogja, jual beras kencur di jogja, toko jamu di jogja, pabrik jamu di jogja, depot jamu di jogja, jamu cekok di jogja, jamu kuat di jogja, jamu gendong di jogja, minum jamu di jogja, alamat toko jamu di jogja, jamu ayam bangkok di jogja, jamu tongkat arab di jogja, agen jamu sidomuncul di jogja, jamu pembesar alat vital di jogja, jamu bersalin jogja, jamu brotowali jogja, toko bahan jamu di jogja, jamu cekok jogja, cafe jamu di jogja, jamu enak di jogja, es krim jamu di jogja, jamu jogja enak, jamu godog jogja, jamu ginggang jogja, jamu gendong jogja, jamu godogan jogja, jamu godhog jogja, jamu herbal jogja, jamu intisari jogja, jamu jago jogja, jamu jawa jogja, jamu jamkho jogja, jamu jakban jogja, toko jual jamu di jogja, jual jamu kuat di jogja, toko jamu jago di jogja, jamu kerkop jogja, jamu kuat jogja, jamu kuat jogja solo, jamu khas jogja, jamu keraton jogja, jamu kuat lelaki di jogja, jamu merpati jogja, jamu tradisional jogja malam, jamu online jogja, jamu peras jogja, jamu pelangsing jogja, tempat penjualan jamu di jogja, jamu racik jogja, rumah jamu di jogja, jamu seduh jogja, jamu sidomuncul jogja, jamu soman jogja, soman jamu tetes di jogja, jamu tradisional jogja, toko jamu tradisional di jogja, toko jamu madura di jogja, warung jamu di jogja, manfaat jamu jogja, manfaat jamu tradisional,
Es Kunyit Asam – dokumentasi Titipku
Meredakan nyeri haid
Jamu kunyit asam umum dikonsumsi oleh wanita dengan keluhan nyeri haid. Bahkan kini kunyit asam sudah banyak diproduksi dalam bentuk serbuk atau minuman kemasan sehingga Anda tidak perlu repot-repot meraciknya sendiri.

Kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

Manfaat ini semakin diperkuat dengan reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin pada asam jawa yang dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Selanjutnya, otak akan mengirimkan perintah ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim.

Maka tidak diragukan lagi bila minuman kunyit asam memang terbukti mampu mengatasi nyeri haid pada wanita.

Sebagai antioksidan
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kunyit dan asam sama-sama bermanfaat sebagai antioksidan. Pasalnya, senyawa kurkumin pada kunyit diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi, sama halnya dengan asam jawa yang juga mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh.

Kandungan antioksidan pada minuman kunyit asam mempunyai aktivitas yang lebih besar dibandingkan dengan antioksidan sintetis. Suatu penelitian menyebutkan bahwa formula terbaik minuman kunyit asam terdiri dari 25 persen asam, 5 persen kunyit, dan 70 persen air untuk kadar antioksidan yang maksimal.

Menurunkan berat badan
Secara terpisah, baik kunyit maupun asam jawa sama-sama berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Khasiat ini tentu semakin maksimal dengan menggabungkan dua bahan alami tersebut.

Kurkumin, yaitu suatu antioksida pada kunyit berfungsi untuk menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta kondisi metabolik lainnya akibat obesitas. Alhasil, berat badan Anda cenderung lebih stabil dan menurunkan risiko obesitas. Selain itu, tubuh Anda juga menjadi lebih fokus saat menurunkan berat badan karena minimnya reaksi peradangan pada tubuh setelah minum kunyit asam.

Mengendalikan gula darah
Bila Anda mengidap penyakit diabetes, cobalah untuk rutin mengonsumsi jamu kunyit asam. Kunyit telah lama diketahui dapat menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes. Efek ini diduga akibat kemampuan antiinflamasi yang dimiliki oleh kunyit.

Bahkan sebuah studi pada tahun 2012 menunjukkan bahwa orang dengan prediabetes yang mengonsumsi kapsul kurkumin cenderung menghambat kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

Instagrsm via anissa2210

Tak hanya 4 manfaat di atas, ternyata jamu yang populer ini juga memiliki khasiat lain. Dilansir melalui Fimela.com berikut khasiat jamu kunir asem (kunyit asam) bagi kesehatan tubuh:

– Kandungan vitamin C: dapat mencegah sariawan dan membantu kekebalan tubuh.

– Kurkumin: bisa berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-radang, atau antioksidan sehingga berguna untuk menurunkan resiko penyakit contohnya kanker dan bermanfaat bagi penderita arthritis.

– Mengatasi gangguan ginjal, disentri, meningkatkan kesehatan tulang dan persendian.

– Melawan infeksi dan gangguan lain pada gigi, gusi, dan masalah bau mulut.

– Mencegah pengerasan arteri untuk penderita diabetes.

– Menjaga kadar kolesterol dalam darah, menurunkan lemak dengan membuat hati bekerja lebih baik dalam mengurai lemak.

– Menenangkan saraf saat stres, membantu penderita Alzheimer.

– Asupan diet yang kaya akan kunyit dapat membantu mencegah dan melawan kanker prostat, payudara, usus besar, dan paru-paru.

– Mengobati sakit perut karena infeksi.

– Membantu penyembuhan luka dan regenerasi kulit, mencegah jerawat dan membersihkan kulit.

Nah udah tau kan khasiat jamu tradisional asal Indonesia. Kalau lagi bingung nyari produk jamu tradisional buatan UMKM Indonesia, kamu bisa langsung cek aja di aplikasi Titipku.

Aplikasi yang menyediakan berbagai macam produk UMKM dalam negeri ini bisa kamu download di Google Play Store.

Buruan jelajahi Titipku.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

4 thoughts on “Khasiat Jamu Tradisional Kunir Asem (Kunyit Asam) dari Bahan Alami”

Tinggalkan Balasan