Lima Tips Untuk Membersihkan Cumi-Cumi

Cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda atau jenis moluska yang hidup di laut. Nama ”Cephalopoda” berasal dari Bahasa Yunani yang berarti “kaki kepala”, hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala.

Sebagai negara maritim, tentu kita sudah tak asing dengan seafood satu ini. Cumi-cumi biasa disajikan menjadi berbagai hidangan di restoran seafood atau chinese food yang ada di berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, kini mulai marak pedagang kaki lima yang menjual cumi raksasa bakar yang diberi saus spesial.

Namun, sebelum mengolah dan memakan cumi, tentu ada proses membersihkan cumi yang perlu diketahui. Dilansir dari Idntimes.com, yuk simak lima tips membersihkan cumi-cumi:

  • Pisahkan bagian kepala dan tubuh dari cumi-cumi

Mengolah cumi-cumi sebenarnya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing, namun untuk cara yang paling umum adalah dengan memisahkan terlebih dahulu kepala dan tubuh dari cumi-cumi. Caranya, kamu perlu menarik bagian kakinya secara perlahan sehingga terpisah dari bagian tubuhnya. Lakukan pemisahan ini di bawah air mengalir, sehingga ketika terpisah, kotoran yang ada di antara tubuh dan kaki bisa ikut terbuang bersama air yang mengalir.

  • Buang bagian tinta

Pada bagian dalam cumi-cumi ada bagian tinta yang biasa digunakan sebagai alat pertahanan diri. Kamu dapat mencarinya dan menariknya perlahan-lahan hingga keluar. Hal ini dilakukan secara perlahan agar tinta dari cumi-cumi tidak meluber ke mana-mana dan membuat kotor. Ada baiknya, proses ini juga dilakukan di bawah air mengalir.

  • Bersihkan Bagian Dalam Cumi

Setelah memastikan cumi-cumi bebas dari tinta, langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian dalam cumi-cumi dari kotoran yang menempel. Kamu juga tak boleh melewatkan bagian tulang yang ada pada cumi-cumi. Buanglah tulang itu karena dapat mengganggu saat dimakan. Pastikan bagian tubuh dalam cumi-cumi telah bersih sempurna.

  • Potong cumi-cumi sesuai selera

Bila semua langkah pembersihan telah dipastikan benar dan sesuai, kamu dapat mulai memotong-motong cumi sesuai selera. Cara ini dapat kamu lakukan sesuai dengan menu apa yang akan kamu masak nantinya. Jika ingin menggoreng dengan tepung atau ditumis, ada baiknya dipotong dalam bentuk cincin. Namun, jika ingin membakarnya utuh, maka beri irisan di tubuhnya supaya bumbu bakar bisa meresap masuk sampai ke dalam. Setelah memotongnya, kamu dapat mencucinya kembali untuk memastikan bahwa cumi-cumi sudah bersih sempurna.

  • Mengeringkan cumi-cumi sesaat dan mengolahnya

Setelah cumi-cumi dipotong, artinya seafood tersebut telah siap diolah. Kamu dapat mengeringnya beberapa saat terlebih dahulu setelah dicuci bersih. Kemudian, kamu dapat mulai mengolahnya sesuai dengan menu masakanmu sekarang.

Baca Juga: Seperti Ini Resep Tumis Cumi Pedas, Ternyata Mudah dan Simpel Banget

*****

Nah, itulah lima tips membersihkan cumi-cumi yang dapat menjadi informasi untukmu agar tidak bingung ketika akan mengolahnya. Tentunya, kamu tidak bingung juga kan harus membeli cumi-cumi di mana? Kamu bisa membeli cumi-cumi dari rumah loh pakai aplikasi Titipku. Di aplikasi ini, kamu juga bisa pakai Diskon 30%, jadi belanja cumi-cumimu bisa lebih murah. Caranya: masukkan Kode Promo “ASIK30” di kolom promo yang tersedia.

Tertarik? Download aplikasi Titipku di sini!

Tinggalkan Balasan