Manfaat Bawang Bombay yang Wajib Diketahui!

Titipku – Bawang bombay merupakan salah satu rempah-rempah yang sring digunakan dalam masakan. Selain sebagai penambah rasa masakan, manfaat bawang bombay untuk kesehatan juga banyak. Tanaman yang satu ini mengandung banyak nutrisi dan zat yang diduga berpengaruh terhadap kesehatan. Tak heran jika bawang bombay kerap digunakan sebagai obat-obatan. Selain untuk obat, biasanya juga kerap digoreng dengan tepung yang biasa diberi nama Onion Ring.

Tahu kah kamu bahwa ada banyak kandungan yang bermanfaat dari bawang bombay. Dalam 100 gram bawang bombay, terkandung kurang lebih 40 kalori, 1,7 gram serat, 4,2 gram gula, 1,1 gram protein, dan 9,3 gram karbohidrat. Selain itu, bawang bombay juga mengandung vitamin B6, vitamin C, folat, dan kalium.

Manfaat Bawang Bombay

Dilansir melalui Alodokter.com terdapat lima manfaat dari bawang bombay untuk kesehatan lho! Berikut manfaat lain dari bawang bombay berdasarkan penelitian:

  • Bawang bombay diduga efektif untuk menghilangkan bekas luka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel yang mengandung ekstrak bawang bombay setidaknya selama 10 minggu, mampu memperbaiki tampilan bekas luka setelah operasi.
  • Kadar gula darah penderita diabetes dapat turun dengan mengonsumsi 100 gram bawang bombay setiap hari. Namun hal ini belum mendapat pembuktian yang cukup karena masih minimnya penelitian klinis untuk membuktikan teori tersebut.
  • Ekstrak dan minyak esensial bawang bombay dipercaya dapat menekan pertumbuhan bakteri.
  • Menurut penelitian, konsumsi bawang bombay diduga dapat meningkatkan kepadatan tulang.
  • Mengonsumsi bawang bombay juga diklaim dapat menurunkan risiko terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, usus besar, dan prostat. Hal ini adalah karena antioksidan pada bawang bombay berperan sebagai antiradang dan mampu menurunkan risiko kanker tertentu. 

#dirumahaja

Kamu bisa membeli bawang bombay tanpa perlu keluar rumah lho. Apa lagi disaat pandemi COVID-19 yang cukup meresahkan. Download Aplikasi Titipku untuk membeli kebutuhan sehari-hari di pasar favorit kamu. 

Cek dulu beberapa pedagangnya dibawah ini

  1. Lapak Sayur Mayur Bu Sum https://titipku.page.link/SQ7n
  2. Toko Sembako & Bumbu Giling Uni Mila (Pasar Jambul) https://titipku.page.link/yC9m
  3. JOCELINE’S KITCHEN https://titipku.page.link/8RN6
  4. Aneka Produk Pasar Maguwoharjo (Pasar Stan) https://titipku.page.link/tujD
  5. Pasar Kranggan https://titipku.page.link/VuQN

Tunggu apa lagi? Yuk download Aplikasi Titipku di Google Playstore sekarang juga ya! #DiRumahSaja dan lindungi diri dan keluarga dari COVID-19.

Baca juga: 8 Manfaat Bawang Merah Goreng

Tinggalkan Balasan