5 Manfaat Buah Naga untuk Penderita Darah Rendah

Titipku.com – Asupan penting lainnya untuk menambah darah bisa dimulai dari buah-buahan seperti buah naga. Buah naga ini dikenal sebagai salah satu buah yang tak hanya mempunyai rasa yang manis. Namun juga mempunyai kadar air tinggi yang menyegarkan. Buah naga tergolong menjadi dua jenis, yakni naga merah dan naga putih. Keduanya memiliki banyak khasiat termasuk untuk mengobati anemia lho! Nah, bagaimana manfaat buah naga untuk penderita darah rendah atau anemia ini? Check lebih lanjut!

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Si buah berwarna merah atau putih ini mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebab kandngan vitamin dan mineral serta airnya cukup lengkap untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Dalam setiap 260 gram buah naga antara lain mengandung vitamin E, vitamin B1. B2, B6, vitamin C, zat besi, kalsium, vitamin A, dan masih banyak lainnya.

manfaat buah naga untuk anemia
Instagram via @nglaisui

Khasiat Buah Naga untuk Darah Rendah

Berikut adalah beberapa khasiat buah naga untuk penderita darah rendah. Yuk simak lebih lanjut.

Tinggi Kandungan Vitamin C

Buah naga menjadi buah yang sarat akan vitamin, termasuk vitamin C. Vitamin C ini akan berguna untuk menciptakan lingkungan lebih asam dalam perut. Oleh karena itu, penyerapan zat besi lebih bisa ditingkatkan. Penyerapan zat besi non heme yang sangat dibutuhkan penderita darah rendah bisa dicukupi dengan mengonsumsi buah naga secara rutin. Penderita anemia defisiensi vitamin C biasanya menimbulkan gejala seperti lemah, kulit terlihat pucat dan denyut jantung cepat sesudah beraktivitas maka bisa diatasi dengan cara mengonsumsi buah naga ini.

Pembentukan Hemoglobin

Kandungan zat besi dalam buah naga juga bermanfaat dalam pembentukan hemoglobin. Hemoglobin ini bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh sekaligus memberi warna merah pada sel darah merah atau eritrosit. Nah dengan mengonsumsi buah naga ini sangat penting agar hemoglobin dalam tubuh tercukupi dan cegah hancurnya sel darah merah khususnya bagi wanita yang sedang dalam masa haid dan rentan terhadap tekanan darah rendah.

Mengikat Oksigen

Buah naga yang merupakan makanan penambah darah ini juga mempunyai kandungan vitamin A atau retinol. Bagi penderita darah rendah, vitamin A ini sangat penting agar zat besi bisa masuk ke dalam hemoglobin untuk mengikat oksigen dengan lebih baik.

Produksi Sel Darah merah Baru

Buah naga memounyai kandungan asam folat yang berguna dan dibutuhkan tubuh agar sel darah merah baru yang sehat agar diproduksi lebih banyak sehingga gejala dari anemia bisa dikurangi bahkan dihilangkan. Khusus penderta anemia, defisiensi vit. B12 atau folat, buah naga ini sangat baik untuk dikonsumsi karena tubuh mempunyai kesulitan memproses vit. B12 yang menimbulkan rasa letih dan lelah.

Baik untuk Ibu Hamil Penderita Darah Rendah

Hampir semua ibu dalam masa kehamilan seringkali menderita gejala anemia aau kurang darah. Misalnya letih dan lesu. Akibatnya buruk untuk janin karena akan kekurangan nutrisi. Buah naga ini sangat baik dikonsumsi untuk menambah sel darah merah karena kandungan zat besinya.

Nah, sudah tahu kan khasiat atau manfaat buah naga untuk kesehatan ini khususnya penderita anemia? Ternyata banyak sekali ya manfaat buah naga untuk anemia ini. jadi tidak perlu ragu lagi untuk konsumsi buah naga. Pasalnya kandungan vitamin dan mineral juga airnya sangat penting untuk produksi sel darah merah dan menetralkan tekanan darah. Mengonsumsi buah naga secara teratur menjadi cara terbaik guna menormalkan tekanan darah dalam tubuh.

Baca Juga Nih:

  1. Manfaat Alpukat untuk Diet Alami dan Cepat
  2. 10 Manfaat Pare, Si Pahit yang Ternyata Banyak ‘Manisnya’

Yuk Beli Buah Naga dari Pasar Melalui Titipku

Beli buah naga dari pasar bisa kamu dapatkan dengan lebih mudah dengan order via Titipku!

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

One comment

Tinggalkan Balasan