Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan Bunda

bubur kampiun, bubur minang, bubur ketan hitam, ketan hitam, manfaat ketan hitam

bubur kampiun, bubur minang, bubur ketan hitam, ketan hitam, manfaat ketan hitam

 

 

 

 

Siapa sih yang tidak kenal ketan hitam? Tanaman yang masuk ke dalam keluarga gandum ini sering diolah menjadi aneka hidangan manis, bahkan menjadi salah satu menu berbuka puasa. Biasanya, ketan hitam diolah dengan santan menjadi bubur ketan hitam. Namun, ketan hitam bisa juga disajikan bersama bubur sumsum atau bubur candil menjadi Bubur Kampiun khas Minang. 

Meskipun tidak terlalu banyak orang yang gemar ketan hitam, ternyata manfaat ketan hitam juga sangat baik untuk kesehatan loh Bund! Ketan hitam juga merupakan menu berbuka puasa yang tepat. Kok bisa sih? Yuk intip ulasan soal manfaat ketan hitam berikut.

 

Membuat Kenyang Lebih Cepat

Manfaat ketan hitam yang pertama adalah membuat kenyang lebih cepat. Setelah diolah, ketan hitam mengandung serat yang cukup tinggi. Sudah familiar kan dengan kegunaan serat? Serat dapat membantu makanan yang dikonsumsi melewati proses pencernaan dengan lebih cepat. Sebagai hasilnya, makanan yang sudah dicerna menjadi lebih cepat diserap oleh tubuh. 

Jadi, berbuka puasa dengan ketan hitam akan membuat Bunda lebih cepat kenyang dan tidak akan banyak makan berat sesudahnya. Wah gak perlu khawatir berat badan naik selama bulan puasa nih!

 

Melancarkan Pencernaan

Manfaat ketan hitam yang kedua adalah melancarkan pencernaan. Seperti yang sudah Bunda tahu, banyak mengonsumsi serat artinya membantu sistem pencernaan untuk bekerja lebih baik. Selain itu, serat yang dikonsumsi juga membantu meningkatkan asupan nutrisi serta mencegah timbulnya penyakit pencernaan. 

 

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ketan hitam merupakan salah satu keluarga gandum yang kandungan seratnya paling tinggi. Serat dalam ketan hitam membantu menyingkirkan kolesterol sekaligus menurunkan tekanan darah. Ketan hitam juga rendah lemak yang mampu mencegah jantung koroner. 

 

Kaya Karbohidrat

Sebagai keluarga tanaman gandum, ketan hitam juga kaya akan karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu sumber energy yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas. Nah, dengan mengonsumsi ketan hitam saat puasa, Bunda bisa mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa. 

 

Wah, cocok banget nih kayaknya memasukkan ketan hitam ke dalam menu berbuka puasa. Selain dari ketan hitam, nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh juga bisa didapatkan dari buah dan sayur segar lho!

Kini, belanja sayur dan buah segar jadi lebih mudah lewat Aplikasi Titipku. Gak perlu repot keluar rumah lagi karena belanjaan akan diantarkan sampai rumah oleh kurir Titipku yaitu Jatiper. Yuk segera unduh dan gunakan Aplikasi Titipku!

 

 

klaim hadiah bunda berikut ini

Hai Bund, terima kasih sudah menjadi pembaca setia Blog Titipku. Sebagai bentuk apresiasi, Titipku memberikan hadiah untuk Bunda berupa promo diskon belanja di aplikasi Titipku. Dengan belanja minimal Rp100.000, Bunda bisa mendapatkan potongan harga senilai Rp25.000. Gede banget kan Bund potongannya!

Nah, untuk menggunakan promo ini, ikuti langkah di bawah ini yuk.

1. Jika sudah mendownload aplikasi Titipku dan buat akun, klik pada bagian “Kupon Saya” yang berwarna krem.

2. Jika halaman kupon sudah terbuka, silakan masukkan kode promo “COBATITIP25”  di kolom pencarian, lalu klik enter/search.

3. Voucher diskon untuk pembaca setia blog akan muncul. Klik gunakan yang ada di sebelah kanan kupon.

4. Kupon sudah digunakan. Langkah selanjutnya adalah Bunda tinggal berbelanja #DariRumah pakai Titipku!

 

Jika Bunda mengalami kesulitan, Bunda bisa menghubungi customer service Titipku atau mengirim DM ke Instagram @titipkuofficial. Selamat berbelanja hemat Bund!

Tinggalkan Balasan