Manfaat Kunyit Asam untuk Kecantikan dan Kesehatan

Titipku.com – Kunyit asam biasa orang sebut kunir asem adalah minuman campuran dari dua tanaman yaitu adalah kunyit dan asam (asem). Kunyit atau kunir merupakan tumbuhan dengan nama Curcuma Longa yang berasal dari family Zingiberaceae. Bahan ini merupakan tanaman dengan nama Tamarindus Indica. Manfat kunyit asam bagi kesehatan dan kecantikan sangat banyak dan akan dibahas di dalam sub bab.

Kombinasi atas dua tumbuhan ini biasa digunakan untuk membuat jamu (minuman tradisional Jawa). Keberadaan di perkotaan sudah cukup jarang ditemui akan tetapi dipedesaan kunyi asam masih banyak dikonsumsi karena mempunyai bahan manfaat kunyit asam ini sangat mujarab. Nah apa saja sih manfaat kunir asem atau kunyit asam ini? Scroll down.

Kunyit asam dikatakan memiliki banyak manfaat. Ini karena kunyit asam memiliki kandungan zat yang bisa membantu manusia. Salah satunya yakni mempunyai banyak vitamin yaitu vitamin A, vitamin B1 dan juga vitamin C. Bahan ini mengandung berbagai zat yang disebut kurkumin, zat besi, kalsium, fosfor, magensium, natrium, dan bismuth. Minyak atsari yang dimiliki berkisar di angka dua sampai lima persen. Kandungan senyawa dari heptanoid ini antara tiga hingga empat persen.

Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan

Mencegah Anemia

Anemia atau penyakit kekurangan darah ini bisa disembuhkan secara alami karena kandungan zat besinya. Zat besi ini merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan pasokan sel darah merah, maka resiko terjadinya anemia akan berkurang.

Membakar Lemak dalam Tubuh Secara Efektif

Mendapatkan berat dan bentuk tubuh ideal adalah impian bagi laki-laki maupun perempuan. DIet dilakukan dengan berbagai cara. Kunyit asam ini membantu proses diet secara alami oleh karena zat kutkumin. Selain itu, bisa dijadikan minuman herbal dan diminum teratur yang akan membakar lemak dalam tubuuh secara efektif. Meminum bahan ini secara rutin juga bisa melangsingkan tubuh kembali pasca melahirkan.

Menetralkan Racun dalam Tubuh

Tubuh secara tidak langsung selalu terkena racun melalui hal-hal yang kita makan. Racun ini harus dikeluarkan atau dihancurkan agar tidak mengganggu kelangsungan sistem dalam tubuh, Melakukan detoksifikasi atau penghancuran racun sangat penting. Proses detoksifikasi ini bisa dibantu dengan kunyit asam. Alasannya adalah kandungan dalam kunyit yang bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Melancarkan Menstruasi Wanita

Saat menstruasi adalah saat yang cukup menyiksa bagi beberapa wanita. Alasannya adalah rasa nyeri dan pegal pada tubuh bagian bawah wanita. Banyak obat kimia yang tersedia untuk atasi masalah tersebut. Nah cara alaminya adalah dari konsumsi kunyit ini. Manfaat kunyit asam antara lain mengurangi rasa nyeri dan pegal serta melancarkan darah menstruasi yang keluar. Kunyit jenis ini bisa diminum dalam bentuk jamu.

Mencegah Munculnya Kanker

Kanker merupakan penyakit yang mana sel-sel dalam tubuh mengalami kerusakan dan mutasi. Sebab munculnya sel ini bisa mengganggu kinerja tubuh. Cara alaminya adalah konsumsi kunyit asam. Ada kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa mencegah mutasi oleh radikan bebas.

Selain manfaat tersebut, jamu tradisional seperti kunyit asam memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan seperti menyembuhkan penyakit maag, mengecilkan perut buncit, menjaga kebugaran badan dan stamina tubuh, dan lain sebagainya.

manfaat kunyit asam

Manfaat Kunyit Asam untuk Kecantikan

Sementara itu, kunyit asam juga tidak hanya dikonsumsi untuk pengobatan lho namun bisa dimanfaatkan untuk kecantikan seperti berikut.

Membuat Kulit Terlihat Segar

Memiliki kulit bagus dan terlihat segar adalah dambaan semua orang. Kunyit asam bisa membantu menyegarkan kulit. Karena kunyit asam memiliki kandungan antioksidan dan vitaminC yang cukup tinggi dengan peran penting serta regenerasi sel-sel kulit.

Menghilangkan Bau Badan

Meski mempunyai wajah cantik, tapi jika memiliki bau badan tak sedap? Hmm cantiknya jadi setengah ya! Maka dari itu, masalah bau badan tidak bisa dianggap remeh Kunyit asam bisa atasi masalah tersebut karena memiliki kandungan zat atsiri.

Menjaga Keawetmudaan Kulit

Alami penuaan adalah hal yang tentu dialami seluruh manusia. Ada beberapa cara untuk hindari kulit dari dampak penuaan atau mencegah penuaan. Hal ini karena kunyit asam memiliki kandungan vitamin C.

Mencegah Timbulnya Jerawat

Tinggal di daerah tropis bisa membuat pertumbuuhan jerawat semakin cepat. Untuk atasi pertumbuhan jerawat secara alami bisa digunakan kunyit asam. Ini karena kunyit asam memiliki zat vitamin A dan vitamin C yang bisa atasi kerusakan kulit.

Menjaga Keindahan Mata

Manfaat kunyit asam lainnya adalah menjaga kesehatan dan keindahan mata. Kecantikan tidak hanya soal kulit wajah namun juga soal mata. Karena bahan tersebut mempunyai kandungan vitaminA yang membantu menjaga kesehatan dan keindahan mata.

Manfaat kunyit asam untuk kecantkan lainnya antara lain mencegah timbulnya keriput, mencegah bintik hitam, mengatasi keputihan, menyembuhkan bekas luka pada wajah dan tubuh, dan masih ada banyak manfaat lainnya.

Yuk Beli Bahan-Bahan Masak dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba masak ikan laut dan ikan air tawar. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂

Kalau kamu di Jogja, kamu bisa pilih pasar sesuai kebutuhan kamu dari Titip ke Pasar by Titipku:

Pasar Beringharjo
Pasar Kranggan
Pasar Demangan
Pasar Sambilegi
Pasar Condongcatur
Pasar Prawirotaman, dll

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan