Manfaat Meminum Air Madu Hangat Setiap Pagi

Titipku – Madu identik dengan manis. Bukan hanya sekedar pemanis seperti gula, madu mempunyai kelebihan yang bisa menjadi menambah cita rasa maupun sebagai obat tradisional yang dipercara bisa mengatasi banyak masalah kesehatan. Tak heran, jika madu sering menjadi campuran obat herbal.

Secara medis, madu pun baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Madu memiliki beberapa kandungan diantaranya gula, antioksidan, fenolat, flavonois, vitamin C, vitamin E, asam amino, mineral zinc dan zat besi.

Umumnya, madu biasa dipakai untuk meredakan alergi, batuk, asma, dan diare. Ada juga yang memanfaatkannya untuk membantu meredakan kulit luka atau gatal, sampai menyembuhkan sariawan.

Selain itu, ada cara khusus untuk mengonsumsi madu untuk mendapatkan manfaat yang lebih spesifik. Salah satunya, meminum campuran madu dan air hangat saja pada pagi hari. 

Berikut uraiannya yang mayoritas dekat dengan kita dan bisa dirasakan secara nyata.

  • Menurunkan berat badan

Madu biasanya dipakai sebagai pengganti gula, khususnya bagi yang sedang memiliki berat badan yang berlebih. Kandungan gula dalam madu justru membantu menurunkan berat badan. Dikarenakan gula alami pada madu menyediakan kalori yang sehat. 

Mengonsumsi madu secara rutin, bisa mempercepat proses metabolisme yang bisa berefek pada penurunan berat badan. Selain itu, dapat mengekang asupan kalori dan membantu menghilangkan lemak di perut.

  • Membersihkan kulit

Dalam hal ini, madu bisa membantu membuat kulit nampak lebih bersih. Madu menjadi asupan nutrisi dari dalam untuk membuat kulit bersih dan mulus. Ingat, madu kaya akan antiosikdan. Apabila dikonsumsi rutin, madu juga akan membersihkan racun tubuh dan membuat kulit lebih sehat.

  • Membersihkan pencernaan

Madu juga merupakan antiseptic yang kuat dan dianjurkan dikonsumsi sekitar 1 sendok makan pada saat perut dalam keadaan kosong. Langkah ini, dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan pencernaan. Saat melewati perut, madu juga bisa menhancurkan kuman dan menyembuhkan luka ringan pada dinding usus.

  • Membantu meningkatkan kualitas tidur

Madu mengandung gula, namun gula dalam masu bisa menaikkan kadar insulin yang kemudian bisa melepaskan serotonin. Nah, serotonin ini yang diubah menjadi melatonin, hormone yang bisa memicu tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kondisi pandemi saat ini, membuat kita harus menjaga bahkan meningkatkan system kekebalan tubuh agar tidak muda terpapar virus COVID-19. Apalagi, system kekebalan tubuh juga dapat melawan semua jenis penyakit.

Madu dapat membantu membunuh bakteri dan melawan partikel asing. Beberaa vitamin dan mineral yang ada dalam madu, bisa meningkatkan system kekebalan tubuh. Sedangkan antioksidan, bertugas untuk mengontrol pertumbuhan radikal bebas.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Memang manis, tapi masu tidak mengansung kolesterol. Malah, madu mengandung sejumlah vitamin yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Rutin mengonsumsi madu akan meningkatkan antioksidan dalam tubuh untuk bisa mengatasi kelebihan kolesterol. 

Bagi yang masih muda, madu bisa menjadi penjagaan sejak dini agar terhindar dari kolesterol seiring dengan pertambahan usia, nih.

————

Wah, ternyata ada banyak manfaat madu jika rutin dikonsumsi. Apalagi, madu juga aman dikonsumsi oleh anak-anak di atas setahun. 

Tapi tetap berhati-hati dalam mengonsumsi madu untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu, apakah produk atau merk madu yang dibeli sudah terdaftar di BPOM RI. 

Perhatikan juga tanggal kadaluarsa yang tercantum pada kemasan, ya. Untuk bisa mendapatkan madu, juga tidak sulit, kok. Apalagi sedang kondisi lebih baik #DiRumahAja, belanja online atau titip beli menjadi pilihan yang tepat. Sekaligus mendukung program pencegahan penyebaran COVID-19.

Yuk, cek produk-produk madu yang ada di Aplikasi Titipku. Produk yang kamu cari, bisa datang lebih cepat karena bisa kamu dapatkan dari UMKM-UMKM atau pasar tradisional yang ada di dekat tempat tinggalmu. Ayo belanja di Titipku!

Rewrite: detik.com, aladokter.com, okezone.com

 

Tinggalkan Balasan