Jangan Langsung Benci Dulu, Mendadak Cinta Kalau Tahu Manfaat Petai Ini

manfaat petai bagi kesehatan

Titipku.com – Petai dikenal sebagai salah satu makanan yang bau, bahkan setelah terproses dan menjadi urinpun masih menyisa. Tapi jangan salah, si bau ini ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Cek dulu 7 manfaat petai bagi kesehatan yang dilansir dari jogjaupdate.com berikut ini.

1. Meredakan Depresi

Petai dipercaya bisa meredakan depresi yang terjadi pada seseorang. Kok bisa? Bisa dong. Ternyata, petai ini memiliki kandungan zat tryptophan lho. zat semacam protein yang bisa diubah menjadi serotonin yang menyebabkan sesorang bisa relaks. Selain itu, sib au ini juga bisa meningkatkan mood serta bisa membuat lebih nyaman.

Nah tuh, sudah pernah merasakan khasiatnya?

2. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan zat besi dalam tubuh beresiko hemoglobin tak tercukupi. Nah ternyata petai ini mempunyai kandungan zat besi yang sangat kaya sehingga mendorong produksi hemogoblin. Dengan mengonsumsi Petai, gelaja-gejala anemia seperti letih, lemah, lesu, lunglai dan lemas bisa teratasi.

Hmm mantap betul.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat petai berikutnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian juga memberikan penjelasan bahwa petai ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan kalium yang tinggi namun rendah garam. Bahkan, US Food and Drug Administration mengizinnkan bagi industri petai ntuk mengklain produk sebagai pencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

Masih benci nih sama petai? Pikir lagi deh.

4. Mengobati Sembelit

Meski buah ini bau, petai mempunyai kandungan serat tinggi sehingga bisa membantu memulihkan fungsi pencernaan. Konsumsi petai banyak bisa atasi masalah sembelit tanpa ahrus menggunakan obat. Akan tetapi konsekuensinya harus dirasakan seisi rumah. Hehehe

manfaat petai bagi kesehatan
Instagram via @meithamorfosis

Baca Juga Manfaat Lainnya:

  1. Manfaat Daun Seledri Tak Hanya Sebagai Penyedap Masakan
  2. 10 Manfaat Sawi Putih
  3. Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan

5. Menjaga Gula Darah

Dengan konsumsi petai, antar waktu makan bisa dipercaya bisa menjaga level gula darah. Karena eksrak chloroform bisa menghasilkan penurunan gula darah dalam tubuh. Selain itu, juga bisa menghindari geajala morning sickness alias mual-mual kecuali bagi yang tidak suka baunya.

6. Kekuatan Otak

Di dalam petai juga diketahui akan kandungan kalium yang baik bagi otak. Di dalam kandungan ini, petai bisa membantu orang dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Cocok untuk sisa siswi karena bisa menyerap pelajaran atau ilmu baru lainnya. Selain itu siswa biasanya menjadi lebih waspada dan juga ada peningkatan kemampuan mengingatnya. Manfaat petai yang satu ini memang canggih banget kan ya!

7. Maag

Tidak sekedar kaya serat, petai ini baik bagi pencernaan. Petai juga mampu meredakan Maag. Karena petai ini dipercaya bisa menetralisir keasaman dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan lambung. Karena tekstur yang lembut, petai juga menjadi satu-satunya buah mentah yang dapat dikonsumsi tanpa menimbulan distress jangka panjang.

Hayoooo masih belum cinta sama petai? Yuk cintai petai dengan membelinya langsung dari pasar melalui Titipku!

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan