Mangga Alpukat vs Mangga Arumanis, Bagaimana Perbedaannya?

Titipku.com – Mangga alpukat memang lagi hits parah! Buah mangga satu ini memang bisa dibilang langka karena susah ditemukan di pasaran. Sementara itu kebunnya ternyata hanya ada di Kecamatan Rembang, Pasuruan, Jawa Timur. Hmmm jenis mangga apa sih si mangga alpukat ini? Lalu bagaimana perbedaan mangga alpukat dan mangga arumanis? Cekidot!

Mangga Alpukat Dikenal Mahal

Mangga alpukat, begitu panggilannya. Mangga alpukat ini dikenal memiliki rasa yang lezat dan harga jualnya cukup mahal. Masa panennya pun sekitar tahun 3-4 bulan setiap tahunnya. Oleh karena itu buah ini langka dan mahal, makanya tidak heran jika masayrakat ini semangat untuk memburu mangga satu ini.

Dimakan Seperti Cara Makan Buah Alpukat

Istimewanya mangga ini ada pada rasanya yang lebih manis dan tahan lama. Beda dari jenis mangga yang biasa dikenal warga. Cara makannyapun cukup unik dan praktis. Tidak perlu dikupas. Kamu tinggal belah tengah dan putar menjadi dua bagian. Nah daging buahnya bisa langsung dimakan menggunakan sendok seperti sedang makan buah alpukat. Dari sinilah kronologi penyebutan mangga alpukat guys!

mangga alpukat titipku

Perbedaan Mangga Alpukat dan Mangga Arumanis

Pada dasarnya, si mangga alpukat merupakan mangga gadung 21 yang acapkali disamakan dengan mangga arumanis 143. Hal ini ditilik dari kemiripan bentuk keduanya.

Ukurannya Lebih Besar

Anak kembarpun pasti ada bedanya. Seperti kedua mangga ini, meski mirip mangga ini memiliki beberapa perbedaan. Gadung 21 mempunyai ukuran buah yang lebih besar dengan pangkal buahnya lebih bulat daripada arumanis 143.

Kadar Pati Lebih Tinggi

Selain itu, gadung 21 juga mempunyai kadar pati yang lebih tinggi dari pada arumanis. Ini alasan sesungguhnya dari perbedaan kedua jenis mangga ini yang berpengaruh pada cita rasa yang jelas berbeda.

Wajib Matang di Pohon

Nah terakhir, untuk bisa menyantap mangga alpukat secara sempurna baik dari rasa dan kadar patinya, mangga alpukat harus dipanes dan masak di pohon. Bukan mangga yang diperam (masih muda dipaksa matang).

Pesan Buah Dari Pasar!

Hey kamu, kamu yang suka makan mangga, bisa lho pesan via Titipku. Buah yang kamu beli langsung dari pasar. membeli dari pedagang UKM berarti membantu untuk terus memajukan tulang punggung Indonesia.. 🙂

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “Mangga Alpukat vs Mangga Arumanis, Bagaimana Perbedaannya?”

Tinggalkan Balasan