Masker Alami Ini Buat Rambut Lebih Sehat

Banyak orangmengeluhkan masalah pada rambutnya, entah itu rontok, ketombe, atau kering. Bagaimana dengan rambutmu?

Sama halnya dengan kulit, rambut juga perlu dijaga agar selalu sehat ternutrisi. Rambut yang sehat, lebat, dan berkilau biasanya menjadi ciri rambut sehat.

Biasanya, sebelum masa pandemi, salon menjadi tujuan favorit untuk perawatan rambut. Tapi kalau sekarang, rasanya masih belum terlalu aman mengingat COVID-19 bisa mengintai siapa saja. Nah, kenapa nggak coba perawatan rambut #DiRumahAja dengan bahan alami? Simak, yuk, tips di bawah ini.

 

Lidah Buaya

Tanaman yang mempunyai nama latin Aloe vera ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk rambut.  Lendir dari lidah buaya dipercaya membantu memperkuat akar rambut sehingga masker ini sangat cocok buat kamu yang punya masalah rambut rontok.

Siapkan lidah buaya yang sudah bersih. Kemudian hilangkan duri pada bagian sampingnya dan belah sampai dagingnya terlihat. Kamu bisa menyendok dagingnya kemudian memblendernya sampai kental dengan tambahan sedikit madu. Langsung gosokkan campuran itu pada kulit kepala dan batang rambut. Diamkan 10-20 menit lalu bilas sampai bersih.

Bayam

Siapa sangka, sayuran hijau ini juga bermanfaat untuk rambut. Dikutip dari fimela.com, bayam memiliki kandungan berbagai vitamin yang dapat menutrisi kulit kepala, akar, sampai batang rambutmu, seperti K, A, C, B2, B6, B1, E, zat besi, dan omega-3.

Untuk membuat masker rambut dari bayam, kamu cukup menambahkan minyak zaitun dan madu. Lalu, blender bersama dengan bayam sampai mengental. Saring terlebih dulu jika tidak ingin ada ampasnya. Oleskan pada seluruh bagian rambut dan tunggu sampai 20 menit. Setelah itu, bilas dengan shampoo.

Alpukat

Kandungan pelembab alami, protein, dan asam amino yang terdapat dalam alpukat akan semakin maksimal mengurangi ketombe jika dikombinasikan dengan minyak tea tree. Khasiat dari minyak tea tree ini adalah menyeimbangkan minyak pada kulit sehingga mencegah penumpukkan berlebih yang bisa menimbulkan ketombe.

Kamu cukup menyiapkan daging alpukat matang yang sudah dipisahkan dari kulit dan bijinya, 2 sendok madu, dan 1 – 3 tetes minyak tea tree (ini bisa kamu dapatkan di toko-toko). Hancurkan alpukat dan aduk bersama bahan tambahan tadi sampai menjadi pasta. Oleskan campuran alpukat, madu, dan tea tree oil ke kulit kepalamu sambil pijat perlahan. Oleskan juga ke seluruh batang rambutmu. Biarkan meresap sampai sekitar 20 menit labilas dengan sampo dan conditioner.

Itu dia tiga bahan alami yang bisa kamu jadikan masker rambut mingguanmu. Kalau kamu rutin melakukannya, maka khasiat yang didapat juga akan semakin terasa.

Kesulitan mencari bahan untuk masker alaminya? Tenang, di Titipku tersedia kok! Titipku adalah aplikasi belanja kebutuhan harian secara online. Di sini, kamu bisa membeli madu, alpukat, dan bahan alami lainnya yang dibutuhkan untuk membuat masker alami. Masalah ongkir jangan khawatir, ada promo potongan ongkir yang buat biaya antar hemat. Unduh aplikasi Titipku di sini.

Tinggalkan Balasan