Tips Mengolah Brokoli Agar Tetap Kriuk dan Kaya Nutrisi

Sama seperti saat kamu memasak sayur pada umumnya, mengolah dan memasak brokoli juga dapat mempengaruhi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kandungan nutrisi pada brokoli memang sangat mudah terurai, terutama saat terkena suhu panas. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui suhu yang tepat untuk mengolah brokoli.

 

Kandungan Gizi Pada Brokoli

Dilansir dari Kumparan.com, setiap 90 gram brokoli mentah menyediakan 90-108% dari kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan. Vitamin C inilah yang menjadi sumber gizi yang bersifat peka terhadap panas, sehingga ketika dimasak terlalu lama, kandungannya akan hilang.

Brokoli yang ditumis dan direbus, mampu menurunkan kandungan vitamin C sebesar 33-38%. Sementara itu, jika sayur ini diolah dengan metode lain seperti menggunakan microwave, merebus, dan menumis, juga akan merusak kandungan klorofilnya, sehingga warnanya tidak hijau segar lagi.

Baca Juga: Membekukan Brokoli Agar Tetap Segar, Ini Caranya

 

Metode Terbaik untuk Mengolah Brokoli

Metode terbaik untuk mengolah brokoli adalah dengan cara mengukusnya. Selain gizinya terjaga, mengukus brokoli juga dapat membuat rasa dan tekstur renyahnya tetap terjaga.

Cara untuk mengukus brokoli cukup mudah. Pertama, kamu perlu memotong bunga brokoli dari batangnya, kemudian, iris-iris bunga brokoli menjadi ukuran sekitar 1,5 inchi. Kedua, usai dipotong, taruh brokoli ke saringan, lalu cuci brokoli di bawah air mengalir. Tujuan mencuci adalah untuk menghilangkan bakteri yang menempel.

Jika brokoli sudah bersih, masukkan sayur tersebut ke dalam alat kukus yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 2 menit. Tutup rapat alat kukus, dan kukuslah selama 5 hingga 6 menit. Setelah itu, angkat brokoli dan pindahkan ke piring. Brokoli kukus siap dinikmati.

Baca Juga: Brokoli Vs Kembang Kol, Serupa Tapi Tak Sama

 

 

Rupanya mengolah brokoli dengan menjaga tekstur renyah dan nutrisinya tidak terlalu sulit ya. Kamu tinggal perlu membersihkannya lalu mengukusnya saja. Yuk langsung coba dipraktikkan!

Jika kamu kehabisan pasokan brokoli, kamu bisa membelinya lewat Titipku. Di Titipku, lagi ada promo ASIK RAMADAN yang bakal kasih kamu diskon hingga Rp100.000! Caranya: cukup masukkan Kode Promo ASIKRAMADAN di kolom promo yang tersedia. Lalu, klik “Pakai” dan kamu bisa langsung menikmati potongan harganya. Promo ini hanya berlaku hingga 10 April 2021, jadi jangan sampai kelewatan ya.

Download Titipku dan selamat berbelanja murah #DariRumah.

Tinggalkan Balasan