Menilik Item Fashion Kekinian, Tote Bag

totebag jogja, totebag polos, totebag miniso, totebag kanvas, totebag hitam, totebag mini, totebag blacu, totebag polos jogja, tote bag adalah, tote bag adidas, totebag army, tote bag artinya, tote bag apa, tote bag alfamart, tote bag ala korea, tote bag alice mini, tote bag art, tote bag aesthetic, a tote bag, a tote bag shopping,

Titipku – Tren gaya busana di kalangan anak muda beberapa tahun terakhir ini mengalami perputaran yang pesat. Dari tahun ke tahun terasa ada saja gaya busana kekinian yang digemari oleh anak muda. Tak hanya pakaian saja, segala macam item maupun aksesoris kekinian juga banyak digemari untuk menunjang penampilan.

Anak-anak muda seolah menjadi trendsetter yang mencolok. Golongan ini berperan besar dalam perkembangan tren dari waktu ke waktu. Tak sedikit dari mereka mampu dan berani untuk totalitas agar bisa mengikuti perkembangan tren yang sedang hits.

Salah satu item fashion di kalangan anak muda adalah tote bag. Belakangan ini keberadaan tote bag sangat populer. Item yang satu ini memiliki banyak penggemar. Mulai dari anak sekolah hingga mahasiswa. Baik perempuan maupun laki-laki, sudah tak malu-malu lagi mengenakan tote bag. Mengingat sebelum ini, penggunaan tote bag kurang diminati anak muda laki-laki. Saat ini desainnya sudah beragam sehingga memberikan peluang pada laki-laki untuk bisa tampil keren dengan memakai tas ini.

totebag, totebag jogja,
instagram/ @jogja_totebag
Asal Muasal Totebag

Dirunut dari sejarahnya, tote bag merupakan tas klasik dari Amerika. Penggunaannya mulai populer pada tahun 1994 sejak LL Bean’s mengeluarkan Boat Bag. Tas ini terbuat dari kain kanvas yang didesain untuk para pelaut. Bentuknya sederhana namun kokoh membuat banyak orang tertarik terutama perempuan. Nah, sejak saat itu tote bag menjadi sangat marak di pasaran.

Aneka model dan warna tote bag juga beragam, seiring dengan permintaan pasar. Desain tote bag bisa dikatakan up to date. Selain itu, terdapat keberagaman selera anak-anak muda. Hal ini membuat banyak pengusaha tote bag menyediakan custom sehingga konsumen dapat memiliki tote bag dengan motif dan warna yang sesuai dengan seleranya. Dengan begitu, jenis tas ini bisa menjadi pelengkap yang pas untuk outfit of the day.

Kegunaannya juga sudah beragam. Namun tote bag memang lebih cocok untuk kegiatan-kegiatan biasa seperti jalan-jalan atau untuk kuliah. Maklum, mahasiswa jaman sekarang memiliki kecenderungan hanya membawa sedikit barang yang seperlunya saja. Biasanya tote bag berisi buku catatan kecil, ballpoint, ponsel, charger ponsel,flashdisk, dan sebagainya.

Tote bag dinilai praktis

Tote bag dinilai praktis. Orang-orang tetap memakai tote bag untuk menunjang penampilan, padahal desain tote bag bagus justru memiliki dimensi yang lapang sehingga bisa memuat banyak barang. Ibarat kantong doraemon, semua barang dapat dijejalkan jadi satu ke dalam tas ini. Dengan begitu, mobilitas penggunanya tidak akan terganggu karena tidak kesulitan untuk membawa barang bawaan.

totebag jogja, totebag polos, totebag miniso, totebag kanvas, totebag hitam, totebag mini, totebag blacu, totebag polos jogja, tote bag adalah, tote bag adidas, totebag army, tote bag artinya, tote bag apa, tote bag alfamart, tote bag ala korea, tote bag alice mini, tote bag art, tote bag aesthetic, a tote bag, a tote bag shopping,
Instagram via @adeliadeldel_

Dari segi harga, tote bag termasuk sebagai jenis tas dengan harga yang terjangkau. Banyak produsen yang menawarkan harga “minimal” dengan kualitas prima. Model tote bag semakin variatif dengan bahan kanvas, nilon, goni maupun kulit. Tote bag dapat bertahan sampai bertahun-tahun meski memiliki harga yang terjangkau. Perawatannya pun juga mudah. Cukup mencucinya seperlunya, mengingat tote bag terbuat dari kain biasa.

Sekilas tote bag memang hanya seperti tas selempang biasa. Desainnya saja lebih simple dan terkesan ringkas. Apalagi model tas seperti ini tidak cepat membuat kedua bahu sakit, karena dapat dipikul secara bergantian. Tote bag ternyata juga relatif aman dari bentuk kejahatan. Saat kamu memakai tote bag, otomatis letak tasnya melekat pas di samping tubuh dan terhimpit ketiak. Dengan begitu, tas dapat terlindungi secara langsung. Posisi tas dapat digeser ke depan dada kalau ingin lebih aman.

Berbicara tentang tote bag bagus, rupanya banyak produsen tote bag yang masih tergolong sebagai pengusaha kecil-menengah. Bahkan pemiliknya banyak yang anak muda. Mereka mampu membaca peluang pasar sehingga tergerak untuk membuka usaha. Ada beragam desain tote bag, mulai dari yang umum hingga unik. Berbicara mengenai hal unik, desain tote bag juga ada yang melibatkan motif batik atau motif tradisional lainnya. Dan itu merupakan produk UMKM, lho! Jadi tidak melulu makanan saja yang berasal ]dari UMKM. He he he.

Ayo belanja di Titipku! Produk UMKM asli Indonesia ternyata merambah ke barbagai kalangan. Buktinya tote bag ini. Anak muda pun berpeluang besar untuk memajukan UMKM. Selera, kreativitas, dan pangsa pasar anak muda dapat membantu pertumbuhan perekonomian negara.

Mungkin ada yang memandang usaha tote bag hanya sebagai “pengikut” pasar atau usaha sambilan saja. Tetapi bentuk usaha-usaha ini justru memiliki nilai lebih. Banyak anak muda yang mandiri dan kreatif sehingga dapat berkontribusi terhadap tulang punggung perekonomian Indonesia. 

sumber artikel: radarbanten.co.id, fimela.com, hipwee.com

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan