10 Jenis Sambal di Indonesia Ini Bikin Nagih, Kamu Suka Nomor Berapa Nih?

sambal matah bali, sambal tomat, jenis sambal di Indonesia, macam-macam di Indonesia

Titipku – Kuliner Indonesia itu terkenal beragam. Dari mulai jenis nasi, jenis daging, sampai jenis sambal di Indonesia. Jenis-jenis sambal di Indonesia sendiri ditilik dari yang manis, gurih, sampai pedas. Kalau kamu pecinta sambal, makan tanpa ketidakhadiran sambal pasti akan terasa kurang afdol. Tapi sambal apa saja sih yang sering ada di mejamu? Berikut ini ada 10 jenis sambal di Indonesia yang khas nusantara banget.

Sambal Matah – Bali

Sambal Matah dari Bali ini terkenal dengan tampilannya yang eksotis dari pulau Dewata. Uniknya adalah penyajannya. Sambal matah ini disajikan semi mentah dan tidak digerus. Layanya salad leat yang pedas. Bahan-bahannya ada bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan daun jeruk purut.semuanya diiris halus dan perasan jeruk nipis dicampur menjadi satu. Tambahi jga tiga batang serai. Baca Selengkapnya

Mudah Kok Bikin Salad Buah Enak, Ikuti 5 Langkah Resep Membuat Salad Ini Yuk!

cara mambuat salad buah, langkah membuat salad buah, langkah membuat salad enak, cara membuat salad buah enak, cara membuat salad buah enak,

Titipku – Salah satu kudapan lezat bin bergizi karena si kudapan atau camilan kali ini terdiri dari buah-buahan yang memiliki gizi tinggi. Yaps, Salad! Camilan sehat ini bagus dikonsumsi terutama untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Bisa juga dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program diet atau menjaga berat badan ideal dengan menikmati camilan sehat dan tetap enak.

Salad buah sendiri sudah banyak dijual di berbagai restoran bahkan warung-warung kecil. Daripada harus membeli, kenapa tidak mencoba sendiri membuat salad buah di rumah yan lebih terjamin sehat dan higienis. Yuk coba nih resep membuat salad buah enak. Baca Selengkapnya

Resep Pempek Palembang Ala Rumahan

tips membuat pempek palembang, cara membuat pempek palembang, resep membuat pempek palembang. cara membuat pempek yang mudah,

Titipku – Siapa rindu makanan khas bumi Sriwijaya? Sekarang tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke lokasi menikmati makanan olahan ikan ini. Kamu juga bisa bikin di rumah lho! Bagaimana caranya? Simak yuk resep pempek Palembang ala rumahan ini yuk!

Bahan-bahan Pempek Palembang

Sebelum kamu eksekusi, perhatikan baik-baik bahan-bahan pempeknya ya.

  • 500 gram ikan tenggiri
  • 200 gram tepung sagu / aci
  • 100 ml air es
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdtt merica bubuk
  • 1 sachet kaldu bubuk
  • 2 butir telur
  • 2 butir telur rebus untuk isian

Bahan-bahan Cuko / Cuka

  • 2 bawang putih
  • 500 gram gula merah kualitas baik
  • Air asam Jawa
  • 5 biji cabe rawit merah
  • 2 biji cabe merah keriting
  • 1 sdt garam
  • 1000 ml air
  • Secukupnya cuka meja

Pelengkap

  • Timun
  • Soun/bihun
  • Ebi bubuk

Langkah-Langkah Membuat Pempek Palembang

Pertama, pisahkan daging ikan dari duri dan kulitnya. Kemudian masukan bawang putih dan air es. Selanjutnnya blender sampai hancur. Kemudian masukan ke dalam baskom. Masukan juga 2 butir telur, merica/lada, merica, dan juga penyedap rasa. Aduk hingga rata. Baca Selengkapnya

4 Cara Agar Pisang Tidak Cepat Cokelat

tips agar pisang tidak cepat busuk, cara agar pisang tidak cepat cokelat, cara agar pisang tidak cepat terlalu masak

Titipku – Buah yang tumbuh di Indonesia ini berubah menjadi cokelat karena ada banyak pengaruhnya. Saat kamu memotong pisang, oksigen di udara ini mempengaruhi enzim yang ada di dalam pisang. Oleh karena itu, pisang berubah warna menjadi kecokelatan.

Sementara itu, saat kulit psang berubah warna menjadi cokelat, ini terjadi karena pengaruh pigmen kuning pada kulit pisang telah turun dan tidak diganti. Kenali lebih lanjut yuk ilmu di balik penyebab matangnya pisang juga penting, agar kamu bisa tetap menjaga pisang tetap segar, lezat, dan dapat dimakan. Berikut ini 4 cara agar pisang tidak cepat cokelat. Baca Selengkapnya

Bernostalgia di Pasar Kangen Yogyakarta

pasar kangen jogja, pasar kangen jogja 2018, pasar kangen yogyakarta, pasar kangen yogyakarta 2018

Titipku – Pasar Kangen Jogja 2018 bertajuk Pasrawungan Ajur Ajer resmi dibuka di Taman Budaya Yogyakarta. Tema yang diusung Pasar Kangen Yogyakarta adalah semangat toleransi dan saling menghargai antara penjual dan pembeli.

Dari hasil redaksi harianjogja.com, Pasar Kangen kali ini berbeda dengan sebelumnya. Tema Pasar Kangen Jogja ke-11 ini diwujudkan dengan merangkul sekitar 28 mahasiswa anggota Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM) dalam penyelenggaraan stan kuliner.

Acara ini digelar mulai tanggal 7 hingga 16 juli 2018. Yuliana Eni Lestari Rahayu, selaku Kepala Taman Budaya Yogyakarta (TBY) mengatakan penyelenggaraan tahun ini adalah dengan merangkul IKPM untuk membuat makanan khas daerah mereka di stan kuliner. Baca Selengkapnya

Begini, Tips Agar Buah Tidak Menjadi Kecokelatan Karena Oksidasi

cara agar apel tidak kecokelatan, tips supaya apel tidak berubah kecokelatan

Titipku – Habis potong-potong buah kemudian ditinggal sebentar eh sudah tidak segar lagi. warnanya berubah menjadi kecokelatan dalam hitungan menit saja. Hmm kesel kan ya dan malas makan lagi. Belum lagi ditambah hewan yang mengelilinginya. Akan tetapi jangan khawatir, ada banyak cara untuk mencegah ini. Sehingga buah yang kamu kupas misalnya apel nih bisa tetap cerah dan renyah kapan saja. simak nih tips agar buah tidak menjadi kecokelatan ala id.wikihow.

Gunakan air lemon

Buah apel adalah buah yang paling sering dan cepat berubah menjadi kecokelatan. Pasalnya ada kandungan enzim yang bereasi dengan oksigen di udara atau dikenal dengan istilah oksidasi. Nah tips yang pertamaadalah menggunakan air lemon. Karena air lemon ini memiliki kandungan asam sitrat yang merupakan antioksidan yang efektif. Metode ini paling cocok digunakan untuk jenis apel yang lebih manis karena air lemon akan menambah rasa getir. Baca Selengkapnya

Cara Mencuci Buah dan Sayur Bebas Pestisida dan Bakteri

tips mencuci buah dan sayur, cara mencuci buah dan sayur, cara mencuci sayur dan buah

Titipku – Suka makan sayur dan buah? Jangan pernah memakan buah dan sayur tanpa dicuci terlebih dahulu. Bukan hanya tentang pestisida, kamu juga harus waspada pada kuman dan bakteri berbahaya seperti halnya salmonella dan e.colli yang sering ada di buah-buahan dan sayuran mentah. Lalu, bagaimana cara membersihkan buah dan sayur bebas pestisida dan bakteri? Perhatikan tips cuci buah dan sayur agar terhindar dari penyakit. Berikut caranya dari hellosehat.com

Cuci tangan sebelum mencuci buah

Sebelum kamu mencuci buah atau sayuran, baiknya cuci tangan terlebih dahulu. hal yang sama juga harus kamu lakukan setelah selesai mencuci buah ya! Baca Selengkapnya

Pasar Giwangan: “Gemah Ripah” Si Pasar Induk Buah dan Sayur Jogja

pasar giwangan, pasar induk giwangan, pasar giwangan jogja, pasar buah dan sayur jogja, pasar induk buah dan sayur jogja, pasar di jogja, pasar tradisional jogja, pasar buah jogja

Titipku – Pernah ngga sih kamu banding harga pasar A dan pasar B perihal harga sayur dan buah ayng dijual? Dan pernah nggak sih kamu berpikir sebenarnya selain ke petani langsung itu dimana yang bisa jual buah dan sayur segar dengan harga yang sangat terjangkau alias induknya. Buat yang di Jogja perlu tahu nih, adalah pasar Giwangan, sebuah pasar induk buah dan sayur kota Jogja. Maksudnya induk adalah pasar stok buah dan sayur pertama sebelum didistribusikan ke pasar lainnya.

Pasar Giwangan ini merupakan pasar di kota Gudeg yang bukka 24 jam nonstop lho! berada di Jalan Imogiri No 212 Yogyakarta, pasar ini merupakan pasar induk satu-satunya yang beroperasi selama 24 jam nonstop. Meski buka 24 jam selama 7 hari, aktivitas paling tinggi pasar buah dan sayur Jogja ini adalah pada sore hari menjelang senja. Saat yang mana arus suplai barang dagangan dari petani atau pedagang berada pada titik maksimal. Baca Selengkapnya

Resep Sate Taichan Endess, Terobosan Sate Masa Kini

resep sate taichan goreng enak, resep sate taichan simple, resep sate taichan bakar, resep sate taichan ayam, resep sate taichan ala restoran, resep sate taichan adalah, resep sate taichan ala rumahan, resep sate taichan just try and taste, bumbu sate taichan resep, resep cara membuat sate taichan, cara resep sate taichan, cari resep sate taichan, resep cara buat sate taichan, resep sate taichan dan sambal, resep dan bumbu sate taichan, resep sate taichan yang enak, resep membuat sate taichan enak

Titipku – Yang suka dengan sate mana suaranya? Sate apa saja sih yang kalian suka? Sate yang biasa kita lihat identic dengan tusukan daging-daging potong dibumbui baik kecap maupun kacang. Seperti sate klathak Jogja ataupun sate Madura. Nah, bagaimana dengan sate taichan? Sudah pernah makan sate yang sedang diganderungi masyarakat Indonesia ini?

Sate taichan berbeda dengan sate pada umumnya. Tampilan daging sate yang ditusuk adalah daging putih. Tidak hanya itu, sate taichan ini juga tidak dilengkapi bumbu kacang. Namun sambal cabai. Uniknya lagi, rasa asin, asam dan pedas menjadi satu di dalam hidangan sate yang hanya dibuat dari daging dada ayam. Daging ayam yang lembut dan bumbunya seolah menjadi kombinasi pas yang  menggoyang lidah. Baca Selengkapnya

Tempe Bungkus Daun atau Tempe Bungkus Plastik Nih? Simak Bedanya!

tempe goreng, tempe plastik, tempe bungkus plastik, tempe bungkus daun, bedanya tempe plastik dan tempe daun, perbedaan tempe bungkus daun dan tempe bungkus plastik, tempe adalah, tempe mendoan, tempe kedelai, tempe shuriken

Titipku – Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak awam dengan makanan favorit satu ini, tempe. Tempe yang biasa kita lihat dan beredar di pasaran baik pasar modern ataupun pasar tradisional adalah tempe bungkus plastik dan tempe bungkus daun. Menurut kamu, manakah yang lebih baik, tempe bungkus daun atau tempe bungkus plastik?

Jika kamu belanja ke sebuah daerah atau perkotaan kecil sih tidak perlu khawatir untuk memperoleh tempe dengan bungkus daun pisang. Sementara, di kota besar atau papsar perkotaan biasanya akan lebih sering ditemukan tempe dengan bungkus plastik. Baca Selengkapnya