Pasar Kranggan, Jelajah Surga Jajanan Tradisional Dan Aneka Kebutuhan Lainnya

pasar kranggan jogja, pasar kranggan, lokasi pasar kranggan, jajan pasar kranggan jogja

Titipku – Kota Gudeg memiliki banyak sekali pasar tradisional. Tidak hanya Pasar Beringharjo, Pasar Pathuk, Pasar Demangan, atau Pasar Giwangan, Pasar Kranggan juga menjadi pasar tradisional yang populer di Jogja.

Pasar Kranggan Sarat Sejarah

Umumnya, setiap bangunan atau lokasi yang berdiri di Jogja memang sarat akan sejarah dan kebudayaan. Pasar Kranggan salah satunya. Pasar yang dibangun atas permintaan Tumenggung Rangga Prawirasantika ini dibangun pada tanggal 15 Agustus 1978.

Nama Kranggan ini diambil dari tumenggung Rangga Prawirasantika sendri, seorang tumenggung yang hidup pada masa penjajahan Belanda. Daerah atau pasar yang ada di kawasan ini akhirnya diberi nama Kranggan dari kata Ka-Rangga-an.

pasar kranggan jogja, pasar kranggan jogja, jajan pasar jogja
Instagram via j.c.s.wicaksono

Lokasi Berburu Jajanan Pasar di Pasar Ini

Pasar Kranggan juga menjadi buruan pasar yang menyediakan aneka jajanan tradisonal. Lokasinya ada di bagian depan pasar alias di jalan Diponegoro. Ada puluhan pedagang yang menjual puluhan jajanan pasar nyaman dilidah dan harga ramah. Jajanan pasar yang bisa kamu beli diantaranya adalah lemper, arem-arem, serabi, kue talam, pisang goreng, clorot, mata kebo, dan aneka gorengan.

Selain dikenal sebagai salah satu sentra jajanan tradisional, pasar yang berdiri di atas lahan seluas 7400 meter ini juga dikenal sebagai pasar yang menjual bunga tabur. Sebagaimana pasar lainnya, pasar Kranggan juga menjual aneka kebutuhan sehari-hari seperti buah, sayur, sembako, konveksi, hingga perhiasan emas, dan termasuk salah satu pasar yang tersedia daging babi di Jogja.

Instagram: @priyantomo_insta

Lokasi dan Jam Buka

Untuk kamu yang masih bingung dimana lokasi pasar ini, kamu bisa langsung menuju ke Jl. Pangeran Diponegoro No.29, Yogyakarta (barat Tugu Pal Putih). Jam buka 05.00 – 18.00 WIB.

 Yuk, Lengkapi Kebutuhanmu dengan Belanja di Pasar Kranggan melalui Titipku!

Belanja apa saja di Pasar Kranggan kini semakin mudah. Kamu cukup pesan dari rumah, dan tim Jatiper Titipku yang membelikan. Bahkan ada gratis ongkir untuk 10 orang pembeli setiap hari* Ayo belanja lebih mudah, lebih hemat, harga merakyat dengan titip beli di Titipku! 🙂

Baca Juga Pasar Tradisional Laiinya:

Kalau kamu di Jogja, kamu bisa pilih pasar sesuai kebutuhan kamu dari Titip ke Pasar by Titipku:

Pasar Beringharjo
Pasar Kranggan
Pasar Demangan
Pasar Sambilegi
Pasar Condongcatur
Pasar Prawirotaman, dll

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

16 thoughts on “Pasar Kranggan, Jelajah Surga Jajanan Tradisional Dan Aneka Kebutuhan Lainnya”

Tinggalkan Balasan