Perbedaan Lama Waktu Puasa di Berbagai Negara

Beruntung deh kalau di Indonesia, karena waktunya bisa pas banget! Tapi kalau boleh memilih, mending ke Chili aja kali ya biar puasanya lebih cepet ~

Titipku – Penasaran nggak sih bagaimana umat Islam di seluruh dunia menjalani waktu berpuasa? Berikut Titipku rangkum dari phinemo.com tentang perbedaan lama waktu puasa di berbagai negara.

Di Indonesia umat muslim akan melakukan puasa selama 13 jam setiap hari. Saat kamu datang ke negara-negara ini, kamu akan merasakan perbedaan waktu puasa yang tidak seperti di Indonesia.

Chili: 9 jam

waktu puasa di dunia 2018, waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa terpendek di dunia, waktu puasa tercepat di dunia, waktu puasa di seluruh dunia, durasi waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama di dunia 2018, perbedaan waktu puasa di dunia, urutan waktu puasa di dunia, waktu puasa di berbagai dunia, waktu buka puasa tercepat di dunia, waktu buka puasa terlama di dunia, perbedaan waktu berbuka puasa di dunia, waktu buka puasa paling lama di dunia, waktu berbuka puasa paling cepat di dunia, daftar waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama dan tercepat di dunia, waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia, negara dengan waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa negara negara di dunia, negara dengan waktu puasa tercepat di dunia, pembagian waktu puasa di dunia, waktu puasa paling singkat di dunia, waktu puasa paling panjang di dunia, penyebab perbedaan waktu puasa di seluruh dunia, waktu puasa ramadhan di seluruh dunia, waktu berpuasa di seluruh dunia, waktu berbuka puasa di seluruh dunia, waktu puasa seluruh dunia, waktu puasa terpendek dunia, waktu puasa terlama dan terpendek di dunia,
https://www.hellomagazine.com

Pemandangan seni budaya juga atraksi wisata di Santiago memang sering jadi tujuan turis. Sekalipun dibulan puasa, kamu tidak perlu khawatir karena negara bagian Amerika Selatan ini punya waktu puasa 9 jam dalam sehari. Biasanya waktu imsak di sini jatuh pada pukul 05.31 pagi dan kamu akan berbuka pukul 15.00 waktu setempat.

Argentina: 10 jam

waktu puasa di dunia 2018, waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa terpendek di dunia, waktu puasa tercepat di dunia, waktu puasa di seluruh dunia, durasi waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama di dunia 2018, perbedaan waktu puasa di dunia, urutan waktu puasa di dunia, waktu puasa di berbagai dunia, waktu buka puasa tercepat di dunia, waktu buka puasa terlama di dunia, perbedaan waktu berbuka puasa di dunia, waktu buka puasa paling lama di dunia, waktu berbuka puasa paling cepat di dunia, daftar waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama dan tercepat di dunia, waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia, negara dengan waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa negara negara di dunia, negara dengan waktu puasa tercepat di dunia, pembagian waktu puasa di dunia, waktu puasa paling singkat di dunia, waktu puasa paling panjang di dunia, penyebab perbedaan waktu puasa di seluruh dunia, waktu puasa ramadhan di seluruh dunia, waktu berpuasa di seluruh dunia, waktu berbuka puasa di seluruh dunia, waktu puasa seluruh dunia, waktu puasa terpendek dunia, waktu puasa terlama dan terpendek di dunia,
https://www.tripsavvy.com

Pada umumnya masyarakat muslim di Argentina menjalani puasa sekitar 10 jam setiap hari. Di sana, penganut muslim memang sangat sedikit. Sekitar 400 jiwa dari total penduduk seluruhnya. Meskipun demikian, penduduk di sana dinilai memiliki rasa toleransi dan menghormati ibadah agama lain.

Di Buenos Aires, ibukota Argentika terdapat sebuah masjid besar yang menjadi pusat studi Islam di Argentina dan negara-negara Amerika Latin. Masjid megah ini dibangun atas bantuan Raja Fahd dari Arab Saudi.

Australia: 11 jam

waktu puasa di dunia 2018, waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa terpendek di dunia, waktu puasa tercepat di dunia, waktu puasa di seluruh dunia, durasi waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama di dunia 2018, perbedaan waktu puasa di dunia, urutan waktu puasa di dunia, waktu puasa di berbagai dunia, waktu buka puasa tercepat di dunia, waktu buka puasa terlama di dunia, perbedaan waktu berbuka puasa di dunia, waktu buka puasa paling lama di dunia, waktu berbuka puasa paling cepat di dunia, daftar waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama dan tercepat di dunia, waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia, negara dengan waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa negara negara di dunia, negara dengan waktu puasa tercepat di dunia, pembagian waktu puasa di dunia, waktu puasa paling singkat di dunia, waktu puasa paling panjang di dunia, penyebab perbedaan waktu puasa di seluruh dunia, waktu puasa ramadhan di seluruh dunia, waktu berpuasa di seluruh dunia, waktu berbuka puasa di seluruh dunia, waktu puasa seluruh dunia, waktu puasa terpendek dunia, waktu puasa terlama dan terpendek di dunia,
gpsmycity.com

Saat semua negara belahan dunia masuk pada musim panas, maka beda dengan Australia yang masuk ke musim dingin. Itulah alasan Australia hanya punya waktu puasa hanya 11 jam saja setiap harinya.

Afrika Selatan: 12 jam

waktu puasa di dunia 2018, waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa terpendek di dunia, waktu puasa tercepat di dunia, waktu puasa di seluruh dunia, durasi waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama di dunia 2018, perbedaan waktu puasa di dunia, urutan waktu puasa di dunia, waktu puasa di berbagai dunia, waktu buka puasa tercepat di dunia, waktu buka puasa terlama di dunia, perbedaan waktu berbuka puasa di dunia, waktu buka puasa paling lama di dunia, waktu berbuka puasa paling cepat di dunia, daftar waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama dan tercepat di dunia, waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia, negara dengan waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa negara negara di dunia, negara dengan waktu puasa tercepat di dunia, pembagian waktu puasa di dunia, waktu puasa paling singkat di dunia, waktu puasa paling panjang di dunia, penyebab perbedaan waktu puasa di seluruh dunia, waktu puasa ramadhan di seluruh dunia, waktu berpuasa di seluruh dunia, waktu berbuka puasa di seluruh dunia, waktu puasa seluruh dunia, waktu puasa terpendek dunia, waktu puasa terlama dan terpendek di dunia,
kba.one

Dibandingkan dengan Asia, Afrika juga punya waktu puasa yang cukup pendek yaitu 12 jam. Namun tantangannya adalah meski waktu puasa di sana lebih singkat daripada di Indonesia tapi suhu pada cuaca panas di sana menapai 30 derajat Celcius lho.

Brazil: 13 jam

waktu puasa di dunia 2018, waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa terpendek di dunia, waktu puasa tercepat di dunia, waktu puasa di seluruh dunia, durasi waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama di dunia 2018, perbedaan waktu puasa di dunia, urutan waktu puasa di dunia, waktu puasa di berbagai dunia, waktu buka puasa tercepat di dunia, waktu buka puasa terlama di dunia, perbedaan waktu berbuka puasa di dunia, waktu buka puasa paling lama di dunia, waktu berbuka puasa paling cepat di dunia, daftar waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama dan tercepat di dunia, waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia, negara dengan waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa negara negara di dunia, negara dengan waktu puasa tercepat di dunia, pembagian waktu puasa di dunia, waktu puasa paling singkat di dunia, waktu puasa paling panjang di dunia, penyebab perbedaan waktu puasa di seluruh dunia, waktu puasa ramadhan di seluruh dunia, waktu berpuasa di seluruh dunia, waktu berbuka puasa di seluruh dunia, waktu puasa seluruh dunia, waktu puasa terpendek dunia, waktu puasa terlama dan terpendek di dunia,
id.flitto.com

Negara dengan lama waktu puasa  di dunia hanya 13 jam adalah Brazil! Dengan destinasi wisata yang menarik, seperti pantai yang indah, negara ini juga tidak jarang dikunjungi oleh wisatawan di bulan Ramadhan.

Jerman: 18 jam

waktu puasa di dunia 2018, waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa terpendek di dunia, waktu puasa tercepat di dunia, waktu puasa di seluruh dunia, durasi waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama di dunia 2018, perbedaan waktu puasa di dunia, urutan waktu puasa di dunia, waktu puasa di berbagai dunia, waktu buka puasa tercepat di dunia, waktu buka puasa terlama di dunia, perbedaan waktu berbuka puasa di dunia, waktu buka puasa paling lama di dunia, waktu berbuka puasa paling cepat di dunia, daftar waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama dan tercepat di dunia, waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia, negara dengan waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa negara negara di dunia, negara dengan waktu puasa tercepat di dunia, pembagian waktu puasa di dunia, waktu puasa paling singkat di dunia, waktu puasa paling panjang di dunia, penyebab perbedaan waktu puasa di seluruh dunia, waktu puasa ramadhan di seluruh dunia, waktu berpuasa di seluruh dunia, waktu berbuka puasa di seluruh dunia, waktu puasa seluruh dunia, waktu puasa terpendek dunia, waktu puasa terlama dan terpendek di dunia,
Instagram via @dasha_sky

Sebagai negara yang dikenal sebagai Jantung Eropa, kebanyakan penduduk muslimnya mulai berpuasa sejak jam 4 pagi hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Ramadhan di Jerman menjadi tantangan yang cukup berat apalagi masuk dalam cuaca panas. Mungkin kamu akan merasakan cepat haus. Hehe tapi tetap semangat ya!

Inggris: 18 jam

waktu puasa di dunia 2018, waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa terpendek di dunia, waktu puasa tercepat di dunia, waktu puasa di seluruh dunia, durasi waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama di dunia 2018, perbedaan waktu puasa di dunia, urutan waktu puasa di dunia, waktu puasa di berbagai dunia, waktu buka puasa tercepat di dunia, waktu buka puasa terlama di dunia, perbedaan waktu berbuka puasa di dunia, waktu buka puasa paling lama di dunia, waktu berbuka puasa paling cepat di dunia, daftar waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama dan tercepat di dunia, waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia, negara dengan waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa negara negara di dunia, negara dengan waktu puasa tercepat di dunia, pembagian waktu puasa di dunia, waktu puasa paling singkat di dunia, waktu puasa paling panjang di dunia, penyebab perbedaan waktu puasa di seluruh dunia, waktu puasa ramadhan di seluruh dunia, waktu berpuasa di seluruh dunia, waktu berbuka puasa di seluruh dunia, waktu puasa seluruh dunia, waktu puasa terpendek dunia, waktu puasa terlama dan terpendek di dunia,
Instagram via @takeyourliberty

Inggris dikenal menjadi negara berikutnya yang menjadi negara dengan lama waktu puasa paling lama di dunia yaitu 18 jam. Hal itu terjadi karena Ramadhan datang bersamaan dengan musim panas terpanjang di Inggris.

Umat muslim yang tinggal di Inggris jumlahnya ada sekitar 2,7 juta. Untuk menghindari berbagai penyakit saat musim panas, komunitas muslim di Inggris sangat gencar mengingatkan anggotanya agar senantiasa menjaga kesehatan selama puasa.

Swedia: 20 jam

waktu puasa di dunia 2018, waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa terpendek di dunia, waktu puasa tercepat di dunia, waktu puasa di seluruh dunia, durasi waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama di dunia 2018, perbedaan waktu puasa di dunia, urutan waktu puasa di dunia, waktu puasa di berbagai dunia, waktu buka puasa tercepat di dunia, waktu buka puasa terlama di dunia, perbedaan waktu berbuka puasa di dunia, waktu buka puasa paling lama di dunia, waktu berbuka puasa paling cepat di dunia, daftar waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama dan tercepat di dunia, waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia, negara dengan waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa negara negara di dunia, negara dengan waktu puasa tercepat di dunia, pembagian waktu puasa di dunia, waktu puasa paling singkat di dunia, waktu puasa paling panjang di dunia, penyebab perbedaan waktu puasa di seluruh dunia, waktu puasa ramadhan di seluruh dunia, waktu berpuasa di seluruh dunia, waktu berbuka puasa di seluruh dunia, waktu puasa seluruh dunia, waktu puasa terpendek dunia, waktu puasa terlama dan terpendek di dunia,
Instagram via @sweden

Padahal waktu kita hanya 24 jam yah, 20 jamnya sendiri sudah harus berpuasa kalau di Swedia. Tidak lama setelah berbuka, eh sudah sahur lagi. Ya inilah tantangan kalau kamu berada di Swedia. Kalau jelajah Swedia saat bulan puasa, alangkah lebih baiknya jika kamu mengisi waktu dengan berkunjung ke tempat wisata seperti museum yang dibuka dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore. Ya lumayan gitu cicil jam buka biar tidak terasa. 😀

Alaska: 20 jam

waktu puasa di dunia 2018, waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa terpendek di dunia, waktu puasa tercepat di dunia, waktu puasa di seluruh dunia, durasi waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama di dunia 2018, perbedaan waktu puasa di dunia, urutan waktu puasa di dunia, waktu puasa di berbagai dunia, waktu buka puasa tercepat di dunia, waktu buka puasa terlama di dunia, perbedaan waktu berbuka puasa di dunia, waktu buka puasa paling lama di dunia, waktu berbuka puasa paling cepat di dunia, daftar waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama dan tercepat di dunia, waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia, negara dengan waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa negara negara di dunia, negara dengan waktu puasa tercepat di dunia, pembagian waktu puasa di dunia, waktu puasa paling singkat di dunia, waktu puasa paling panjang di dunia, penyebab perbedaan waktu puasa di seluruh dunia, waktu puasa ramadhan di seluruh dunia, waktu berpuasa di seluruh dunia, waktu berbuka puasa di seluruh dunia, waktu puasa seluruh dunia, waktu puasa terpendek dunia, waktu puasa terlama dan terpendek di dunia,
legendary.nature

Negara yang sering disebut sebagai Land of the Midnight Sun ini juga ada yang memiliki tradisi berbeda saat menjalani puasa. Sebagian dari masayarakat muslim di sana berpuasa mengikuti waktu di Mekkah dengan puasa 15 jam sehari. Nah sebagian lainnya mengikuti waktu setempat dengan puasa 20 jam sehari.

Lamanya jadwal puasa disebabkan karena saat memasuki bulan Ramadhan, Alaska sedang mengalami musim panas. Tapi kalau jatuh di musim dingin, umat muslim hanya berpuasa 5 jam sehari.

Islandia: 22 jam

waktu puasa di dunia 2018, waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa terpendek di dunia, waktu puasa tercepat di dunia, waktu puasa di seluruh dunia, durasi waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama di dunia 2018, perbedaan waktu puasa di dunia, urutan waktu puasa di dunia, waktu puasa di berbagai dunia, waktu buka puasa tercepat di dunia, waktu buka puasa terlama di dunia, perbedaan waktu berbuka puasa di dunia, waktu buka puasa paling lama di dunia, waktu berbuka puasa paling cepat di dunia, daftar waktu puasa di dunia, waktu puasa terlama dan tercepat di dunia, waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia, negara dengan waktu puasa terlama di dunia, waktu puasa negara negara di dunia, negara dengan waktu puasa tercepat di dunia, pembagian waktu puasa di dunia, waktu puasa paling singkat di dunia, waktu puasa paling panjang di dunia, penyebab perbedaan waktu puasa di seluruh dunia, waktu puasa ramadhan di seluruh dunia, waktu berpuasa di seluruh dunia, waktu berbuka puasa di seluruh dunia, waktu puasa seluruh dunia, waktu puasa terpendek dunia, waktu puasa terlama dan terpendek di dunia,
Instagram via @extremeiceland

Wah setengah hari beraktivitas, setengah harinya buat tidur saja deh sambil nunggu buka. Pinginnya sih gitu ya hehe. Umat muslim di Islandia tergolong sedikit yakni sekitar 770 orang saja.

Namun bagi mereka puasa tidak hanya sekedar ibadah lho. Justru dengan panjangnya waktu berpuasa membuat mereka menemukan nilai lain dalam berpuasa. 🙂

Demikian perbedaan lama waktu berpuasa di berbagai negara. Hayoo pingin nyoba puasa di negara mana nih selain Indonesia? 😀

Ayo Menjelajah!

#BerbuatBaik di bulan Ramadhan dapat kamu lakukan dengan menjadi Penjelajah di Aplikasi Titipku. #AyoMenjelajah UMKM sekitarmu agar semakin banyak UMKM naik kelas!

Download Aplikasi Titipku di Playstore dan mulai jadi Penjelajah! 🙂

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan