Merica vs Ketumbar, Begini Bedainnya

perbedaan merica dan ketumbar, lada dan ketumbar, bedanya lada dan ketumbar

Titipku.com – Yang namanya dapur Indonesia pasti tidak lepas dari keanekaragaman bumbu rempah. Sedari dulu, Indonesia terkenal dengan sebutan land of spices, saking banyaknya citarasa dari bumbu-bumbu tersebut. Saking banyaknya, tidak sedikit juga orang yang sering tertukar bumbu dapur yang sering tertukar, nih.

Salah satunya lada dan ketumbar. Sekilas, dua bumbu ini terlihat sama. Apalagi jika baru belajar masak, nah biasanya lada dan ketumbar bisa jadi salah masuk masakan. Meskipun sama-sama bumbu dapur dan rupanya hampir sama, keduanya memiliki karakteristik rasa dan aroma yang berbeda. Oleh karena itu, rasa masakan tidak sesuai dengan harapan, lebih baik simak salah satu berikut ini.

merica, lada, perbedaan merica dan ketumbar

Kenampakan, Bentuk, Warna, Ukuran dan Tekstur

Sekilas, dua bumbu rempah ini mirip. Namun kamu harus benar-benar cermat sebelum terlanjur beli dan menggunakan. Dua rempah ini berbentuk bulat. Dai segi warna, lada memiliki dua jenis yakni lada hitam dan lada putih. Lada atau merica hitam dibuat dari biki lada muda (hijau) yang dijemur sampai kering. Sementara itu, lada putih adalah biji lada matang yang direndam dan dikeringkan. Tekstur keduanya juga berbeda. Lada hitam memiliki kerutan kulit di permukaannya, sedangkan lada putih mulus dan mengerucut di satu sisi.

Selanjutnya, serupa tapi tak sama dari merica, ketumbar dri segi teksturnya sedikit leebih kasar dengan garis-garis di permukaannya. Warna ketumbar juga lebih cokelat dari lada putih.

Dari segi ukurannya, biji lada atau merica ternyata lebih besar dari ketumbar. Nah ketika dibelah, isi lada akan terlihat lebih padat, sementara ketumbar cenderung kopong (tak berisi).

Perbedaan Merica dan Ketumbar dari Rasa dan Aroma

Merica memiliki rasa yang lebih kuat dari ketumbar. Pahit, pedas sekaligus hangat ada pada dua jenis lada tersebut. Akan tetapi lada hitam terasa jauh lebih pedas dan menyengat. Sementara ketumbar memiliki rasa yang lebih halus dari lada. Rasa ketumbar cenderung agak pahit hambar yang mirip biji jeruk limau.

Aroma dari keduanya memang tidak terlalu ketara saat masih berbentuk biji. Jika sudah ditumbus atau diulek, lada memiliki aroma aroma yang lebih mencolok dari ketumbar.

Sumber: http://sharingdisini.com

Cara Mengolah Merica dan Ketumbar

Kedua bumbu rempah ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional ya! Baik dalam bentuk butiran biji atau bubuk halus. Pada dasarnya cara pengolahan lada dan ketumbar juga hammpir sama. Baik lada maupun ketumbar atau digerus untuk dicampurkan dengan bumbu dapur lain. Khusus pada ketumbar, sangrai terlebih dahulu sampai harum dan cokelat. Sama seperti kemiri, ketumbar sebaiknya tidak ditumbuk mentah.

Lada banyak digunakan di bermacam masakan karena cita rasa gurih, pedas dan kaya rempah. Sebut saja masakan Minang, sop, soto, sampai bakmi Jogja. Sementra ketumbar lebih banyak digunaka sebagai bumbu khas seperti bacem, sate, dendeng, dan ayam bakar.

Cara Menyimpan

Menyimpan kedua jenis rempah ini bisa disimpan dalam wadah kedap udara. Letakkan di suhu rang dan jau dari sinar matahari. Khusus untuk ketumbar, sangarai terlebih dahulu sampai berwarna cokelat. Fungsinya agar ketumbar ini jauh lebih awet. Jika menyimpan dalam bentk bubuk, aroma dan rasa rempah cenderung cepat berkurang. Sehingga belilah dalam jumlah secukupnya dan bisa lekas habis. Oleh karenanya, rempah segar akan terasa lebih mantap kan?

Beri tahu yang lain agar tidak salah olahan. Selain dua rempah ini, masih banyak jenis bumbu dapur Indonesia yang serupa. Apa saja hayooo? Hati-hati, kalau tidak cermat bisa mengubah rasa masakan secara total!

Baca Perbedaan Lainnya Juga Nih:

  1. Perbandingan Apel Merah dan Apel Hijau
  2. Perbedaan Mangga Alpukat vs Mangga Arumanis

Kenali Perbedaan Merica dan Ketumbar dengan Membelinya dari Pasar

Beli bahan-bahan dari pasar dengan membelinya melalui Titipku yuk! Jadi tak hanya menerka-nerka perbedaan merica dan ketumbar dari artikel saja lho. 😀

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa. 🙂

Sumber: resepkoki.id

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

2 thoughts on “Merica vs Ketumbar, Begini Bedainnya”

Tinggalkan Balasan