Perhatikan Menu Sahurmu, Supaya Tetap Bertenaga Selama Puasa

Titipku – Wah, tidak terasa Ramadhan tinggal menghitung hari. Mungkin karena sudah cukup lama berada #DirumahAja, waktu terasa lebih cepat dan jarang melihat “dunia luar”. Meski begitu, Ramadhan tahun ini tetap harus disambut dengan semangat bagi yang menjalankannya.

Semoga menjadi berkah dan COVID-19 segera berakhir. Amin.

Untuk menjaga stamina dan kehikmatan menahan lapar serta haus selama kurang lebih 12 jam, sahur merupakan awal yang wajib. Menu makanan yang dipilih juga penting, agar puasa lancar. Dikarenakan, menu yang tidak tepat bisa berisiko lemas, ngantuk, bahkan hingga sakit perut yang tentunya sangat menganggu.

Asupan Nutrisi

Selama puasa, tubuh harus dibekali dengan asupan nutrisi yang baik seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

 

  • Karbohidrat

 

Kerbohidrat yang terkandung dalam makanan, dapat menyuntik asupan energi untuk tubuh agar selama puasa tetap bertenaga. Maka dari itu, sangat penting mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat penting.

Pilih makanan karbo yang mengandung serat yang tinggi dan tidak mudah “pecah”, sehingga diserap oleh tubuh secara perlahan. Dengan begitu, akan menyediakan energi bertahap selama tubuh tidak “kemasukan” makanan seharian. Selain nasi, Kamu bisa memilih opsi karbohidrat kompleks yaitu roti gandum, kentang, ubi, sereal, singkong, jagung, dan pisang.

  • Protein

 

 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, juga menambah suntikan energi untuk sepanjang hari. Protein dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama dan tubuh tidak akan cepat merasa lapar. Makanan berprotein tinggi yang bisa Kamu pilih antara lain seperti tempe, tahu, susu kedelai, telur, ikan, daging, dan susu sapi.

 

  • Vitamin dan Mineral

 

Kedua nutrisi ini penting, karena mengandung antioksidan yang tinggi. Sehingga bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikah bebas dan bisa menjaga daya tahan tubuh. Adapun pilihan menu yang sehat, bisa dipilih sebagai berikut:

 

Air putih

 

Awali sahur dengan meminum air putih skeitar satu geas. Ini akan memberikan cadangan cairan pada tubuh. Mengingat tubuh akan banyak kehilangan cairan selama berpuasa.

 

Buah-buahan

 

Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral. Sebelum menyantap menu utama sahur seperti nasi dan lauk pauk, makanlah buah-buahan. Buah-buahan juga mengandung serat yang bisa melancarkan pencernaan.

 

 

Lauk Berprotein dan Mengandung Zat Besi

Lauk yang bisa Kamu pilih seperti tempe, tahu, daging, ikan, dan kacang-kacangan. Selain protein, makanan-makanan tersebut mengandung zat besi yang bisa mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh.  Selama puasa, kadar zat besi dalam tubuh akan menurun. Jika tidak disiapkan sebelumnya ketika sahur, maka tubuh akan cepat lemas dan mengantuk.

 

Hindari Gorengan

 

Gorengan dalam konteks ini bukan hanya gorengan biasanya seperti tempe mendoan, tahu isi, perkedel, atau bakwan. Disarankan untuk tidak menggoreng menu makanan untuk sahur. Makanan yang digoreng, akan mengurangi ikatan oksigen sampai 20 persen dan bisa menimbulkan rasa kantuk seharian. Selain itu, terlalu banyak gorengan akan memicu rasa haus selama puasa.

#dirumahaja

Sangat penting memang untuk lebih memperhatikan menu saat sahur supaya puasa bisa maksimal. Menyiapkan makanan sendiri dipagi buta pun bukan menjadi masalah karena sudah seharusnya demikian. Maka dari itu, perlu membeli persediaan bahan-bahan makanan sahur sebelumnya.

Beras, daging, tempe, tahu, ikan, sayur mayur, dan buah-buahan menjadi menu wajib agar menu sahur kaya akan gizi. Kini untuk membeli bahan-bahan tersebut pun sudah dimudahkan. Salah satunya melalui aplikasi Titipku, yang mana Kamu bisa titip beli segala macam sembako, sayur, dan buah-buahan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan melalui aplikasi Titipku juga memiliki harga yang terjangkau dan fresh, karena bisa didapatkan di UMKM-UMKM sembako maupun pasar tradisional. Tunggu apa lagi. Segara susun list bahan-bahan untuk sahur yang harus harus dibeli. Bisa titip, hanya di Aplikasi Titipku!

Titipku  menyediakan berbagai produk UMKM yang mudah kamu temukan di sekelilingmu. Caranya mudah, download Aplikasi Titipku di Playstore dan mulai belanja #DariRumah lewat Titipku dengan mencari produk yang kamu inginkan. Produk yang dijual dari UMKM Indonesia lho!

—–  Dengan kamu membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

 

Rewrite: doktersehat.com

Tinggalkan Balasan