Pernahkah Terlintas Dalam Benakmu Mengapa Pasar Tradisional Buka di Pagi Hari?

pedagang sayur pasar sambilegi

Titipku – Kegiatan jual beli di pasar lumrah dilakukan oleh masyarakat khususnya kaum ibu-ibu. Transaksi dapat dilakukan di pasar tradisional maupun pasar modern yang sudah menjamur di masyarakat seperti sekarang ini. Faktanya memang pasar tradisional akan buka setiap pagi hari. Walaupun ada beberapa pasar yang buka hingga siang bahkan sore hari, namun kebanyakan pasar-pasar tradisional akan efektif beroperasi pada pagi hari. Mengapa demikian?

Aktivitas pagi hari menjadi langkah awal dalam menjalani kegiatan-kegiatan seharian penuh. Pagi menjadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan segalanya sampai sore bahkan malam pada hari itu. Tak jarang banyak orang-orang yang beraktivitas sedikit lebih pagi untuk dapat segera beristirahat di malam hari. Namun, hal tersebut tentunya hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu yakni mereka yang punya kesibukan di luar rumah.

titip ke pasar, ayo ke pasar, pasar di jogja,

Sebagai seorang ibu, perhatian atas keluarganya menjadi hal yang utama. Sebelum semua anggota keluarga keluar dari rumah untuk beraktivitas setiap harinya, ia cenderung akan mempersiapkan segalanya. Sebut saja sarapan. Rutinitas satu ini kemudian menjadi hal yang penting dalam kehidupan suatu keluarga. Terlebih, ketika masing-masing harus segera menjalankan aktivitas padatnya pada hari itu. Maka, yang perlu disiapkan adalah energi atau stamina di pagi hari. 

Sebelum mengolah suatu makanan, tentunya membutuhkan bahan-bahan untuk dapat diubah menjadi masakan yang lezat. Maka dari itu, ibu-ibu khususnya harus berbelanja di pagi hari itu. Pada dasarnya, belanja di pagi hari lebih menyenangkan karena kita akan mendapat stok bahan-bahan segar langsung dari para pemasok. Baik sayur-sayuran, buah, maupun segala jenis lauk. Hal inilah yang kemudian menjadikan pasar tradisional lebih sering beroperasi di pagi hari daripada malam hari. 

pedagang sayur pasar sambilegi
bu Ester pedagang sayur pasar sambilegi – dokumentasi Titipku

Di samping itu, tuntutan aktivitas yang begitu padat membuat kita tidak ada waktu jika harus pergi berbelanja pada siang atau sore hari. Waktu-waktu tersebut menjadi waktu yang tepat untuk menjalankan aktivitas utama lainnya. 

Ada apakah di pasar tradisional?

Tak perlu ditanya tentunya kita sudah bisa bayangkan pasti banyak kebutuhan-kebutuhan pokok manusia yang tersedia disana. Barang-barang yang ada di pasaran biasanya merupakan hasil dari Usaha Mikro Kecil dan Mnengah (UMKM) masyarakat. Selain tersedia secara langsung, produk-produk UMKM tersebut juga dapat kita temui lewat Aplikasi Titipku. Aplikasi ini mengakomodir UMKM-UMKM yang ada di Indonesia agar segera terdigitalisasi. Ayo belanja ke pasar tradisional!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan