Sayang Dibuang, Batang Pisang Merupakan Makanan Lezat

Titipku – Pisang merupakan tanaman yang mudah tumbuh di berbagai tempat. Terlebih di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Pisang tergolong dalam tanaman dengan kemampuan berkembang biak cukup cepat. Tak heran jika dalam waktu sebentar pisang dapat tumbuh merajalela di sekelilingnya. Selain jenis pisang yang banyak ditemukan, tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas ini memiliki banyak manfaat mulai dari buah hingga batangnya.

Manfaat Pisang

Selain terkenal dengan buahnya yang kaya akan serat dan nutrisi lain, pisang ternyata dapat dimanfaatkan mulai dari daun hingga batangnya. Daun pisang biasa digunakan sebagai pengganti kertas minyak untuk membungkus makanan. Bahkan, makanan yang dibungkus dengan daun pisang akan memiliki cita rasa yang berbeda dengan yang dibungkus plastik atau kertas minyak. Makanan akan terasa lebih segar ketika dipadukan dengan daun pisang. Biasanya daun pisang ini sering kita dapati di tempat-tempat penjualan makanan tradisional maupun rumah makan dengan sajian menu tradisional.

Seperti halnya daun pisang yang memiliki kegunaan untuk dunia kuliner, batang pisang juga mengisi keragaman kuliner nusantara maupun manca negara. Jangan kira batang pisang hanya dijadikan kerajinan saja, tapi ketahuilah bahwa ia memiliki cita rasa yang menggiurkan lidah. Batang pisang yang dijadikan olahan tentu merupakan batang yang masih muda. Tapi bukan tunas yang masih muda tentunya melainkan batang yang sudah berisi. Bagian ini bisa diperoleh dari bagian paling dalam dari batang pisang. Warnanya putih dan bersih.

Baca juga : Jenis-jenis Pisang yang Harus Kalian Tahu

Batang Pisang

Batang pisang muda dapat disulap menjadi olahan sayur yang lezat, campuran olahan ayam, rujak, jus, bahkan keripik. Sayur batang pisang muda biasa dikenal dengan sayur ares. Cara pengolahannya cukup mudah. Ambil bagian terdalam dari batang pisang kemudian diiris-iris. Benang-benang yang terdapat pada irisan batang pisang pastikan dibuang sampai habis. Sebelum diolah lebih lanjut, berikan garam pada irisan batang pisang. Garam ini berfungsi untuk mengurangi rasa sepat dari batang pisang muda dan juga dapat membuatnya sedikit lemas sehingga mudah dikonsumsi nantinya. Setelah itu masak seperti halnya saat memasak sayur santan. Beberapa jenis pisang yang dapat diolah adalah pisang kepok, susu, batu, dan raja.

Baca juga : Cara Menikmati Es Pisang Ijo Khas Makassar

#dirumahaja

Di luar negeri, batang pisang muda dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Mungkin di Indonesia barang ini cukup murah bahkan mudah kita dapati di tetangga kita. Peluang itulah yang menjadikan pisang untuk dibudidayakan sebagai bahan olahan makanan. Jika kamu ingin mengolah batang pisang muda, kamu dapat mencukupi kebutuhan bumbu-bumbunya dengan belanja di Aplikasi Titipku. Selain mudah, kamu akan mempunyai banyak pilihan tempat untuk membeli kebutuhan bumbu sayur.

Yuk cek beberapa pedagang sayuran dibawah ini

  1. Depot Sayur Ibu Yatini (Pasar Pathuk) https://titipku.page.link/VN6d
  2. Titip Belanja Apa Saja Dari Pasar Beringharjo https://titipku.page.link/bmuY
  3. Sayur Ibu Ester https://titipku.page.link/Q1Kf

Segera download  Aplikasi Titipku ya!

Tinggalkan Balasan