Dari Cegah Lapar sampai Sehatkan Pencernaan, Ini Manfaat Ubi

Apakah ada diantara kamu yang menyukai ubi? Tak usah malu jika ada yang merundungmu dengan mengatakan orang desa karena suka makan ubi. Nyatanya, mayoritas masyarakat Indonesia banyak yang menggemari umbi ini. Tak hanya Indonesia, masyarakat Amerika Serikat juga banyak yang mengonsumsinya.

Ubi adalah salah satu sumber karbohidrat bagi manusia. Selain memiliki rasa yang manis dan tekstur yang pulen, rupanya ubi bermanfaat bagi kesehatan manusia .

Dikutip dari Kumparan.com, berikut sejumlah manfaat ubi:

 

 

  • Memperbaiki Saluran Pencernaan

Bagi seseorang yang sering mengalami masalah pencernaan, ubi jalar bisa jadi alternatif alami untuk mengurangi penyakit tersebut. Konsumsi ubi jalar dapat membantu kerja dari bakteri baik pada usus serta melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Ubi Ungu dapat Atasi Masalah Kulit Belang

 

  • Menjaga Kesehatan Mata

Ubi jalar yang mempunyai warna oranye dan kuning pekat, biasanya mengandung vitamin A dan C yang tinggi. Keduanya sangat berpengaruh untuk merawat kesehatan mata. Betakaroten pada ubi juga berkhasiat baik untuk mencegah penurunan kualitas penglihatan pada manusia.

Baca Juga: Divakoe Egg Roll, Inovasi Egg Roll Ubi Ungu Jogja

 

  • Menambah Imunitas Tubuh

Vitamin A dan vitamin C yang ada pada ubi merupakan komposisi terbaik dalam meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Apabila seseorang dengan mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk, maka menambahkan ubi ke dalam makanannya akan mempercepat pemulihan mereka.

 

  • Tidak Mudah Lapar

Jika kamu mudah merasa lapar, dan ingin mencari camilan yang manis dan mengenyangkan, maka konsumsi ubi jalar adalah pilihan terbaik. Diketahui, umbi yang satu ini sangat efektif dalam membantu proses diet seseorang, lho.

Pada sebuah ubi, terdapat karbohidrat yang mengandung serat larut. Serat larut membantu memperlambat pencernaan. Karena itu, rasa kenyang akan jadi lebih lama dan membantu mengatur porsi makan secara alami.

 

  • Mengurangi Risiko Kram

Kalium pada ubi jalar dinilai baik untuk mencegah cedera ringan saat berolahraga. Jumlah kalium pada ubi yang dua kali lipat lebih banyak dari makanan lain bisa mengurangi risiko kram yang sering terjadi saat aktivitas olahraga.

 

 

Itulah tadi sejumlah manfaat ubi bagi kesehatan manusia. Bagi kamu yang ingin membeli ubi, bisa banget belinya #DariRumah pakai Titipku. Ada beberapa pedagang ubi di aplikasi ini yang produknya bisa kamu beli. Jika mau lebih murah, bisa pakai promo yang tersedia ya.

Download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan