Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur merupakan produk cairan yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut. Biasanya mengandung antiseptik untuk membunuh bakteri berbahaya yang hidup di antara gigi dan lidah. 

Bakteri ini dapat merusak gigi jika gigi dan mulut tidak dibersihkan secara teratur. Namun, bukan berarti kamu hanya dapat mengandalkan berkumur dengan obat kumur saja untuk menjaga kesehatan mulut. Menyikat gigi tetap menjadi hal yang lebih penting dilakukan. Menggunakan obat kumur hanya membantu membersihkan mulut dan membunuh bakteri. 

Simak langkah-langkah ini yuk dalam menggunakan obat kumur agar gigimu bersih maksimal.

 

Cara Menggunakan

Cara menggunakan obat kumur bisa berbeda dari satu produk ke produk lainnya. Namun, aturan dasarnya kurang lebih sama.

  • Sikat Gigi Terlebih Dulu

Obat kumur tidak dapat menggantikan menyikat gigi. Kamu harus terlebih dahulu menyikat gigi dengan baik dan benar. Bila perlu, kamu juga bisa melakukan flossing; membersihkan gigi dengan menggunakan benang.

  • Banyaknya Obat Kumur yang Digunakan

Tidak perlu bingung kamu tentang takaran obat kumurnya, cukup tuangkan saja obat kumur ke tutup botolnya sampai penuh atau sesuai aturan penggunaan. Biasanya, 3-5 sendok teh.

  • Berkumur

Berkumurlah selama kurang lebih 30 detik untuk hasil yang lebih maksimal. Ingat, jangan sampai obat kumurnya tertelan karena obat kumur dibuat bukan untuk ditelan. 

  • Buang obat kumur

Setelah 30 detik, buanglah obat kumur dari mulut sampai benar-benar habis. Tidak perlu berkumur lagi dengan air putih karena malah akan menghilangkan kesegaran dan keefektifan obat kumur. 

Kapan Menggunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur sebaiknya dilakukan setelah menyikat gigi. Artinya, kamu bisa menggunakan obat kumur dua kali sehari. Namun, jika kamu merasa bau mulutmu tidak sedap dan dapat memengaruhi produktivitas bekerja, kamu dapat langsung menggunakannya selama mematuhi anjuran dan cara penggunaan dibalik label. 

Bagaimana Obat Kumur Bekerja?

Obat kumur mengandung antiseptik seperti alkohol, mentol, dan eucalyptol yang mampu membunuh bakteri berbahaya di dalam mulut. Kandungan ini dapat masuk ke celah-celah gigi yang sulit dijangkau ketika menyikat gigi dan membunuh bakteri yang mungkin terkumpul di area tersebut. 

 

Nah, itu dia langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat menggunakan obat kumur. Untuk membeli obat kumur, kamu bisa memesannya #DariRumah pakai Titipku loh. Dengan belanja lewat Titipku, tubuhmu sehat karena tidak perlu keluar rumah, gigimu juga akan terawat oleh obat kumur yang kamu pesan.

Unduh aplikasi Titipku di sini. Jangan lupa gunakan kode promo potongan ongkirnya ya supaya lebih hemat!

Tinggalkan Balasan