Simak Lima Fakta Tentang Jajanan Cakwe

Nostalgia sejenak yuk! Dulu jajanan apa yang sering kamu beli saat pulang sekolah? Pastinya cakwe menjadi salah satu pilihan favorit kalian. Cakwe bisa dinikmati dengan banyak cara, mulai dari disiram saus hingga disajikan sebagai pelengkap satu porsi bubur.

Merujuk pada artikel idntimes.com , yuk simak 5 fakta menarik tentang cakwe berikut ini:

  • Cakwe Merupakan Menu Sarapan Khas di Tiongkok

Cakwe berasal dari Tiongkok. Di sana, nama camilan ini adalah Youtiao. Umumnya, masyarakat di sana menambahkan potongan cakwe di atas bubur yang menjadi menu sarapan mereka. Cakwe di sana juga biasa dinikmati secara langsung dengan pelengkap minyak cabai.

  • Punya Sejarah yang Cukup Kelam

Pernah nggak sih kita berpikir kenapa cakwe bentuknya seperti dua adonan yang disatukan? Konon kabarnya, camilan ini tercipta sebagai bentuk protes rakyat kepada sepasang tokoh ternama yang berkhianat di Tiongkok. Dua potong adonan yang digoreng di minyak panas itu menyimbolkan bahwa sepasang tokoh yang berkhianat itu semestinya diberi pelajaran.

  • Punya Banyak Variasi

Di Tiongkok tidak hanya memiliki satu jenis cakwe. Di sana ada juga cakwe isi yang berisi daging babi cincang. Lalu, ada juga cakwe yang digoreng dengan balutan rice cake.

  • Punya Banyak Nama Lain

Saat kita berkesempatan ke tempat lain, maka kita akan tahu kalau cakwe memiliki nama lain. Beberapa nama lain cakwe, di antaranya: You Tiao, Chinese Oil Stick, You Zha Gui, dan Youtiao.

  • Proses Pembuatannya Sederhana

Proses pembuatan cakwe dibilang cukup sederhana. Cakwe dibuat dengan bahan utama tepung terigu, baking soda, baking powder, air, minyak, dan garam-gula. Semua adonan dicampur dan didiamkan semalaman. Keesokan harinya, adonan tinggal dipotong, dibentuk layaknya cakwe, lalu digoreng hingga berwarna cokelat keemasan.

 

Itu dia 5 fakta menarik seputar jajanan cakwe. Tidak menyangka ya, dari sejarah kelam seperti itu bisa menciptakan suatu jajanan yang sangat lezat.

Nah, bagi kamu yang sesudah membaca artikel ini jadi pengen membeli jajanan cakwe, bisa langsung mencari cakwe terdekat dari tempat tinggalmu! Untuk kamu yang tinggal di Kelapa Gading, bisa beli cakwe secara online pakai Titipku loh. Ada diskon 10% untuk pembelian di Cakwe Medan Awen 99 Pasar Mandiri Kelapa Gading. Promo berlaku dari Tanggal 2 Februari hingga 7 Februari 2021.

Kenapa sebaiknya beli di Cakwe Medan Awen 99 pakai Titipku? Pertama, karena belanja online bisa menghindarkanmu dari risiko paparan virus COVID-19. Kedua, ukuran cakwe yang dijual di Cakwe Medan Awen sangat besar, halal, dan nikmat.

Penasaran kan? Yuk langsung download aplikasi Titipku dan jajan Cakwe Medan Awen 99!

 

Nama                       : Cakwe Medan Awen 99
Lokasi                      : Pasar Mandiri Kelapa Gading Jakarta Utara
Jam Operasional  : 07.00 – 19.00 WIB
Toko di Titipku    : https://titipku.page.link/WWNw

Tinggalkan Balasan