Telur Dadar vs Telur Ceplok, Mana yang Nutrisinya Paling Baik?

Titipku.com – Telur sepertinya menjadi menu yang selalu sedia di dapur. Nah kamu nih yang mungkin doyan banget sama telur, boleh tahu nggak cara kamu olah telur? Direbuskah atau di goreng? Memang, mengolah telur juga disesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai selera. Telur goreng sendiri juga terbagi menjadi dua cara yakni telur dadar vs telur ceplok. Dari cara keduanya, mana nih nutrisinya yang paling baik?

telur ceplok, telur dadar, cara membuat telur ceplok, cara membuat telur dadar, beda gizi antara telur dadar dan telur ceplok, telur dadar vs telur ceplok, mana yang lebih sehat telur dadar atau telur ceplok
Instagram @allabout.kuliner

Telur merupakan sumber protein hewani yang paling mudah didapat dan cukup ramah dikantong. Dari cara pengolahannya, Guru Beras Ilmu Pangan dan Kapuslit Pangan Universitas Sriwijaya, Prof.Dr.Ir. Rindit Pambayun, MP, mengatakan bahwa mengonsumsi telur rebus labih bernilai gizi tinggi daripada konsumsi telur mentah.

Alasannya, pada telur mentah ada zat aviding pada bagian putih telur yang dapat mengikat segala nutrisi tubuh. Katanya, yang dilansir dari planet.merdeka.com “Jika ingin mengonsumsi mentah, maka buang bagian putih telurnya. Namun jika ingin konsumsi dua bagian telur, rebus saja sekitar 5-10 menit atau setengah matang untuk memusnahkan zat avidinnya.” jelas beliau melalui workshop Health and Nutrition Journalist Academy (HNJA).

Sementara itu, jika memilih digoreng, telur ceplok menurut Prof Rindit lebih baik daripada disajikan dalam bentuk telur dadar.

“Kalau telur dadar gizinya berkurang karena putih telur dikocok bersama kuning telur. Karena avidinnya mengiikat kuning telur.”imbuhnya

Akan tetapi, tentu saat memilih menyajikan telur dengan digoreng, gunakan minyak sehat, bukan minyak yang sudah terlalu sering digunakan.

telur ceplok, telur dadar, cara membuat telur ceplok, cara membuat telur dadar, beda gizi antara telur dadar dan telur ceplok, telur dadar vs telur ceplok, mana yang lebih sehat telur dadar atau telur ceplok
Instagram via @warungglorious

Yuk Beli Telur Ini dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba masak telur dadar atau telur ceplok. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. ­čÖé

Kalau kamu di Jogja, kamu bisa pilih pasar sesuai kebutuhan kamu dari Titip ke Pasar by Titipku:

Pasar Beringharjo
Pasar Kranggan
Pasar Demangan
Pasar Sambilegi
Pasar Condongcatur
Pasar Prawirotaman, dll

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Tinggalkan Balasan