Ternyata Begini Cara Menyimpan Lapis Legit Dengan Benar

Titipku – Kue lapis legit, lapis mandarin, dan brownies merupakan kudapan yang menjadi favorit banyak orang. Di berbagai acara pun, kue ini menjadi menu sajian yang cocok. Jika dikonsumsi untuk seorang diri pun juga nikmat, ditemani dengan secangkir teh hangat.

Agar bisa disantap dengan cita rasa yang maksimal, kue-kue tersebut harus disimpan dengan cara yang tepat. Mengingat, kue-kue itu juga terbuat dari bahan-bahan yang premium sehingga harganya cukup mahal. Akan sangat disayangkan jika rasanya menjadi tidak maksimal, karena kurang tepat cara
menyimpannya.

Berikut sejumlah tips andalan Chef Farah Quinn untuk menyimpan sekaligus menikmati kue brwonies, lapis legit, atau lapis mandarin dengan benar.

1. Simpan dan santab pada suhu ruang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, brownies, lapis mandarin, lapis legit termasuk ke dalam kue yang premium. Dengan cara menyimpannya yang salah, maka akan membuat cita rasanya menjadi tidak enak.
Sebaiknya disantap dengan suhu ruang. Jangan saat masih panas maupun terlalu dingin. Kue-kue tersebut berbahan dasar butter atau mentega asli. Jadi kalau terlalu dingin, kue akan menjadi keras dan teksturnya terlalu padat.

Sedangkan kalau disantap saat masih panas, misalnya dipanaskan lebih dulu di microwave, maka akan membuat butter terlalu meleleh. Kalau begitu, rasanya menjadi tidak terlalu maksimal. Pada lapis legit, begitu selesai dipanggang, saat masih hangatpun kurang mantab untuk disantap. Jadi disarankan untuk disantap sehari setelah dibuat. Pada saat itu, butter sudah matang sempurna, merata dan menyatu, sehingga rasanya jauh lebih enak.

2. Simpan dalam wadah yang tertutup, lalu taruh di kulkas

Apabila ada potongan kue yang tersisa, maka pasti akan tergantung kapan akan menyantapnya. Kalau sudah diiris dan ada sisa, lalu akan disantap dalam waktu yang tidak terlalu lama, maka sebaiknya kue tersebut bisa disimpan di kulkas.

Kalau disimpan di kulkas, kue lapis legit bisa tahan sampai sekitar 3 minggu. Mengingat lapis legit cukup moist dan oily, karena bahan dasarnya memakai butter dan kuning telur. Sedangkan lapis mandarin sekitar 2 mingguan dan brownies dapat tahan sampai 1-2 minggu jika disimpan dalam kulkas.

Selain itu, jika di kulkas jangan dibiarkan terbuka saja. Letakkan kue ke dalam di kardus roti. Jika kardus roti saat membeli sudah terbuang, bisa disimpan di dalam container yang tertutup.

3. Pakai plastic wrap saat disimpan di dalam freezer

Apabila disimpan dalam jangka panjang di freezer, kue bisa awet sampai berbulan-bulan. Namun untuk menjaga kualitasnya, bungkus dengan tepat menggunakan plastic wrap. Lapis legit termasuk kue yang berharga yang cukup mahal bahkan sampai level premium, sehingga akan sangat sayang jika penyimpanannya tidak tepat karena dapat mengurangi kualitas kuenya.

Kue harus dibungkus dengan rapat pada semua sisi, supata tidak ada udara yang masuk saat disimpan di dalam freeze. Dengan catatan, ini belaku untuk semua kue basah yang tidak ada creamnya. Dengan dibungkus dengan rapat, maka tidak akan tercampur dengan aroma bahan makanan lainnya.

Misalnya, daging ayam dan ikan, jika dibungkus rapat maka aromanya tidak tercampur dengan kue. Setelah dibungkus rapat, disarankan untuk menyimpannya kembali ke dalam wadah yang tertutup dengan rapat. Jika ingin menyantapnya, lebih dikeluarkan dulu pada sebelumnya. Kemudian taruh di udara terbuka sampai tidak keras lagi.

Hindari menggunakan microwave, karena bisa membuat kue berada di suhu panas terlalu lama dan membuat kue tidak berkualitas baik. Tak hanya untuk kue lapis legit, cara ini juga berlaku untuk kue brownies maupun kue basah lainnya. Kuncinya agar kualitas rasanya maksimal, kue basah sebaiknya dibungkus secara baik dan tepat. Baru kemudian bisa disimpan.

Nah, itulah beberapa tips untuk menyimpan kue dengan benar. Cocok diterapkan, mengingat tips ini direkomendasikan langsung oleh Chef Farah Quinn melalui laman media sosialnya.

#dirumahaja

Tiga kue ini memang sudah sangat terkenal sehingga menjadi deretan kue primadona. Rasanya yang manis, khas, tekstur yang lembut, dan legit membuat banyak orang yang suka. Maka banyak pula produk kue lokal yang diproduksi sendiri oleh pegiat UMKM kuliner. Yuk, cek di aplikasi Titipku untuk memilih UMKM kuliner mana saja yang menjual kue lapis legit. Ayo #TitipBelanja di Titipku aja!

Tinggalkan Balasan