Tidak Sekadar Minuman, Ini Dia Ragam Manfaat Kopi

Titipku – Kamu pecinta kopi? Beberapa orang menyukai kopi saat diseduh panas-panas sebagai teman membaca koran di pagi hari. Beberapa lainnya lebih menggemari es kopi dengan campuran creamer atau cocoa untuk menghilangkan rasa penat di hari yang terik. Nah, tahu tidak, kopi juga punya manfaat lain, lho! Yuk, tengok ragam manfaat kopi lainnya berikut ini.

Eksfoliator Sel Kulit Mati

Bubuk kopi dapat dipakai menjadi scrub kopi untuk eksfoliasi kulit wajah maupun badan. Jangan menggunakan bubuk kopi yang sudah bercampur gula ya. Pakai bubuk kopi murni dan campurkan dengan madu atau minyak zaitun. Lumuri ke seluruh tubuh termasuk bagian wajah secara merata seperti mengoleskan masker. Tunggu beberapa saat lalu gosok perlahan scrub kopi pada kulit, kemudian siram dengan air hangat sampai bersih.

Dilansir dari hellosehat.com bubuk kopi merupakan eksfoliator mekanik alami yang mampu mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat. Adapun kafein dalam kopi dipercaya efektif untuk menyamarkan tampilan selulit dan noda hitam pada kulit. Dengan rutin melakukan scrub menggunakan kopi dua kali dalam seminggu, kulitmu akan terasa lebih kenyal, lembut, dan cerah. Jangan berlebihan melakukan eksfoliasi karena justru dapat membuat kulit iritasi.

Lilin Aromaterapi

Kopi juga mampu menetralkan penciuman, lho! Biasanya, jika ruangan baru selesai dicat, bubuk kopi ditaruh pada bagian pojok ruangan agar aroma cat yang begitu kuat perlahan menghilang. Kalau kamu pernah membeli parfum, pasti terdapat sebuah wadah kecil berisi biji kopi. Ketika selesai mencium beberapa macam aroma parfum, seringkali kamu disarankan untuk menghirup biji kopi itu. Aroma pada biji kopi bekerja untuk mengalihkan perhatian indra penciuman kita setelah berulang kali mencium aroma parfum yang beragam.

Nah, kalau kamu senang dengan aroma kopi untuk kamarmu, kamu bisa membuat lilin aromaterapi dari kopi sendiri. Dikutip dari majalah.ottencoffee.co.id, ada dua alternatif membuat lilin aromaterapi dari kopi. Pertama, dengan menggiling biji kopi terlebih dahulu lalu menyatukan pada lilin yang sudah dilelehkan. Kedua, taburkan biji kopi pada sekeliling lilin yang ditaruh pada mangkok kaca. Panas dari lilin akan membuat aroma biji kopi menyebar dalam ruang kamar. Pilihlah lilin aromaterapi agar aroma yang dihasilkan lebih kuat namun tetap menenangkan.

#dirumahaja

Begitu banyak manfaat kopi yang terkadang diabaikan, padahal sangat baik untuk tubuh dan pikiran. Di aplikasi Titipku, ada banyak pegiat UMKM yang menjual berbagai produk kopi. Kamu bisa mendapatkan biji kopi murni atau kebutuhan lainnya dengan mudah dan tidak perlu ke luar rumah. Pesananmu juga akan diantar dengan aman. Kamu juga turut memajukan UMKM dan produknya dengan berbelanja di aplikasi karya anak bangsa ini. Mari belanja di Titipku!

 

Tinggalkan Balasan