Tidur Siang Juga Ada Cara dan Aturannya lho!

tidur, tidur siang, sleep, nap, istirahat siang, tips tidur siang, cara tidur siang, aturan tidur siang

tidur, tidur siang, sleep, nap, istirahat siang, tips tidur siang, cara tidur siang, aturan tidur siang

Tidur siang merupakan sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh hampir semua orang. Sewaktu kecil, setiap pulang sekolah Anda pasti disuruh orang tua untuk makan siang lalu tidur siang. Secara umum, tidur siang memberikan manfaat bagi tubuh seperti membuat kita lebih produktif dan meningkatkan imunitas tubuh.

Sayangnya, banyak orang yang tidur siang tetapi bangun dengan rasa lelah. Hal ini terjadi karena tidur tidak dilakukan dengan “benar”. Yup, ternyata tidur siang juga ada cara dan aturannya lho! Yuk simak supaya tidur Anda berkualitas.

 

Jangan tidur terlalu lama

Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah tidur siang terlalu lama. Tidur siang terlalu lama justru malah membuat siklus tidur malam hari menjadi kacau. Anda akan lebih sulit tidur saat malam hari. Selain itu, tidur terlalu lama juga dapat membuat moo menjadi jelek dan uring-uringan, serta membuat kepala pening. 

Lalu, berapa lama waktu yang disarankan untuk tidur siang? Umumnya, power nap sekitar 20-30 sudah cukup untuk meningkatkan kembali kewaspadaan, fokus, dan produktivitas. Bangun setelah 30 menit tertidur membuat kepala tidak akan pening karena masih di tahap awal siklus tidur (sleep cycle). Anda juga akan bangun dengan lebih segar. 

Pilih Jam Tidur Siang yang Sama setiap harinya

Sangat dianjurkan untuk tidur siang di antara jam 1 siang dan jam 3 sore. Pada jam tersebut, fungsi tubuh mengalami penurunan dan cocok dijadikan untuk jam tidur. Jika tidur lebih awal, tubuh mungkin belum merasa lelah sehingga akan sulit tidur. Namun jika tidur lebih dari jam 3, Anda akan kesulitan tidur saat malam. Pilih jam tidur yang sama setiap harinya. Dengan tidur pada waktu yang sama, tubuh juga akan terbiasa sehingga Anda akan lebih cepat tertidur. 

Ciptakan Suasana Nyaman

Untuk Anda yang sudah terbiasa tidur dengan keadaan gelap, Anda bisa menggunakan trik ini untuk tidur siang. Misalnya dengan menutup gorden agar cahaya tidak masuk dan menggunakan kipas angin atau pendingin ruangan. Dengan membuat keadaan ruangan mirip ketika tidur malam hari juga akan membuat tertidur lebih cepat. 

Selain itu, hindari untuk tidur di kasur. Di sofa atau di kursi goyang pun tidak masalah asalkan nyaman. Tidur siang di kasur malah akan membuat tubuh terlalu nyaman dan memungkinkan untuk tidur lebih lama dan semakin sulit untuk bangun. 

 

Itulah cara dan aturan tidur siang agar saat bangun tubuh tidak merasa lelah, kepala merasa pening, atau mood menjadi uring-uringan. Sudah bangun dari tidur, saatnya kembali produktif nih menyiapkan menu berbuka. Bahan-bahan segar ataupun matang semuanya dapat dengan mudah dibeli lewat Aplikasi Titipku. Gak perlu repot keluar rumah lagi karena barang-barang pesanan Anda akan diantar oleh Jatiper. Mudah banget kan? Yuk segera unduh Aplikasi Titipku!

 

KLAIM HADIAH BUNDA BERIKUT INI

Hai Bund, terima kasih sudah menjadi pembaca setia Blog Titipku. Sebagai bentuk apresiasi, Titipku memberikan hadiah untuk Bunda berupa promo diskon belanja di aplikasi Titipku. Dengan belanja minimal Rp100.000, Bunda bisa mendapatkan potongan harga senilai Rp25.000. Gede banget kan Bund potongannya!

Nah, untuk menggunakan promo ini, ikuti langkah di bawah ini yuk.

1. Jika sudah mendownload aplikasi Titipku dan buat akun, klik pada bagian “Kupon Saya” yang berwarna krem.

2. Jika halaman kupon sudah terbuka, silakan masukkan kode promo “COBATITIP25”  di kolom pencarian, lalu klik enter/search.

3. Voucher diskon untuk pembaca setia blog akan muncul. Klik gunakan yang ada di sebelah kanan kupon.

4. Kupon sudah digunakan. Langkah selanjutnya adalah Bunda tinggal berbelanja #DariRumah pakai Titipku!

 

Jika Bunda mengalami kesulitan, Bunda bisa menghubungi customer service Titipku atau mengirim DM ke Instagram @titipkuofficial. Selamat berbelanja hemat Bund!

Tinggalkan Balasan