Tips Agar Nasi Goreng Anda Tak Terlalu Berminyak

nasi goreng, fried rice, nasi goreng berminyak, berminyak

nasi goreng, fried rice, nasi goreng berminyak, berminyak

Nasi goreng adalah salah satu hidangan yang simpel dan bisa menjadi masakan dikala kondisi darurat. Kita hanya perlu memasukkan nasi yang sudah masak ke wajan, lalu goreng dengan bumbu dan lauk pauk yang ada. Jika ditambah telur atau daging, maka nasi goreng Anda akan lebih spesial. Sayangnya, kadang nasi akan lengket di wajan dan membuat rentan berkerak/gosong. Untuk mengatasinya, kita biasa menambahkan minyak. Hasilnya, kerak tidak kita dapat, namun kita mendapatkan nasi goreng yang sangat berminyak.

Nah, gimana sih agar nasi goreng tidak terlalu berminyak? Ikuti tips dari idntimes.com berikut ini yuk!

 

  • Gunakan Wajan Besar dan Tebal

Salah satu faktor mengapa minyak banyak mengendap pada nasi adalah karena wajan yang digunakan tidak sesuai. Wajan yang tidak sesuai dan belum panas akan membuat minyak jadi lebih mudah menempel pada nasi dan menyebabkan nasi goreng menjadi lebih berminyak. Pilihlah wajan berukuran besar dan lebih tebal agar kematangannya merata dan minyak yang tercampur ke nasi lebih merata.

  • Gunakan Bahan-Bahan yang Kering

Jika Anda akan menggunakan komposisi pendukung pada sajian nasi goreng Anda, maka sebaiknya gunakan bahan-bahan yang kering agar tak menyebabkan nasi jadi lebih berminyak dan basah. Anda bisa menambahkan beberapa komposisi seperti irisan sosis dan daging yang kering. Jika Anda menggunakan sayuran yang telah dicuci, pastikan telah kering agar tak membuat nasi menjadi lembek dan basah.

  • Aduk dengan Rata

Proses pengadukan nasi yang tak sesuai juga menjadi alasan mengapa banyak minyak yang mengendap dan membuat nasi menjadi lebih berminyak. Anda sebaiknya dapat mengaduk sajian nasi secara merata agar kematangannya baik dan minyak yang ditambahkan tidak mengendap. Lakukan cara ini agar kematangannya merata.

  • Gunakan Api Besar

Untuk pemilihan api pada proses pemasakan, sebaiknya pilihlah api yang besar. Nantinya api besar akan membantu dalam mematangkan nasi yang sedang diolah sehingga minyaknya tak menempel.

  • Ganti Minyak dengan Mentega

Mentega akan membantu membuat nasi goreng Anda menjadi tidak berminyak. Dalam penambahan mentega, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak garam karena cita rasa mentega sudah asin dan gurih.

 

Tips-tips ini bisa langsung dicoba loh. Jika Anda punya nasi di rumah, langsung olah jadi nasi goreng sekarang. Kalau kehabisan telur atau sosis, bisa Anda beli #DariRumah pakai Titipku. Nanti Jatiper Titipku akan mengantarkannya untuk Anda. Mau? Yuk download Titipku di sini.

Tinggalkan Balasan