Ikuti Cara Ini untuk Belanja Aman Selama PPKM

Pemerintah Republik Indonesia baru-baru ini mewacanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Pulau Jawa dan Bali. Dilansir dari DetikHealth, kebijakan ini diterapkan pada 11 hingga 25 Januari 2021. Kebijakan ini diambil untuk menekan angka pertumbuhan penderita COVID-19 yang semakin mengkhawatirkan.

Berkaca pada fenomena awal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tahun 2020, banyak di antara kita yang melakukan panic buying. Nah, untuk saat ini tidak perlu. Yang terpenting adalah bagaimana kita berbelanja secara cepat dan sesuai protokol. Simak tips-tips belanja bijak untuk menghadapi PPKM, yuk.

 

  • Persiapkan Hand Sanitizer, Kantong Belanja, dan Pakai Masker

Sebelum berangkat berbelanja, pastikan amunisi penangkal virus kamu persiapkan. hand sanitizer dan masker adalah dua hal yang penting untuk dibawa dan dipakai. Kamu juga perlu menyiapkan kantong belanja sendiri supaya lebih aman.

  • Bawa Daftar Belanjaan dan Belanja di Toko Terdekat

Kamu perlu memuat daftar belanja sebelum pergi ke tempat belanja. Tujuannya, agar kamu tahu produk apa saja yang harus dibeli sehingga waktu berbelanjamu bisa lebih singkat. Usahakan juga tempat belanja yang kamu kunjungi dekat dengan rumah. Hal ini dilakukan agar kamu tidak terlalu lama berada di luar rumah. Dan jangan lupa, pastikan jam buka-tutup tempat belanja tujuanmu ya, sebab ada beberapa toko yang menyesuaikan jam operasionalnya dengan kebijakan ini.

  • Jaga Jarak Saat Antre Membayar

Saat sudah di tempat belanja, sebisa mungkin langsung membeli barang yang ada di daftar belanja dan tidak berkeliling lagi. Usahakan seminimal mungkin menyentuh permukaan di tempat belanja. Kemudian, harap menjaga jarak saat antre membayar, terutama untuk kamu yang belanja di supermarket. Bagi kamu yang berbelanja di pasar, harap menjaga jarak dengan sesama pembeli.

  • Bayar Secara Non-Tunai

Tips selanjutnya adalah sebisa mungkin kamu membayar secara non-tunai. Bisa lewat e-wallet, QRIS, atau kartu debit. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kontak, terutama sentuhan ke uang yang mengandung banyak bakteri. Jika di tempat belanjamu tidak ada layanan non-tunai, lakukanlah pembayaran tunai dan langsung menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan di tempat yang tersedia.

  • Membersihkan Diri Setelah Pulang

Jika sudah sampai rumah, segeralah mandi atau membersihkan diri dan pakai pakaian yang masih bersih. Setelah semua dilakukan, barulah kamu bisa berinteraksi dengan orang di rumah.

  • Belanja Online

Kamu bisa melakukan 5 langkah di atas, atau cukup melakukan aktivitas belanja secara online. Pilihan ini tentunya jauh lebih simpel. Ada banyak aplikasi belanja yang tersedia, salah satunya Titipku. Di Titipku, kamu bisa belanja segala kebutuhanmu dari rumah sehingga potensi terpapar virusnya kecil. Mau beli sayur di pedagang pasar terdekatmu, mau beli frozen food di toko langganan, atau mau beli makanan jadi, semua bisa!

 

Kebutuhan hidup memang harus dipenuhi, tapi kesehatan tubuh juga perlu dijaga. Jika mau belanja langsung, ikuti protokol kesehatan. Sementara jika mau berbelanja lewat Titipku, kamu bisa download aplikasinya di sini. Untuk mempersiapkan PPKM, Titipku juga ada promo potongan ongkir yang bisa buat ongkir lebih hemat. Dapatkan kode promonya di sini. Yuk Fight Corona Bersama Titipku!

Tinggalkan Balasan